Sabtu, 30 Juli 2011

GERINDRA: BUBARKAN DULU PARTAI DEMOKRAT SEBELUM KPK

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Kontroversi pernyataan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie yang mewacanakan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mendapat respon keras Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pengurus partai berlambang kepala burung garuda itu menilai Marzuki bicara tanpa landasan yuridis yang jelas. "Merombak KPK itu perlu, tapi membubarkan itu ide ngawur," kata Habiburokhman, Ketua Bidang Advokasi Dewan Pimpinan Pusat Gerindra, Sabtu, 30 Juli 2011.

Dalam siaran persnya, Habib menyayangkan pernyataan politikus Partai Demokrat itu. Pernyataan Marzuki dinilai tidak layak disampaikan dalam posisi politik yang sangat penting untuk memperjuangkan pemberantasan kasus korupsi. Namun, Gerindra juga mendesak agar kabar pelanggaran kode etik yang dilakukan para petinggi KPK ditindaklanjuti.

Sebagai produk reformasi hukum, KPK harus terus didukung penuh. Menurut Habib, sangat lucu jika Marzuki beralasan KPK perlu dibubarkan karena dugaan pelanggaran etika, yakni pertemuan pimpinan komisi dengan Nazaruddin, bekas Bendahara Umum Partai Demokrat.

Jika alasan itu dijadikan dasar ide pembubaran KPK, maka seharusnya Marzuki mengusulkan dulu pembubaran Partai Demokrat. Karena pertemuan itu terjadi ketika Nazaruddin masih menjabat Bendahara Umum Partai Demokrat. "Tapi KPK perlu direformasi agar tidak melulu menjadi sasaran serangan pihak yang tidak suka korupsi diberantas," kata Habib.

TEMPO

PKL DAN TUKANG BECAK MULAI GUNAKAN JAMSOSTEK

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pedagang kaki lima (PKL) dan tukang becak di Jawa Tengah mulai meminati program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Pertumbuhan itu terlihat sejak 2006.

"Tenaga kerja di luar hubungan kerja seperti PKL, tukang becak, dan penjual bakso sekarang sudah mulai banyak yang mengikuti program Jamsostek," kata Kepala Bagian Program Khusus Kantor Wilayah IV Jamsostek Jateng-DIY Rudi Yunarto di Semarang, Jateng, Sabtu (30/7).

Menurutnya, saat ini jumlah tenaga kerja di luar hubungan kerja sekitar 15 ribu orang. "Jumlahnya terus tumbuh. Diperkirakan karena mereka menyadari pentingnya jaminan sosial," katanya.

Syarat untuk dapat menjadi peserta program Jamsostek, katanya, sangat mudah yakni cukup mengumpulkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

"Akan tetapi pengajuannya harus dilakukan oleh kelompok seperti paguyuban atau asosiasi," katanya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Lemper Arum Eko Tjiptartono mengatakan para PKL yang masuk dalam Lemper Arum juga menjadi peserta program Jamsostek.

Ia mengatakan Lemper Arum berusaha melakukan pemberdayaan masyarakat terutama membantu dalam pemberian modal dan pemasaran.

Tidak hanya membantu pemberdayaan produksi makanan, lanjut Eko Tjiptartono, Lemper Arum juga membantu masyarakat dalam usaha peternakan sapi, kambing, dan lele. Produksi lainnya, lanjut Eko Tjiptartono, yakni pembersih lantai, minyak wangi, bandeng presto, kripik ketela, dan kripik talas.

Ketua Panitia Peresmian Lemper Arum Hadi Prayitno menambahkan bantuan lain yang diberikan kepada PKL adalah 30 gerobak kayuh.

"Sebanyak 30 gerobak kayuh tersebut masing-masing 10 untuk pedagang bakso, pedagang siomai, dan pedagang gado-gado," katanya.

Hadi menambahkan upaya yang dilakukan Lemper Arum dalam pemberdayaan masyarakat tidak hanya di Kota Semarang tetapi sudah merambah ke Banyumas, Purwokerto, Purworejo, dan Salatiga.

"Kami sebenarnya sudah ada sejak lima bulan lalu. Peresmian ini baru dilakukan, karena kami ingin menunjukkan kinerja terlebih dahulu. Harapannya, setelah ada hasilnya sejumlah dinas seperti dari koperasi serta perindustrian dan perdagagan dapat membantu memberi bantuan modal dan pemasaran," kata Hadi.

METROTV

TIDAK MUDAH MEMECAT ANAS URBANINGRUM

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Banyak pihak yang menginginkan Anas Urbaningrum mundur dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat, karena dugaan korupsi yang dituduhkan Nazaruddin.

Namun demikian, ketua umum pertama partai Demokrat, Subur Budhisantoso, saat ditemui wartawan usai acara "Silaturahim Reuni Relawan dan Tim SBY Untuk Indonesia," di Gedung BP Klub Eksekutif Persada Purnawira Halim, jalan raya Protokol Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (30/07/2011), mengatakan bahwa tudingan itu harus dibuktikan dulu secara hukum.

Menurutnya harus ada kongres luar biasa untuk melakukan pemecatan Anas. Ia juga mengatakan bahwa Anas yang sejak awal didukung oleh golongan akar rumput, hingga kini masih memiliki banyak penduku, dan tentunya hal itu akan membuat pemecatan anas sebagai suatu yang sulit.

"Kalau main pecat saja nanti semua orang saling pecat," terangnnya.

Saat ia ditanya apakah Demokrat harus melakukan pemecatan terhadap kadernya yang terlibat masalah, ia justru mengatakan bahwa Demokrat adalah partai pelopor yang menindak kadernya yang bermasalah.

"Kita telah menindak anggota kita yang melanggar etika, kita bahkan mempelopori, partai-partai lain mana ada yang sudah menindak anggotanya sebelum mereka diadili, bahkan setelah divonis pun mereka tidak ditindak," tuturnya.

Subur menganggap bahwa Demokrat sudah menindak anggotanya, bahkan sebelum proses peradilan. Namun hal tersebut terkadang dimanfaatkan oleh lawan politik Demokrat, sehingga seolah-olah tampak Demokrat mengakui kesalahan sendiri. "Salahnya kita tidak membuat langkah berikutnya, yaitu kita harus menyebarluaskan bahwa kita adalah pelopor," imbuhnya.

TRIBUN

Jumat, 29 Juli 2011

BEKAS STAF NAZARUDDIN: UANG UNTUK AKOMODASI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Bekas Staf Khusus Muhammad Nazaruddin, Nuril Anwar, mengakui adanya uang yang dibagikan ke peserta kongres Partai Demokrat pada 2010. Namun, Nuril membantah uang itu sebagai bagian dari politik uang.

"Itu uang untuk akomodasi dan transportasi bagi para pendukung AU (Anas Urbaningrum). Bukan money politics. Jumlahnya juga bukan miliaran rupiah seperti yang diungkap sopirnya (Nazaruddin) itu," kata Nuril, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Jumat 29 Juli 2011.

Nuril juga membantah keterangan dari empat anak buah Nazaruddin dalam wawancara di sebuah televisi. Dalam wawancara, empat anak buah Nazaruddin mengaku mengetahui aliran dana miliaran rupiah dalam kongres Demokrat di Bandung beberapa waktu lalu.

Para pembantu Nazaruddin itu mengaku bertugas sebagai sopir dan pengawal uang yang dibagikan ke peserta kongres. Mereka adalah sopir Nazaruddin bernama Aan, Dede dan Jauhari yang berperan sebagai pengawal uang, dan Dayat seorang sopir Wakil Direktur Keuangan PT Anugerah Nusantara Yulianis.

Dalam wawancara itu, Dede dan Jauhari mengaku ditugasi membawa uang dalam mobil box ke Hotel Aston Premiera di Bandung. Uang tersebut dimasukkan dalam mobil box Daihatsu Espass. Uang yang dimasukkan dalam kamar hotel itu, menurut Dede, diambil terus menerus sampai berakhirnya kongres.

Nuril membantah semua keterangan bekas anak buah Nazar itu. "Keterangan itu kan karena mungkin disuruh sama mantan bosnya itu. Disuruh bicara begini-begini. Mereka sebenarnya sudah berhenti sebagai pembantu (Nazaruddin) sejak Januari 2011," jelas Nuril.

Halusinasi

Menurut Nuril, uang hanya dibagikan kepada pendukung Anas Urbaningrum saja. "Tapi ada yang tidak mendukung kita bantu juga, karena mereka tidak dapat pulang ke daerahnya. Jumlahnya paling Rp1-2 juta perorang," ujarnya.

Nuril juga membantah ada anggota DPR yang ikut mengawal uang tersebut. "Tidak ada itu. Mereka hanya halusinasi saja," ujarnya.

Pengacara Anas Urbaningrum, Patra M Zen, sudah membantah keterangan bekas sopir Nazaruddin itu. Menurutnya, pengakuan tersebut tak bisa dipercaya secara mentah-mentah. Pengakuan keempat orang itu harus dibuktikan secara hukum.

"Jangankan supir, tukang masak, tukang kebun, seribu saksi menyatakan nilainya cuma satu di mata hukum, cuma alat bukti saksi. Kita ingin ada alat bukti surat," kata Patra.

VIVANEWS

1.070 FANS HARRY POTTER SERBU GRAND INDONESIA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Tayangnya kembali film-film bioskop di Tanah Air ditandai dengan diputarnya film 'Harry Potter and the Deathly Hallows:Part 2'. Masyarakat terlihat antusias menyambut pemutaran film tersebut.

Meski tidak terlihat antrean panjang di bioskop Blitzmegaplex Grand Indonesia (GI) siang ini. Namun, sekitar 1.070 orang dipastikan akan memenuhi kursi bioskop untuk menyaksikan film 'Harry Potter' pada pukul 19.30 nanti.

"Untuk jam 19.30 nanti ada 1.070 orang yang nonton 'Harry Potter di dua studio. Kapasitas satu studio sekitar 550 orang," ujar petugas Blitzmegaplex, Sukarno saat ditemui VIVAnews di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 29 Juli 2011.

Menurut Sukarno tiket sudah dijual sejak Rabu, 27 Juli 2011. Saat itu jumlah antrean mencapai 500 orang. Untuk hari ini, memang tidak tampak antrean panjang. Namun, satu per satu warga yang ingin menonton 'Harry Potter' terus berdatangan.

VIVANEWS

GOLKAR: SECARA INSTITUSI KPK BAGUS, ORANGNYA TIDAK BERSIH

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Fadel Muhammad mengatakan lembaga seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jangan dibubarkan. Fadel melihat, apabila ada orang-orang yang tidak beres di KPK harus dikeluarkan, bukan lembaganya yang dihilangkan.

"Kita punya rumah kemudian ada orang-orang yang nggak beres, orangnya yang kita keluarin, jangan rumahnya kita bakar," ujar Fadel saat ditemui usai membuka Rakorwil Partai Golkar, di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Jumat (29/7/2011).

Menurut Fadel, KPK sudah ada Undang-undangnya dan secara institusi juga bagus. Hanya saja, orang-orangnya yang tidak bersih.

"KPK kan sudah ada Undang-undangnya sudah bagus institusinya, orang-orangnya saja tidak bersih,"jelasnya.

Sementara itu, saat ditanyakan hal yang sama kepada Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie. Ical panggilan akrab Aburizal Bakrie mengaku belum mendengar pernyataan yang dilontarkan Ketua DPR, Marzuki Alie tersebut.

"Belum dengar, enggak tahu saya,"pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Ketua DPR, Marzuki Alie meminta semua pihak di Indonesiauntuk memaafkan semua koruptor.

"Maafkan semua koruptor, maaf memaafkan seluruh Indonesia. Tuhan saja maha pemaaf, menyelamatkan manusia,"ujar Marzuki di gedung DPR, Jakarta, Jumat(29/7/2011).

TRIBUN

Kamis, 28 Juli 2011

RIEDL PREDIKSI GARUDA MENANG 3-0

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Mantan pelatih tim nasional Alfred Riedl memprediksi Indonesia menang 3-0 atas Turkmenistan pada pertandingan kedua Pra-Piala Dunia 2014, nanti malam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Pelatih asal Austria yang mengantarkan Indonesia menjadi finalis Piala AFF 2010 itu melihat permainan Firman Utina dan kawan-kawan masih seperti apa yang dia latih ketika menghadapi AFF akhir tahun lalu.

"Saya prediksikan 3-0 untuk Indonesia. Didikan saya masih terlihat," kata Riedl saat ditemui di Hotel Ritz-Carlton, Kamis 28 Juli 2011. Soal teknisnya, lanjut dia, "Silakan tanya kepada pelatih sekarang."

Asisten Riedl, Wolfgang Pikal, memprediksi berbeda. "3-1 untuk Indonsia." Asalkan, kata Pikal, Firman dan kawan-kawan bermain dengan umpan-umpan bola pendek dan mengantisipasi tendangan bebas pemain Turkmenistan.

Siang ini, KAmis 28 Juli 2011, Riedl dan Pikal bertemu dengan Wakil Ketua Umum PSSI Farid Rahman dan anggota Komite Eksekutif PSSI Bob Hippy dan Widodo Santoso serta wakil Sekretaris Jenderal PSSI Tondo Widodo di hotel bintang lima itu. Mereka bertemu membahas soal kontrak keduanya yang belum beres.

TEMPO

INILAH RAHASIA KENYANG LEBIH LAMA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Memahami hubungan antara rasa lapar dan kenyang merupakan hal penting dari penurunan berat badan. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein, makan sayuran, makan lebih lambat, minum air, dan menghindari makanan dengan kepadatan energi yang tinggi adalah cara paling efektif untuk merasa kenyang lebih lama. Berikut penjabarannya:

1. Makan sayuran
Makanan yang tinggi serat akan mengurangi nafsu makan dan memberikan rasa kenyang. Makanan yang tinggi serat cenderung memiliki kepadatan energi yang rendah. The American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi antara 3-4 porsi sayuran per hari.

2. Makan makanan protein tinggi
Mengonsumsi makanan yang tinggi protein secara signifikan meningkatkan rasa kenyang, menurut The Journal of Nutrition. Cobalah mengonsumsi makanan seperti ayam dan ikan untuk merasa kenyang dengan kalori lebih sedikit.

3. Makan lebih perlahan
Kunyah makanan dengan kecepatan lambat juga dapat membantu merasa lebih kenyang untuk waktu yang cukup lama. Cobalah makan perlahan dan menikmati setiap gigitan. Ini akan membantu Anda merasa seolah-olah sudah makan banyak dan menikmati makanan Anda. Kunyah makanan sampai benar-benar lembut.

4. Minum air
The Ohio State University menjelaskan bahwa air minum membantu penurunan berat badan melalui pengurangan nafsu makan. Air memiliki 0 kalori, tetapi pada saat yang sama membantu memberikan perasaan kenyang. Mayo Clinic menyarankan minum 2 liter air per hari. Rasa haus bisa berbeda tipis dengan rasa lapar. Sebelum makan, coba minum air terlebih dahulu.

5. Hindari makanan tinggi energi
Mayo Clinic menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi yang lebih rendah akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan dengan kepadatan energi yang rendah memiliki sejumlah kecil kalori. Seledri adalah contoh sempurna makanan dengan kepadatan energi yang rendah. Hindari makanan seperti es krim karena mereka kalorinya yang tinggi.

MICOM

KOMPOSISI ANGGOTA KOMITE ETIK KPK DISOROTI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pengacara Senior Todung Mulya Lubis mempertanyakan komposisi Komite Etik yang dibentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Komite etik untuk mengusut dugaan pelanggaran etik pimpinan Komisi terdiri dari unsur pimpinan, penasihat, dan masyarakat. "Seharusnya lebih dari separuh anggota Komite Etik terdiri dari pihak eksternal," kata Todung, Kamis, 28 Juli 2011.

Saat ini komposisi Komite Etik terdiri dari unsur pimpinan: Busyro Muqoddas, Bibit Samad Riyanto, Haryono Umar, Abdullah Hemahua, dan Said Zainal Abidin. Sementara, dari unsur masyarakat hanya Marjono Reksodiputro. Padahal, Komite ini akan mengusut 2 orang pimpinan Komisi, yaitu Chandra M. Hamzah dan M. Jasin.

M. Jasin disebut bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dekat dengan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Adapun Chandra, menurut Nazaruddin, juga sudah membuat kesepakatan dengan Anas tentang pengusutan kasus Wisma Atlet SEA Games XXVI di Jakabaring, Palembang.

Tak hanya 2 pimpinan, Nazaruddin juga menyebut Deputi Penindakan KPK Ade Rahardja ikut dalam kesepakatan tersebut. Nazaruddin menambahkan pertemuan dengan Ade pernah dihadiri oleh Juru Bicara KPK Johan Budi SP. Akibat tudingan tersebut, kini Chandra dan Jasin dijadwalkan menjalani pemeriksaan Komite Etik. Sementara Johan dan Ade harus menjalani pemeriksaan dari Pengawasan Internal.

Melihat banyaknya orang yang terlibat, Todung menilai keterlibatan unsur luar untuk memverifikasi tudingan itu menjadi lebih relevan. "Ini tidak bisa atau cukup dengan komposisi tim etik yang ada," kata mantan anggota Panitia Seleksi Pimpinan KPK periode 2010-2014 itu. "Apalagi ada 2 unsur pimpinan."

Menurut Todung, masyarakat berhak mengetahui apa yang terjadi di lembaga penegak hukum yang paling dipercaya ini. Pasalnya, bukan sekali ini saja nama Ade dan Chandra disebut oleh orang-orang yang beperkara. Pada 2009, Chandra, Bibit Samad Riyanto, dan Ade dituduh menerima suap dari pengusaha Anggodo Widjaja. "Itu persoalan serius, kalau menyangkut pimpinan," kata Todung.

Agar persoalan menjadi jernih, menurut Todung, KPK sebaiknya melibatkan lebih banyak pihak luar agar bebas dari konflik kepentingan.

TEMPO

Rabu, 27 Juli 2011

STUDI: KUCING TINGKATKAN RISIKO KANKER OTAK

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Apakah Anda pecinta kucing? Sebuah penelitian memeringatkan potensi kanker otak akibat memelihara kucing. Peringatan ini merujuk pada temuan hubungan antara parasit yang bersemayam di perut kucing dan pemicu kanker otak pada manusia.

Parasit yang hanya hidup dalam tubuh kucing itu adalah Toxoplasma gondii. "Kami yakin bahwa T gondii potensial meningkatkan risiko kanker otak pada manusia," kata Frederic Thomas, peneliti dari CNRS Research Institute di Montpellier, Prancis, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dalam penelitian itu, Frederic dan timnya membandingkan data pasien kanker otak pria dan wanita dan tingkat paparan infeksiToxoplasma gondii di sekitarnya. Hasilnya, angka pasien kanker otak lebih tinggi di kawasan yang memiliki tingkat paparan tinggi parasit tersebut.

Tak hanya berhubungan dengan kanker otak pada manusia, parasit itu diklaim juga memengaruhi risiko kanker otak pada hewan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tikus, infeksi parasit tersebut di otak juga memicu terjadinya perubahan perilaku. Tikus yang umumnya takut dengan kucing menjadi kehilangan rasa takut setelah terinfeksi. Penelitian lanjutan pun memperkuat kesimpulan itu, wanita terinfeksi cenderung menjadi pemalu, dan pria terinfeksi cenderung agresif.

Penyebaran parasit ini umumnya terjadi lewat kontaminasi kotoran kucing pada makanan, minuman, dan tanah. Waspada bila suka menyantap daging yang kurang matang, terutama daging kambing, babi, dan rusa. Sementara wanita hamil, disarankan tak mengambil risiko berdekatan dengan kucing selama masa kehamilan karena bisa membahayakan janin.

Terkait dengan hasil penelitian ini, para peneli menekankan bahwa mereka tidak berusaha membuktikan bahwa kucing menyebarkan kanker otak. Penelitian lebih ditujukan untuk mengembangkan terapi pengobatan. "Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan hubungan antara T gondii dan berbagai jenis tumor otak."

VIVANEWS

FILIPINA DILANDA TOPAN, 14 TEWAS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Jutaan orang di Filipina, Rabu (27/7/2011), dikepung badai tropis ganas yang diklaim sudah menewaskan 14 orang dan merendam banyak lahan di daerah terpencil negara itu.

Badai Nock-ten diperkirakan menghantam bagian tengah Pulau Luzon yang berpenduduk padat pada pukul 13.00 waktu setempat (12.00 WIB), lalu mencurahkan hujan deras di sana sekitar sehari sebelum bertiup menuju Laut China Selatan, kata badan cuaca Filipina. Badai itu menghantam provinsi pesisir Albay dan Camarines Sur di Luzon selatan, Selasa, yang memaksa 645.000 orang meninggalkan rumah mereka yang kebanjiran, kata Ketua Dewan Manajemen dan Penanggulangan Risiko Bencana Nasional Benito Ramos kepada AFP. "Kedua provinsi itu terendam air," katanya.

Pemerintah sedang menunggu langit cerah dan laut tenang sebelum mengirim pasukan bantuan darurat melalui udara dan air ke provinsi-provinsi tersebut, kata Ramos. "Kami tidak dapat menggunakan truk tentara karena jalanan banjir," katanya.

Dewan Penanggulangan Bencana itu mengatakan puluhan penerbangan dibatalkan karena badai itu. Ramos mengatakan, 14 orang telah dipastikan tewas sejauh ini. Sebagian besar kematian terjadi di daerah pesisir. Lebih dari delapan juta orang tinggal di dataran Luzon tengah, di mana badai Nock-ten diperkirakan melanda pada Rabu ini.

Manila, ibu kota Filipina yang berpenduduk 12 juta jiwa, terletak sekitar 100 kilometer di sebelah selatan jalur lintasan Nock-ten. Sekolah-sekolah ditutup di seluruh kota itu Rabu ini karena dipersiapkan untuk menghadapi hujan lebat.

Sekitar 20 badai dan topan, beberapa diantaranya mematikan, menghantam Filipina setiap tahun. Badai-badai itu menewaskan 48 orang di Luzon pada Mei dan Juni lalu. Hujan deras juga menewaskan 42 orang bulan lalu di selatan negara itu, di daerah yang memang biasa dilanda topan dan badai.

KOMPAS

SOAL INSIDEN CEKIK LEHER , RAUL-KD MINTA MAAF

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Insiden kekerasan berupa tabrak badan dan cekik leher pekerja infotainment di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang yang berujung laporan polisi akhirnya membuat Raul Lemos berpikir ulang. Kepada wartawan, Raul maupun istrinya, penyanyi Krisdayanti ini selain membantah menganiaya, juga meminta maaf.

“Kami meminta maaf jika apa yang kami lakukan menganggu,” kata Raul di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu 27 Juli 2011. “ Apa yang saya lakukan kemarin semata-mata sikap saya sebagai suami untuk melindungi istri saya.”

Raul mengaku hanya melarang mengambil gambar. Pengusaha asal Timor Leste itu menuturkan, ia mengaku dikejar-kejar reporter dan juru kamera Global TV usai mendarat dari Dili, Timor Leste. “Padahal istri saya mau menyeberang. Karena istri saya tidak mau wawancara, saya katakan jangan, lain kali saja,” ujarnya.

Merasa terganggu, Raul mengaku mendekati Aditya, juru kamera dari Global TV. Namun yang didekati justru menghindar. Dugaan kekerasan, kata Raul lagi, terjadi saat ia bermaksud mencari anak dari pernikahannya dengan Atta yang tiba-tiba berpisah. Saat balik badan, tanpa sengaja ia menyikut juru kamera. “Saya lihat anak ke depan sudah tidak ada,” ujarnya. "Saya balik badan, anak saya lari ke belakang.”

Insiden kekerasan terhadap Zaky Makmun dan Aditya, dua pekerja infotainment dari Global TV itu terjadi Senin 25 Juli 2011 sore di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Buntut insiden itu, dua pekerja infotainment itu melaporkan Raul ke Kepolisian Bandara dengan tuduhan tindak kekerasan dan perbuatan tidak menyenangkan.

Raul menegaskan lagi, apa yang dilakukan di bandara semata-mata demi menunaikan tanggung jawabnya sebagai suami. “Apa pun akan saya pertaruhkan untuk melindungi istri saya, sekalipun nyawa,” kata Raul. "Saya akan mengikuti proses hukum yang sudah berjalan."

Krisdayanti menilai wajar terhadap apa yang dilakukan Raul. Sebagai suami, ujarnya, Raul telah memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap seorang istri yang tengah hamil besar. “Saya jalan kiri-kanan bawa tas. Kondisi di Bandara ramai, banyak yang melihat. Karena ada kamera, kita terlalu menarik perhatian,” kata Krisdayanti.

TEMPO

Selasa, 26 Juli 2011

MENPORA TANTANG NAZARUDDIN UNGKAP HAMBALANG

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mempersilakan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin untuk mengungkap tuduhan bahwa kader Demokrat menerima uang puluhan milliar terkait proyek pembangunan pelatihan atlet di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

"Laporkan saja," kata Andi, sebelum Sidang Kabinet Paripurna, di Kantor Presiden, Selasa, 26 Juli 2011.

Andi juga membantah bahwa tanah yang dipakai untuk membangun tempat pelatihan atlet tersebut merupakan tanah bermasalah. "Tidak," jawab Andi singkat. Dia menjelaskan bahwa proyek tersebut merupakan pusat pelatihan dan sekolah olah raga.

Proyek yang saat ini sedang diusut oleh Kejaksaan Agung dan KPK itu, menurut Andi saat ini masih berlanjut. "Masih," jawab mantan Juru Bicara Presiden ini.

Kejaksaan Agung menyebut akan mengusut kasus yang menelan biaya Rp1,52 triliun itu. Selain kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi diam-diam juga mengamati kasus tersebut.

Deputi Penindakan KPK, Ade Rahardja mengatakan, di KPK belum masuk tahap penyidikan. "Tapi saya kira dengan adanya indikasi itu akan diambil langkah selanjutnya," kata Ade Rahardja.

Proyek pembangunan Stadion Hambalang di Sentul, Jawa Barat dilaksanakan oleh PT Adhi Karya sejak 2010. Adhi Karya bekerjasama dengan PT Wijaya Karya dengan komposisi pengerjaan masing-masing berbanding 70 persen dan 30 persen.

Muncul adanya dugaan proyek ini setelah bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazarudin menyebar tudingan adanya permainan anggaran. Nazarudin mengatakan, sekitar Rp50 Milyar dari dana proyek itu mengalir ke Kongres Partai Demokrat tahun lalu.

Petinggi Partai Demokrat membantah keras. Ketua Umum Anas Urbaningrum juga sudah berkali-kali membantah tuduhan itu.

VIVANEWS

SEBAGIAN PILOT GARUDA TOLAK MOGOK KERJA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Rencana aksi mogok Asosiasi Pilot Garuda (APG) tak berjalan mulus. Sebagian pilot menilai unjuk rasa semacam itu tidak didukung alasan kuat. Demikian bunyi keterangan pers yang didapat Liputan6.com, Jakarta, Selasa (26/7).

Beberapa pilot, seperti Manotar Napitupulu dan Robert Moningga, menolak mogok kerja. Penolakan sejumlah pilot dirangkum dalam sembilan poin. Salah satunya adalah meminta APG tidak mengatasnamakan seluruh penerbang Garuda Indonesia dalam aksi mogok. Mereka mengaku tak ingin dilibatkan karena kurang memahami duduk persoalan yang sebenarnya.

Kelompok pilot kontraaksi mogok bertekad meningkatkan kinerja manajemen Garuda. Mereka berharap segenap keluarga besar Garuda, termasuk pilot asing, menyelesaikan permasalahan ini secara damai. Jangan sampai problema internal ini meluas, terlebih dimanfaatkan atau bahkan dipolitisir pihak tertentu.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Freddy Numberi memerintahkan PT Garuda Indonesia segera menyelesaikan kasus kesenjangan gaji antara pilot lokal dan asing.

LIPUTAN6

JURU BICARA KPK MENGUNDURKAN DIRI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP bakal segera mengundurkan diri dari posisinya saat ini. Keputusan pengunduran diri tersebut terkait pencalonan dirinya sebagai pimpinan KPK periode 2012-2016. Selain itu, nama Johan Budi SP belakangan juga turut terseret dalam deretan pejabat yang disebut Muhammad Nazaruddin.

Sebelumnya, dalam wawancara via Skype, Nazaruddin menuding Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah, Wakil Ketua KPK M Jasin, dan Deputi Penindakan KPK Ade Raharja terlibat dalam rekayasa kasus wisma atlet. Baik Chandra maupun Ade bahkan dijanjikan bakal memegang tampuk kekuasaan KPK jilid berikutnya apabila tidak mengusut Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ataupun kader-kader Demokrat lainnya.

Pada konferensi pers di Jakarta, Selasa (26/7), Ketua KPK Busyro Muqoddas menyebutkan nama Johan Budi SP juga termasuk ke dalam nama yang akan diperiksa Deputi Pengawasan Internal KPK bersama Ade Raharja. Adapun Chandra M Hamzah dan M Jasin akan diperiksa oleh Komite Etik KPK yang diketuai penasehat KPK, Abdullah Hehamahua.

"Pertama, saya melihat situasi dan kondisi saat dini di mana saya tengah mencalonkan diri sebagai salah satu pimpin KPK. Sementara itu, juga untuk memudahkan pemeriksaan," ujar Johan kepada wartawan, Selasa (26/7).

Johan saat ini masuk ke dalam 132 calon pimpinan KPK yang lolos tahap administrasi di panitia seleksi (Pansel) Pimpinan KPK dan mengikuti ujian penulisan makalah. Ia mengaku keputusan pengunduran dirinya sudah dipikirikan dari jauh-jauh hari. Menurut dia, sejak ia ingin mencalonkan diri sebagai pimpinan ia sudah sempat mengatakan pengunduran dirinya kepada bagian hubungan masyarakat (humas) KPK.

"Besok (Rabu, 27/7) akan saya sampaikan pengunduran diri saya," tuturnya.

MICOM

Senin, 25 Juli 2011

TALIBAN GANTUNG BOCAH 8 TAHUN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Seorang bocah delapan tahun digantung militan Afganistan di Provinsi Helmand hanya karena ayahnya, seorang perwira polisi di kota Gereshk, menolak tuntutan militan untuk menyediakan sebuah kendaraan polisi bagi mereka.

Presiden Afganistan Hamid Karzai pun meradang. Ia mengutuk tindakan kaum militan itu dengan mengatakan, "Aksi semacam itu tidak dibenarkan oleh budaya atau agama mana pun." Hal itu disampaikan Karzai dalam sebuah pernyataan, Minggu (24/7/2011), sebagiaman dikutip CNN, yang juga memberikan rincian tentang peristiwa tersebut.

Karzai mengatakan, ia telah memerintahkan pihak berwenang setempat untuk menumpas kaum militan dan menangkap mereka "secepat mungkin".

Menurut laporan CNN, anak itu diculik pada Jumat lalu, tetapi tidak jelas kapan dia dibunuh. Peristiwa tersebut terjadi di tengah sebuah gelombang serangan baru terhadap para pejabat lokal yang dianggap anti-Taliban. Kurang dari dua minggu lalu, saudara tiri Karzai, Ahmed Wali Karzai, dan seorang Ketua Dewan Provinsi Kandahar, tewas di rumahnya oleh seorang pengawalnya sendiri yang sudah bekerja lama untuk Wali Karzai.

Sementara itu, di dua tempat lain, Minggu, yaitu di Kabul dan Provinsi Panjshir, terjadi upacara resmi yang menandai penyerahan penjagaan keamanan kepada pasukan Afganistan. Dua tempat itu merupakan daerah kelima dan keenam yang pengamanannya diserahkan kembali kepada kekuatan nasional Afganistan.

KOMPAS

PEMERAN DN AIDIT DI FILM G-30-S PKI WAFAT

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...


Pemeran tokoh DN Aidit dalam film G 30 S PKI yang juga mantan wartawan Tempo Syubah Asa, 68, meninggal dunia akibat sakit komplikasi jantung, ginjal, dan paru-paru.

"Kakak saya sebelum meninggal sempat dirawat di RSI Pekajangan, Kabupaten Pekalongan, akibat mengidap penyakit komplikasi," kata Abdul Adhim, adik almarhum.

Almarhum wafat pada Minggu (24/7) sekitar pukul 17.00 WIB dan sepanjang hidupnya terkenal sosok yang ulet, rajin beribadah dan bekerja keras.

Pemantauan Media Indonesia di Pekalongan, Senin (25/7), ratusan pelayat sejak pagi telah mendatangi rumah almarhum Syubah Asa, 68, di Kelurahan Kradenan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Prosesi pemakaman Syubah Asa yang dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB berlangsung hikmat, sejak disemayamkan di rumah duka hingga tempat peristirahatan terakhir di TPU Pringlangu, Pekalongan.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Eti Sunarsih dan tiga anak.

Sebelum meninggal, menurut Abdul, almarhum sempat menjalani perawatan medis selama sepekan, karena mengidap penyakit jantung, ginjal dan paru-paru.

Selain sebagai wartawan dan sempat membintangi film, Syubah juga menjadi tenaga pengajar di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Setelah lulus dari UGM jurusan sastra, menurut Abdul, Syubah Asa mengawali karier sebagai penulis lepas dan membuat naskah tentang Indonesia, dan hingga akhir hayatnya berprofesi sebagai wartawan Tempo dan pernah membintangi film.

"Pada saat masih aktif, beliau pulang ke Pekalongan sepekan sekali dan dekat dengan warga sekitar," tambahnya.

MICOM

PEMERINTAH KLAIM SUDAH DETEKSI KEBERADAAN NAZARUDDIN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar mengaku pihaknya sudah mendeteksi posisi Muhammad Nazaruddin, tersangka kasus suap Wisma Atlet Jakabaring yang menjadi buron Interpol. "Ya paling tidak begitu lah," ujarnya di Kementerian Hukum dan HAM, Senin, 25 Juli 2011.

Menurut Patrialis, tim dari kementeriannya akan mendatangi negara tertentu guna memastikan Nazaruddin berada di sana. Tapi saat ditanya negara mana yang disasar, Patrialis enggan mengungkapkannya. Yang jelas, kata dia, rencana tersebut menunjukkan pemerintah serius mencari Nazaruddin.

"Insya Allah, mudah-mudahan dalam waktu dekat dari Mabes Polri bersama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dan Administrasi Hukum Umum akan mendatangi tempat tertentu secara langsung. Tapi kami belum bisa sampaikan tempatnya di mana," kata dia.

Ahad kemarin, 24 Juli 2011, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatkan pihaknya sudah mendeteksi keberadaan Nazaruddin. Namun dengan alasan penyelidikan, Boy belum mau mengungkap keberadaan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut.

Nazaruddin keluar dari Indonesia pada 23 Mei lalu. Ia diketahui berpindah-pindah tempat persembunyian. Mulai dari Singapura, Vietnam, Malaysia, hingga Cina. Ia diduga memiliki lebih dari satu paspor karena Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sudah mencabut paspor Nazaruddin pada awal Juli.

TEMPO

Minggu, 24 Juli 2011

JEMAAT GKI BERIBADAH DI TROTOAR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Meski rekomendasi dari Ombudsman Republik Indonesia soal keabsahan Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Taman Yasmin, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat dikeluarkan 18 Juli lalu, Pemkot Bogor tetap tidak membolehkan Jemaat beribadah.

Akibatnya, tidak kurang 90 orang jemaat GKI beribadah di trotoar di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Komplek Perumahan Taman Yasmin, Minggu (24/7) pagi.

Selama ibadah berlangsung, penjagaan ketat tetap dilakukan jajaran dari Polres Bogor Kota. Bahkan, pada hari itu dilakukan blokade dengan menutup jalan mulai dari gereja hingga tempat atau depan sebuah bengkel yang dijadikan tempat ibadah para jemaat, menggunakan kendaraan polisi.

MICOM

RAKORNAS DEMOKRAT TANPA KEJUTAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Menjelang berakhirnya Rakornas Partai Demokrat 2011, suasana di arena kongres masih kondusif. Tak ada kabar akan digelarnya Kongres Luar Biasa yang sebelumnya ramai dibicarakan. Bahkan, suasana saat ini di Sentul Internasional Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Ahad (24/7) terlihat santai.

Pantauan Liputan 6 SCTV, agenda inventarisasi kader yang bermasalah akan dilakukan pasca-Rakornas melalui mekanisme penyaringan. Selanjutnya kader yang bersangkutan akan dikenakan sanksi sesuai dengan kesalahannya. Itu sesuai dengan amanat Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono yang berjanji akan melakukan bersih bersih partai.

Sementara itu, nama pengganti posisi Bendahara Umum Partai Demokrat yang semula dijabat M. Nazaruddin belum juga ditentukan karena tidak masuk ke dalam agenda. Rencananya, penentuan penggantinya dilakukan melalui mekanisme tersendiri pasca-Rakornas.

Begitu pula dengan nama pengganti Nazaruddin di kursi DPR. Fraksi Demokrat menyatakan juga belum mengajukan nama untuk pergantian antarwaktu. Rencananya, nama yang bersangkutan akan diajukan pascareses.

Saat ini peserta Rakornas tengah menunggu pernyataan politik dari Ketua Umum PD Anas Urbaningrum, yang akan disampaikan sebelum penutupan, malam ini.

LIPUTAN6

TERSANGKA TERORIS DI NORWEGIA BELA TINDAKANNYA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pengacara bagi pria Norwegia yang dituduh melakukan pemboman mengerikan hari Jumat dan penembakan membabi-buta mengatakan kliennya menganggap perbuatannya "mengerikan" tapi diperlukan.

Pengacara Geir Lippestad hari Sabtu mengatakan Anders Behring Breivik telah menyatakan kesediaannya untuk menjelaskan di pengadilan. Pengacara itu mengatakan kliennya telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, yang menewaskan sedikitnya 92 orang. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi mengenai identitas pria itu, Breivik ditangkap karena dituduh menembak sedikitnya 85 orang hingga tewas di sebuah kamp pemuda di sebuah pulau, dan membunuh tujuh orang lainnya dalam ledakan bom mobil yang mengguncang gedung-gedung pemerintah di ibukota Norwegia, Oslo .

Polisi menjelaskan Breivik yang berusia 32 tahun adalah seorang Kristen fundamentalis dengan pandangan politik beraliran kanan. Polisi mengatakan ia mengunggah pernyataan anti-Islam di Internet dan laporan media mengatakan ia adalah orang yang sangat menentang prinsip keanekaragaman budaya di Norwegia. Media Norwegia mengatakan ia menulis sebuah pernyataan publik sebanyak 1.500 halaman sebelum melakukan serangan itu.

Sebelumnya hari Sabtu, sebuah koperasi pertanian mengatakan telah menjual enam ton pupuk, produk yang kadang-kadang digunakan dalam pembuatan bom, kepada Breivik bulan Mei.

Breivik mengelola sebuah pertanian organik dengan nama Breivik GeoFarm yang menanam sayur-sayuran, melon, dan berbagai jenis umbi-umbian. Koperasi menggambarkan ukuran pembelian pupuk itu merupakan "pemesanan yang relatif standar" untuk pertaniannya, tapi koperasi memberitahu pihak berwenang tentang penjualan itu ketika mengetahui Breivik adalah tersangka dalam pemboman. Media Norwegia mengatakan bom besar yang meledak di gedung pemerintah itu dibuat dari pupuk.

Petunjuk tentang pembelian pupuk oleh Breivik datang selagi polisi Norwegia menyelidiki kemungkinan seorang pria bersenjata kedua terlibat dalam serangan di kamp pemuda di pulau wisata Utoeya. Ratusan remaja berkumpul di sana sebagai bagian dari program yang disponsori oleh Partai Buruh yang berkuasa di negara itu.

VOA

Sabtu, 23 Juli 2011

PM NORWEGIA: UTOEYA BERUBAH JADI NERAKA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltengerg mengatakan pulau dimana 80 orang tewas ditembak oleh seorang pria bersenjata merupakan "surga di masa kecilku yang kini berubah menjadi neraka".

Stoltenberg mengaku dirinya kerap menghabiskan musim panas di Pulau Utoeya tersebut. Seorang pria bersenjata membunuh sedikitnya 80 orang di pulau tersebut beberapa saat setelah meledakkan sebuah bom di Ibu Kota Norwegia, Oslo.

Polisi telah menahan seorang tersangka namun Stoltenberg mengaku terlalu dini baginya untuk berkomentar mengenai motif serangan tersebut.

Meski polisi tidak merilis namanya, namun media massa milik pemerintah NRK menyebut pria tersbeut adalah Anders Behring Breivik yang berusia 32 tahun. Polisi saat ini tengah memeriksa apartemen pria tersebut.

MICOM

FLORIDA LARANG RIASAN WAJAH DI SEKOLAH

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pihak berwenang di Florida, Amerika Serikat, berencana untuk mengeluarkan larangan bagi para siswa menggunakan riasan wajah juga tatanan rambut yang berlebihan. Larangan tersebut mencakup penggunaan cat rambut dengan warna tidak normal, tatanan rambut ekstrim, dan riasan mata yang berlebihan.

Definisi ekstrim dalam larangan ini adalah ketika seorang siswa memoleskan eye shadow seperti seorang penyanyi rock, dan tatanan rambut acak-acakan dengan poni yang menutupi wajah ala bintang remaja Justin Bieber. "Ketika ada seorang anak yang memiliki warna rambut ekstrim seperti merah muda atau ungu, ini akan menjadi gangguan dalam proses belajar. Anak-anak akan mulai saling mengejek dan akan menjadikan kondisi kelas tidak kondusif," kata Chris Patton, seorang guru sekolah di Florida.

Peraturan itu tentunya mendapatkan respon negatif dari para siswa. Mereka berpendapat, ini akan menghalangi mereka untuk berkreativitas. Kini, peraturan tersebut tengah diperdebatkan dan akan melalui proses pemungutan suara.

LIPUTAN6

IWAN PILIANG DINILAI MIRIP NAZARUDDIN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Wakil Sekretaris Jenderal Saan Mustofa mengatakan Iwan Piliang, orang yang memfasilitasi Muhammad Nazaruddin, bekas Bendahara Umum Partai Demokrat dalam wawancara melalui jejaring sosial Skype lalu diyayangkan di MetroTV, memiliki masalah yang hampir sama dengan Nazaruddin. Menurut Saan, Iwan merupakan kader lama Partai Demokrat yang kini telah melepas keanggotaan.

"Dia motifnya sederhana sekali, yaitu kecewa karena merasa tidak diperlakukan secara profesional oleh partai," kata Saan di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 23 Juli 2011.

Saan mengatakan tak tahu kenapa Iwan merasa kecewa. Menurut Saan, ketika sesorang sudah masuk ke dalam partai politik, seharusnya mendedikasikan dirinya untuk kepentingan partai. "Sebenarnya kita tidak tahu dia ini bekerja di partai atau mengabdi ke partai," kata Saan. "Masak urusan sepele dia jadikan sesuatu yang sangat luar biasa."

Sikap Iwan, kata dia, terlalu berlebihan. Menurutnya, Iwan berada di partai bukan dibayar profesional. "Kita tidak tahu juga apa yang dilakukan untuk partai. Yang jelas menurut saya itu (wawancara dengan Nazaruddin lewat Skype) sangat berlebihan," kata Saan.

Kemungkinan Nazaruddin tidak sendiri dalam melempar tudingan itu. Menurut Saan, jelas terlihat dalam rekaman wawancara itu yang diduga ada yang men-setting-nya. "Ă–rang ini berkepentingan mendiskreditkan partai, mendiskreditkan ketua umum, dan pembangkangan upaya hukum, bisa dari dalam atau dari luar," kata Saan.

TEMPO

Jumat, 22 Juli 2011

ANAS SIAP-SIAP DIPANGGIL POLISI RABU DEPAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Penyidik Bareskim Mabes Polri segera memanggil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum untuk diminta keterangannya.

Anas akan dipanggil dalam kapasitas sebagai saksi pelapor terhadap Muhammad Nazaruddin yang disampaikan ke Bareskim Mabes Polri beberapa waktu lalu (Selasa,5/7). Nazar dilaporkan Anas atas tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah.

"Rencananya penyidik akan meminta keterangan beliau sebagai saksi pelapor pada 27 Juli, hari Rabu," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Bachrul Alam di kantornya, Jakarta, Jumat (22/7).

Sebelumnya diwartakan, Nazaruddin melalui Blackberry Messenger ke beberapa media, menuding Anas menerima suap terkait kasus suap proyek pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang, Sumatera Selatan. Tudingan ini pun direspon Anas dengan melaporkan mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat tersebut ke polisi.

RMOL

PEMAIN CHELSEA DAPAT EJEKAN RASIS DI MALAYSIA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pengalaman buruk didapatkan para pemain Chelsea dalam lawatan Tur Asia kali ini. Yossi Benayoun mengalaminya di Malaysia.

Pengalaman buruk pertama yakni cuaca panas sehingga Chelsea hanya menang tipis 1-0 atas Malaysia XI di Bukit Jalil National Stadium, kemarin. Gol The Blues dilesakkan Didier Drogba pada menit 80.

Laga itu juga diwarnai ejekan fans Malaysia kepada Benayoun di babak I. MenurutCaughttheoffside, gelandang 31 tahun ini memang menjadi pemain Israel pertama yang tampil di Malaysia. Sedangkan Malaysia yang mayoritas warganya muslim, tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

The Blues menghadapi Malaysia XI yang kali ini memasang tim U-23. Tim Malaysia ini beda dengan tim yang dikalahkan Arsenal 4-1 dan Liverpool 6-3.

Chelsea susah payah menaklukkan Malaysia lewat gol tendangan bebas Drogba yang berbau kontroversial. Tendangan Drogba mengenai tiang lalu membentur punggung kiper pengganti Malaysia, Mohd Izham Tarmizi Roslan. Sang kiper masih bisa menangkap bola, tapi dinyatakan telah melewati garis gawang oleh hakim garis.

The Blues banyak memasang pemain cadangan dalam starter laga ini seperti kiper Hilario, bek Slobodan Rajkovic dan Ryan Bertrand serta gelandang Josh McEachran. Hasil kurang memuaskan di awal tur pramusim ini tentu menjadi pekerjaan rumah manajer anyar Andre Villas-Boas.

VIVANEWS

GOOGLE BUKA KANTOR DI INDONESIA TAHUN INI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Executive Chairman (Pimpinan Eksekutif) Google Eric Schmidt datang ke Istana Wakil Presiden Boediono, Jumat, dengan menggunakan taksi. Eric bersama tiga rekannya datang sekitar pukul 10.50 WIB menggunakan taksi Silver Bird Alphard warna hitam dengan nomor polisi B 1061 SUA. Eric pun bertemu Wakil Presiden Boediono.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam, Schmidt mengutarakan keinginan Google untuk membuka kantor di Indonesia yang idealnya terwujud sebelum tahun 2012.

Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat menjelaskan, Google ingin mengembangkan bisnis lewat pengembangan platform yang berfungsi menghubungkan usaha kecil menengah di Indonesia dengan pembeli dari luar negeri. Ini sudah dilakukan Google di China. Bagi Google, ini penting untuk menambah pemasukan dari advertising.

Google sedang berembuk dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam persiapan membangun bisnis di Indonesia. Perusahaan raksasa internet itu ingin membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Indonesia sebagai dasar pembukaan bisnis.

Google Inc adalah perusahaan multinasional yang melakukan investasi di bidang mesin pencari internet, cloud computing, serta teknologi periklanan. Perusahaan ini mengembangkan sejumlah produk dan layanan internet, serta banyak mendapat keuntungan dari produk periklanan, yakni lewat program AdWords mereka.

Indonesia termasuk negara pengguna berbagai program internet terbesar, seperti Google dan Facebook. Majalah asal AS Forbes memberitakan Eric Schmidt berhasil mengumpulkan kekayaan mencapai US$7 miliar.

METROTV

Kamis, 21 Juli 2011

ROY: ADA YANG BANTU NAZARUDDIN DARI INDONESIA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Fungsionaris Partai Demokrat Roy Suryo melihat kemungkinan aksi kicauan bekas Bendahara Umum M Nazaurddin di sejumlah stasiun televisi dibantu seseorang dari Indonesia. Ia menilai Nazaruddin begitu percaya diri karena hingga kini masih menggunakan PIN BlackBerry Messanger yang sama.

"Sampai semalam dia masih komunikasi dengan temannya, ketika di ping langsung jawab, ada apa Bang," kata Roy Suryo di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Kamis (21/7).

Roy berterimakasih kepada media massa karena dengan wawancara langsung tersebut Polisi bisa melacak posisi Nazaruddin. Menurutnya, Nazaruddin menggunakan calling card, bukan clear channel.

"Dia bisa beli kartunya dimana saja, tergantung negara yang mengeluarkan. Tergantung penyuara calling cardnya," kata Roy.

Dugaannya diperkuat dengan wawancara Nazaruddin di Metro TV yang menghasilkan suara amat jernih. Ia yakin posisi Nazaruddin tak ada di Indonesia.

Apakah calling card bisa dilacak? Menurut Roy, bisa. Ia yakin polisi sudah melacak Nazaruddin ketika berbicara di Metro TV dan TV one. "Karena ada preffixnya," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan BlackBerry Messanger Nazaruddin? Menurut Roy, BBM juga bisa digunakan untuk melacak posisi Nazaruddin. Tinggal polisi meminta data dari server Research in Motion.

"8 digit pin Nazar masih sama, dengan nama sama, status sama. Bisa dilacak dengan orang yang berkomunikasi dengan dia. Orang yang komunikasi denga Nazar dicek, dicocokkan data di RIM. Pakai wifi bisa dilacak addres ketahuan. Seluler juga bisa," tandas Roy.

METROTV

PASEK: NAZARUDDIN LIVE, TAMPARAN UNTUK PENEGAK HUKUM

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Ketua DPP Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika mengatakan beberapa kali munculnya tersangka suap proyek Wisma Atlet, M Nazaruddin di media secara live merupakan tamparan keras bagi para penegak hukum. Menurut Gede Pasek, kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian patut disesalkan karena belum mampu melacak keberadaan mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat itu.

"Ini tamparan bagi aparat penegak hukum," tegas Gede Pasek Suardika, di Jakarta kepada pers, Kamis (21/7).

Pasek menegaskan bahwa di tengah sulitnya aparat penegak hukum masih belum mampu mendeteksi keberadaannya, Nazaruddin justru berbicara panjang lebar secara live melalui media massa.

"Berkali-kali, di depan mata, tersangka buronan disaksikan banyak rakyat Indonesia, bisa berbicara lantang live di televisi, tapi aparat keamanan kita tidak bisa bertindak apapun dan mempertanggungjawabkan kepada publik," kata Pasek.

Anggota Komisi II DPR RI itu pun sangat menyayangkan, ketidakmampuan aparat penegak hukum menangkap mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut.

"Sudah dikasi pelatihan, perlengkapan bahkan sudah ada perintah dari Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), tapi orang yang diburu bisa live berkali-kali polisi dan KPK tidak mampu memertanggungjawabkan hal itu kepada publik," sindir Pasek.

Dan tegas Pasek, yang menjadi korban dari nyanyian Nazar itu adalah Ketua Umum PD Anas Urbaningrum. "Integritasnya dihancurkan, begitu juga Demokrat," kata Pasek.

Dia menduga ada orang yang berada di belakang Nazar. Sebab, Pasek mengaku selama ini Nazarudin kalau berbicara nadanya lembut tidak seperti saat di stasiun televis swasta.

"Tanya yang di belakang Nazar (soal apakah Nazar sengaja dipelihara oknum tertentu). Nazar itu biasanya ngomongnya halus," kata Pasek.

JPNN

SUARA SARI ROTI KEMUNGKINAN RING TONE HANDPHONE NAZARUDDIN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Berdasarkan keterangan seorang kaskuser (pengguna akun website Kaskus), dalam acara teleconference Metro TV dengan Nazaruddin Rabu, (21/7) malam, terdengar suara lagu "Sari Roti" yang merupakan merek perusahaan roti asal Indonesia.

Pakar telematika yang juga anggota DPR dari Fraksi Demokrat Roy Suryo menduga suara tersebut berasal dari ring tone (nada dering) atau handphone Nazaruddin.

"Ada dua kemungkinan lain, itu ring tone atau BB dia yang lain. Kalau kita dengar itu konstan, tidak berubah-ubah. Kalau pedagang roti itu berubah-ubah kuat ke lemah. Ada amplitudonya. Sangat besar kemungkinan itu ring tone," kata Roy saat ditemui di gedung DPR, Kamis (21/7).

Roy yang mengaku kaget mendengar suara "Sari Roti" dalam percakapan telepon bersama Metro TV tersebut mengatakan Nazaruddin kemungkinan menggunakan call divert atau call conference sehingga suara Sari Roti terdengar.

Terlepas dari masalah suara lagu "Sari Roti", Roy Suryo juga mengatakan bahwa keberadaan Nazaruddin bisa dilacak lewatBlackBerry Messenger (BBM) yang digunakan Nazaruddin untuk berkomunikasi selama ini.

"Bisa. Kita sudah dalam tahap sekarang mengkopi data server RIM itu di Indonesia. 8 digit pin Nazaruddin masih sama, dengan nama sama, status sama. Bisa dilacak dengan orang yang berkomunikasi dengan dia," tandasnya.

Anggota Komisi I DPR tersebut mengatakan semalam salah satu petinggi Demokrat ada yang menghubungi Nazaruddin lewat BBM dan dibalas oleh Nazaruddin.

"Sampai semalam pukul 20.45 dia masih komunikasi dengan temannya, ketika di ping langsung jawab, ada apa bang," ujarnya.

Namun, Roy meyakini Nazaruddin memang berada di luar negeri bukan di Indonesia.

MICOM

Rabu, 20 Juli 2011

POLISI BURU DUA PERAKIT BOM PONPES UBK

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Tim Anti Teror Detasemen Khusus 88 (Densus 88) masih mengejar dua tersangka kasus bom meledak di Pondok Pesantren Umar Bin Khattab, di Bima, Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu. Keduanya diketahui berperan sebagai perakit bom.

"Dua orang yang kita cari, berisinisal A dan satunya saya lupa," Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Anton Bachrul Alam di kantornya, Jakarta, Rabu (20/7).

Kata Anton, tersangka berinisial A ini juga terkena bom bersama Firdaus yang tewas. Sementara dari hasil pengembangan di Desa Sowa, daerah berbukit di Bukit Lahat Batu dan lokasi penyimpan 26 bom, polisi menemukan sisa-sisa ledakan.

"Disitu di buang sisa-sisa ledakan itu. Bom-bom yang belum meledak juga disimpan disitu. Dan itu sudah kita dapatkan," beber Anton.

LIPUTAN6

BIEBER ADAKAN KONSER PRIBADI DI KEDIAMAN BECKHAM

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Penyanyi remaja Justin Bieber bersedia mengadakan konser pribadi, khusus untuk keluarga pesepakbola David Beckham. Asalkan, pemain asal Inggris itu mau mejadi pelatih sepak bola Bieber. Seperti diwartakan The Sun, Rabu (20/17), pelantun lagu Baby itu akan bernyanyi di hadapan ketiga anak Beckham yaitu Brooklyn, Romeo, dan Cruz.

"Saya bersedia bernyanyi untuk anak-anak Beckham, jika ia mau memberikan saya latihan sepak bola khusus," ungkap Bieber. Ketiga anak Beckham memang penggemar berat Bieber. Untuk menyenangkan sang anak, Beckham pun bersedia memberikan kursus sepak bola pribadi untuk Bieber.

Bahkan, Bieber juga akan mengajak kekasihnya, Selena Gomez, tampil di depan keluarga Beckham. Tentu saja, Harper yang baru berusia 10 hari juga akan diajak untuk mendengarkan nyanyian dari penyanyi sensasional itu.

LIPUTAN6

SBY PANGGIL ANAS KE WISMA NEGARA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, memanggil Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ke Wisma Negara, Rabu (20/7) petang. Belum jelas benar apa agenda pertemuan itu, namun salah satunya membahas persiapan rakornas Partai Demokrat 23-24 di Sentul Jawa Barat.

Sebelumnya, (Rabu siang) Anas sempat menggelar jumpa pers di kediamannya, Jalan Teluk Semangka, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam jumpa pers itu Anas kembali mengklarifikasi pernyataan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin, tentang tuduhan dirinya membeli suara pengurus-pengurus cabang dalam kongres di Bandung Mei 2010 lalu. Anas juga membantah soal deal-deal khusus dengan salah satu Pimpinan KPK Chandra Hamzah.

Rakernas Partai Demokrat mendatang memang akan menjadi penting artinya sebagai ajang mengevaluasi kader-kader yang dianggap bermasalah. Termasuk, kader yang saling sikut. "Dalam Rakornas tersebut kader partai yang sering menyerang kader lainnya juga akan dievaluasi. Supaya sesama kader tidak lagi saling serang di depan publik," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Ramadhan Pohan, di gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/7).

Evaluasi itu merupakan bentuk refleksi sekaligus perbaikan dan konsolidasi ke dalam partai. Oleh karena itu, dipastikan tidak akan ada nama yang akan disebut dalam upaya evaluasi dan konsolidasi tersebut.

LIPUTAN6

Selasa, 19 Juli 2011

UMAR PATEK DIPASTIKAN DIDEPORTASI KE INDONESIA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyad Mbai mengatakan berusaha semaksimal mungkin guna memastikan tersangka Bom Bali I dan Natal, Umar Patek, dideportasi Pemerintah Pakistan ke Indonesia. "Dia pasti dideportasi. Pakistan pasti mengembalikan karena dia Warga Negara Indonesia. Tapi kan ada prosedur. Dalam proses itu, G to G (antar pemerintah)," ujarnya saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/7).

Ansyad pun mengatakan, yang lebih tahu soal deportasi Umar Patek ialah Kementerian Luar Negeri, karena kementerian itulah yang menanganinya. "Itu urusan dari kementrian luar negeri lah," katanya. Seperti diketahui, tersangka teroris yang juga buronan kelas kakap, Umar Patek, ditangkap aparat Pakistan, Maret lalu. Umar dituding terlibat dalam Bom Bali I 2002 yang menewaskan 88 warga Australia. Dia juga dituding menjadi bagian jaringan organisasi terorisme Al Qaidah, yaitu Jamaah Islamiyah di Indonesia.

Sebelumnya juga, Umar Patek pernah dikabarkan tewas di Sulu, Filipina, 14 September 2006 silam Namun laporan itu tidak benar. Karena itu, Amerika Serikat pun menawarkan hadiah satu juta dolar AS bagi siapapun yang berhasil menangkap Patek.

LIPUTAN6

OBAT KUMUR ORAL B DITARIK

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Penjualan dua jenis produk obat kumur bermerek Oral B ditarik dari pasaran di Singapura dan beberapa negara lain. Penyebabnya yakni timbulnya kekhawatiran bahwa produk tersebut telah terkontaminasi bakteri jenis tertentu.

Seperti dikutip dari Strait Times, Minggu (17/7), Procter & Gamble (P&G) selaku produsen melaksanakan penarikan dua produk tersebut setelah terdeteksi adanya kandungan bakteri Burkholderia anthina, yakni bakteri yang umumnya ditemukan dalam air dan tanah, dalam beberapa produk di pabrik di Kolombia. Adapun hadirnya Burkholderia anthina dalam obat kumur dikathui bisa membahayakan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau mereka yang menderita penyakit paru-paru kronis.

Kedua jenis obat kumur itu adalah Gum Care Mouth Rinse and Gum Care Alcohol-free Mouth Rinse. Selain di Singapura, penarikan peredaran dua produk itu juga diberlakukan di Kanada, Meksiko, Cile, Kolombia, China, Malaysia, dan Filipina. P&G mengatakan langkah itu diambil sebagai tindakan pencegahan supaya tidak menimbulkan risiko medis pada mereka yang yang sehat.

Sementara itu, The Health Sciences Authority di Singapura merilis pernyataan pada Jumat (15/7) bahwa orang yang telah menggunakan obat kumur tersebut tidak perlu terlalu khawatir. Namun, apabila mereka merasakan ada masalah pada kesehatan, ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter.

MICOM

JALAN DAGO MENCEKAM, SATU MOBIL DIBAKAR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Sengketa yang berujung pada penyerangan di Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Dago yang berada di Jalan Dago, Bandung, masih berbuntut panjang. Selain bentrokan antara dua kelompok massa, yakni mereka yang bertahan di kompleks sekolah dengan massa penyerang, Senin (18/7/2011), sebuah mobil juga dibakar di dalam halaman sekolah.

Suasana Jalan Dago pun hingga berita ini diturunkan masih mencekam. Ruas jalan yang selama ini menjadi ikon Kota Bandung tersebut tertutup dari lalu lalang kendaraan menyusul bentrokan perebutan lahan.

Arus kendaraan mulai terganggu sejak perempatan jembatan layang Pasopati hingga ke pertigaan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di depan RS Borromeus. "Tadi massa penyerang memindahkan sebuah mobil ke dalam pekarangan sekolah, lalu mereka membakarnya," kata wartawanKompas Didit Putra Erlangga Rahardjo yang berada di lokasi.

"Di luar sudah terlihat bantuan aparat keamanan. Sebelumnya hanya sekitar dua batalyon yang menjaga bentrokan ini. Massa yang bertahan sekarang mundur ke dalam areal sekolah. Sementara yang menyerang ada di halaman dan di tengah jalan," terang Didit.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sekitar 100 orang menyegel sekolah tersebut. Massa datang sekitar pukul 15.30, dan langsung menyegel pintu masuk. Satu papan pengumuman didirikan di halaman sekolah. Spanduk juga dibentangkan di gerbang utama sekolah.

Penyegelan itu tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar karena sekolah dalam keadaan kosong. Di spanduk dan papan pengumuman berisi pernyataan bahwa yang berhak menguasai lahan seluas 19.640 meter persegi yang dipakai SMAK Dago adalah Perkumpulan Lyceum Kristen (PLK).

Mereka mengaku telah memiliki kekuatan hukum berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Bandung Nomor 245/Pdt/G/1991, Pengadilan Tinggi Bandung Nomor 218/Pdt/1992/PT Bandung, putusan Mahkamah Agung RI Nomor 58 PK/Pdt/1995, dan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta Nomor 74/G/TUN/2002/PTUN JKT.

Koordinator massa, Bastian Wangge, mengaku mendapat kuasa dari pengacara pihak PLK untuk mengeksekusi dan menduduki lahan yang sekarang menjadi tempat berdirinya SMAK Dago. Saat ini, lahan tersebut ditempati Yayasan Perguruan Sekolah Menengah Kristen Jawa Barat.

"Kami tidak berniat untuk menghentikan atau mengganggu proses belajar mengajar. Siswa silakan bersekolah," kata Bastian, sambil menerangkan bahwa pihaknya akan bertahan di sana hingga 10 hari.


MASSA BENTROK REBUT SMAK DAGO BANDUNG

Bentrokan yang melibatkan setidaknya 150 orang terjadi di Jalan Djuanda, Bandung, sehingga jalan utama itu ditutup selama dua jam, Senin (18/7) sore. Perang batu disertai pembakaran sebuah mobil membuat suasana di lokasi perbelanjaan itu mencekam.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari lokasi, insiden diawali pendudukan Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Dago oleh sekitar 100 orang yang mengaku mendapat kuasa dari pengacara mewakili Perkumpulan Lyceum Kristen (PLK). Mereka bersengketa dengan massa Yayasan Perguruan Sekolah Menengah Kristen Jawa Barat, pengelola SMAK Dago.

Massa PLK datang pukul 15.30, membentangkan spanduk, dan mendirikan papan pengumuman mengenai hak kepemilikan gedung yang disengketakan itu. Tidak lama kemudian datang lagi massa sekitar 50 orang dari pihak yayasan. Mereka mengusir massa sebelumnya, mencabuti spanduk dan papan pengumuman. Massa sempat lari meninggalkan SMAK Dago, tetapi 10 menit kemudian balik menyerang. Dari seberang pagar, mereka melemparkan batu ke arah orang yang berjaga di halaman sekolah dan memaksa mereka berlindung ke dalam gedung. Massa dari PLK langsung mengejar ke dalam dan sebagian berjaga di Jalan Djuanda. Sebuah mobil yang diparkir di halaman sekolah pun dibakar massa. Dua orang terluka di kepala.

Kondisi ini berlangsung hingga pukul 17.30. Setelah bernegosiasi dengan Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Jaya Subrianto, massa membubarkan diri. ”Kami tak memahami pangkal masalah sehingga lamban mengantisipasinya,” ujar Jaya. Dia belum memutuskan soal kegiatan belajar-mengajar pada Selasa (19/7).

Koordinator massa PLK, Bastian Wangge, menjelaskan hanya mendapat kuasa menduduki dan tidak mengganggu proses belajar-mengajar di SMA Dago. ”Kalau ada siswa yang datang bersekolah, silakan saja,” katanya.

Kuasa hukum YPSMK-JB, Chandrawila Supriadi, mengaku telah mengantongi dokumen hak guna bangunan yang dikeluarkan tahun 2010. Lahan itu milik negara yang dirampas dari Belanda sejak tahun 1958.

KOMPAS

Senin, 18 Juli 2011

PBNU YAKIN DENSUS 99 DITERIMA MASYARAKAT

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) As'ad Said Ali meyakini Densus 99 Anti Teror-- yang merupakan bentukan dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor-- akan diterima oleh masyarakat secara luas dalam memberikan kontribusinya dalam menjaga keamanan masyarakat.

"Oh saya optimis ya. Karena kita kan melalui pendekatan persuasif ya kepada masyarakat," ucap Said Ali saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (18/7).

As'ad juga menjelaskan bahwa, Densus 99 diciptakan untuk mendukung ketenangan masyarakat dari gerakan-gerakan radikal yang ada sekarang ini. Terutama gerakan-gerakan radikal yang mengatasnamakan agama sebagai simbol gerakannya.

Apalagi, lanjut As'ad, pemerintah sekarang ini telah melakukan pembiaran terhadap gerakan-gerakan radikal tersebut. Alhasilmasyarakat menjadi takut dan merasa tidak aman dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Dan Densus 99 ini diciptakan untuk membantu melindungi masyarakat.

"Ya kita ini ingin menciptakan ketenangan hati masyarakat lah. Selama ini kan masyarakat dalam merasa ketakutan bahwa kok begini ada isu pembiaran gitu kan, jadi terkesan ada pembiaran. Makanya warga jadi ketakutan kan, nah makanya harus ada yang berani melakukan itu dan NU berani melakukan itu pada saat dipanggil ya kita harus berani. Jadi nanti malalui GP Ansor nanti. Karena itukan bentukan GP Ansor," tutupnya.

LIPUTAN6

WANITA INI LELANG ANAK DI eBAY

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Seorang wanita asal Australia harus berurusan dengan polisi lantaran menjual anaknya melalui situs lelang eBay. Ia menjalani pemeriksaan intensif karena dicurigai melakukan praktik perdagangan anak.

Seperti dikutip dari msn.com, wanita itu membuka penawaran langsung untuk dua anaknya: laki-laki dan perempuan. Demi meyakinkan pembeli, ia bahkan nekat memasang foto dua anaknya yang masih berusia di bawah 10 tahun.

Berdasar hasil pemeriksaan kepolisian, wanita itu mengaku melakukannya lantaran iseng. Ia mengaku hanya ingin membuat lelucon, tanpa benar-benar menjual anaknya kepada orang lain.

Setelah meyakini bahwa itu hanya lelucon gila, polisi membebaskan wanita tersebut. Walau tak mengenakan sanksi kepada wanita itu, polisi menyerukan larangan agar tak ada lagi lelucon semacam itu.

Kasus serupa juga terjadi Mei lalu. Seorang wanita asal Michigan mengiklankan bayinya yang masih berusia dua bulan di eBay. Dalam iklan, wanita itu mengatakan sudah sudah lelah menjaga dan khawatir akan kesejahteraan bayi tersebut. Tak lama setelah iklan itu muncul, ia menerima penawaran sebesar US$1.000 atau sekitar Rp9 juta. Kepada polisi, wanita itu juga mengaku iseng untuk mengetes salah satu fitur di situs lelang online itu.

Dua wanita itu mungkin masih beruntung leluconnya dipercaya polisi. Tak seperti kisah wanita asal Jerman yang melelang bayinya yang masih delapan bulan di eBay, 2008 silam. Wanita itu membuka penawaran senilai €1 atau sekitar Rp12 ribu, dengan alasan terlampau berisik. Meski sudah mengatakan itu iseng, bayinya tetap ditahan di sebuah lembaga sosial sampai investigasi polisi selesai.

VIVANEWS

NAZARUDDIN DIPECAT, INI KATA ANAS URBANINGRUM

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sudah menandatangani surat peringatan terakhir untuk mantan Bendahara Umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Bahkan, partai sudah memutuskan untuk memecat Nazaruddin.

"(Pemecatan) Sudah diputuskan. Sudah menjadi kebijakan, tetapi prosedur administrasi harus dipenuhi," kata Anas Urbaningrum usai peletakan batu pertama pembangunan Training Center Wirausaha Tani di Kecamatan Tamansari, Ciapus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 18 Juli 2011.

Surat pemecatan Nazaruddin memang belum dikeluarkan karena masih melalui proses administrasi. Jadi, Anas meminta semua pihak menunggu.

Yang pasti, kata Anas, surat peringatan terakhir atau SP3 kepada Nazaruddin sudah ditandatangani. "Sudah. Yang jelas, partai punya kebijakan untuk menarik yang bersangkutan dari DPR dan mencabut keanggotaannya," jelas Anas. "Intinya, partai, kebijakannya sudah seperti itu."

Siang tadi, Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Andi Nurpati menegaskan bahwa Nazaruddin sudah dipecat. Surat peringatan tertinggi juga sudah dilayangkan kepada Nazaruddin.

"Iya, betul. Sudah dikeluarkan oleh Demokrat," kata Andi Nurpati saat memenuhi panggilan di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Senin 18 Juli 2011.
Tetapi, Demokrat membantah Nazaruddin sengaja mengundurkan diri.

VIVANEWS

Minggu, 17 Juli 2011

3 PONPES BERALIRAN KERAS DIAWASI PEMKAB

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat terus melakukan pengawasan terhadap kegiatan tiga Pondok Pesantren yang menganut paham Islam garis keras.

"Kami tidak mau menyebutkan nama-nama Ponpes itu secara detail biar tidak menimbulkan gejolak, tetapi kami terus melakukan pengawasan secara khusus terhadap tiga Ponpes tersebut," tegas Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Lotim, H.M.Syarif Waliyullah kepada di Selong, Minggu (17/7/2011).

Dua di antara Ponpes tersebut lokasinya berada di wilayah kecamatan Labuhan Haji, sedangkan satu lagi berada di wilayah kecamatan Aikmel, Kabupaten Lotim.

Ia menegaskannya pihaknya melakukan pengawasan terhadap tiga Ponpes tersebut sudah cukup lama, terlebih mereka dalam menjalankan aktivitasnya bersifat tertutup dan tidak banyak diketahui oleh masyarakat.

Apalagi menurut informasi, ujarnya, di Ponpes tersebut, santrinya dididik dan diberikan pelatihan militer.

Pihaknya juga memburu tujuh orang yang dicurigai terlibat dalam jaringan yang merupakan hasil tempaan di Ponpes tersebut. Saat ini mereka sudah melarikan diri ke Pulau Sumbawa.

"Identitas ketujuh orang tersebut sudah diketahui, sehingga terus dilakukan pengejaran ke lokasi persembunyiannya," ujar H.Syarif Waliyullah seraya mengatakan banyaknya masyarakat yang mengikuti dan masuk jaringan tersebut, karena pemahaman Islamnya yang berbeda sudut pandang.

Ia menambahkan pihaknya sangat bersyukur masih banyak ulama di Lotim yang membantu memberikan pencerahan dan pemahamanan kepada masyarakat mengenai jaringan tersebut.

"Tujuannya agar bisa meredam masyarakat agar tidak terlalu jauh untuk mengikuti paham yang belum jelas," ujarnya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih mewaspadai masuknya berbagai paham, apalagi tujuannya tidak jelas dan membahayakan bagi masyarakat itu sendiri," tambah Syarif Waliyullah.

KOMPAS

HARGA BENSIN ECERAN DI PADANG CAPAI Rp. 11.000

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Kelangkaan bahan bakar minyak jenis premium terus terjadi di sejumlah daerah di Sumatera Barat. Sulitnya mendapatkan premium membuat antrian BBM di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) dijumpai di luar Kota Padang.

Pantauan VIVAnews, di sejumlah SPBU yang berada di pinggir jalan dari Padang menuju Bukittinggi terlihat antrian cukup panjang. Bahkan salah satu SPBU di Nagari Buaian, Kecamatan Kayu Tanam, dekat pasar jagung tutup karena kehabisan BBM.

Kelangkaan BBM di sejumlah titik SPBU ini justru melambungkan harga premium di tingkat pengecer. Di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman Barat, harga premium ketengan mencapai Rp11 ribu per liter. Hal ini terjadi karena sulitnya mendapatkan bensin di SPBU. "Harga bensin eceran Rp11 ribu," ujar salah satu pembeli, Roni di Padang, Minggu, 17 Juli 2011.

Sementara salah satu penjual bensin ketengan di Pasar Siteba mengaku menjual bensin per liter seharga Rp5.500, dari harga awal Rp4.500. Kenaikan ini diakuinya karena sulitnya mendapatkan bensin sejak tiga hari terakhir.

"Bensin susah di dapat, tidak bisa beli banyak di SPBU," ujar penjual minyak ketengan di Pasar Siteba, Rosmina, 66 tahun. Dalam keadaan normal, harga bensin di penjualan eceran Rp5.000 per liter.

VIVANEWS

RATUSAN ORANG TEWAS AKIBAT BADAI CINA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Sejak Juni lalu, ratusan orang di Cina dinyatakan meninggal dan hilang akibat badai besar yang terjadi di Negeri Tirai Bambu ini. Hampir setiap musim panas, wilayah Cina selalu di guncang badai besar dan meninggalkan banyak penduduk setempat yang menjadi korban.

Badai yang sering terjadi di pinggir pantai wilayah Cina ini sangat meresahkan para penduduk. Hujan besar yang terjadi pun di duga akan menyebabkan terjadinya badai kembali.

Tahun lalu, sekitar 4.300 jiwa yang kebanyakan adalah penduduk lokal tercatat menjadi korban akibat banjir besar yang terjadi. Musibah bencana longsor di Cina pun meninggalkan korban sebanyak 1.600 jiwa. Tak hanya itu, pada Juni lalu musibah retaknya jembatan pun turut menelan korban.

Menurut seorang warga, hujan yang terakhir terjadi di Provinsi Shaanxi menyebabkan banyak lumpur dari rawa Gensu yang terbawa ke tengah jalan raya dan mengakibatkan sebuah bus tergelincir dan melukai 13 orang. Badan peneliti cuaca mengimbau kewaspadaan akan terjadinya hujan besar yang memicu terjadinya badai.

LIIPUTAN6

Sabtu, 16 Juli 2011

POLRI: PESANTREN UMAR BIN KHATAB DIDUGA JARINGAN JAT

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Berdasarkan hasil penyelidikan, Mabes Polri mensinyalir Pondok Pesantren Umar Bin Khatab di Bima, Nusa Tenggara Barat, sebagai bagian dari jaringan Jamaah Asrorut Tauhid atau JAT. Demikian pernyataan Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar, di Jakarta, Sabtu (16/7).

"Patut diduga mereka ada hubungan dengan JAT. Ada hubungan tentu perlu pemeriksaan lebih lanjut lagi, sejauh apa hubungan tersebut," ujarnya.

Menurut Boy, Ponses UBK juga terkait jaringan teroris di Aceh. Pembunuhan anggota Polsek Bolo diduga kuat berasal dari ponpes tersebut. "Ini tentu memberikan gambaran bagi kami bagaimana latar belakang ponpes tersebut," tuturnya.

Sejumlah orang yang mengantarkan jenazah Firdaus, korban ledakan bom di Ponpes UBK, telah diamankan. Polisi masih menginterogasi dengan harapan menetapkan tersangka.

"Penyidik punya waktu 7X24 jam untuk membuktikan apakah yang diduga tersangka itu telah diperoleh bukti yang cukup untuk melakukan upaya paksa selanjutnya. Ini sudah berjalan empat hari ya, jadi hari hari ke depan kecuali pimpinannya kan baru kemarin," tutup Boy.

LIPUTAN6

OBAMA MENGUNDANG DALAI LAMA KE GEDUNG PUTIH

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Presiden Amerika Barack Obama telah mengundang Dalai Lama untuk bertemu dengannya hari ini di Gedung Putih.

Gedung Putih mengumumkan pertemuan itu akan dilakukan hari Sabtu pada akhir kunjungan hampir dua minggu pemimpin kerohanian Tibet itu di ibukota Amerika Serikat. Gedung Putih sebelumnya tidak menjanjikan secara terbuka akan mengadakan pertemuan. Pertemuan di Gedung Putih itu tidak akan terbuka bagi pers.

Obama terakhir bertemu dengan Dalai Lama adalah tahun 2010 di Gedung Putih, dan pertemuan itu menimbulkan kemarahan Tiongkok. Pekan ini, Tiongkok memperingatkan lagi Amerika Serikat agar jangan mengadakan pertemuan resmi dengan Dalai Lama, dengan mengatakan Tiongkok menentang pemerintah negara asing mendorong kegiatan yang bertujuan untuk memecah Tiongkok. Tiongkok menuduh Dalai Lama menganjurkan pemisahan Tibet dari Tiongkok.

Sebelumnya pekan ini, Dalai Lama mengatakan kepada VOA ia akan sangat gembira bertemu dengan Presiden Obama kalau mendapat kesempatan. Tetapi, ia mengatakan alasan utamanya berada di Amerika Serikat adalah untuk mengajarkan Buddha.

Dalai Lama berada di Washington untuk upacara Kalachakra 11 hari, pertama kalinya upacara itu diadakan di ibukota Amerika Serikat. Meditasi dan mengajar beberapa hari itu bertujuan untuk mendorong damai dalam jiwa sebagai cara untuk mengurangi konflik di seluruh dunia.

Walaupun ia dengan resmi telah pensiun dari politik sebelumnya tahun ini, pemimpin kerohanian Tibet itu juga bertemu dengan para pejabat di departemen luar negeri Amerika dan dengan para tokoh politik ketika berada di Washington. Ini adalah kunjungan pertama Dalai Lama ke Amerika Serikat sejak ia mengundurkan diri sebagai pemimpin politik pemerintah Tibet di pengasingan.

Sementara itu, pemerintah Tiongkok telah mendesak Presiden Amerika Barack Obama agar menarik kembali undangannya kepada Dalai Lama untuk bertemu dengannya di Gedung Putih hari ini.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei mengatakan dalam pernyataan hari ini bahwa Tiongkok menentang setiap pejabat asing yang bertemu dengan pemimpin kerohanian Tibet itu. Hong seterusnya mendesak Gedung Putih agar menghindarkan campur tangan dalam masalah dalam-negeri Tiongkok dan merusak hubungan Tiongkok-Amerika.

VOA

IGK MANILA SESALKAN PEMECATAN RIEDL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Mantan calon ketua umum PSSI IGK Manila mengungkapkan kepengurusan PSSI baru tidak seharusnya memecat Alfred Riedl sebagai pelatih tim nasional Indonesia.

Manila menilai, mantan pelatih timnas Vietnam tersebut memiliki rekor yang baik selama menukangi Indonesia. Riedl tidak bisa dibilang gagal. Di bawah tangan dingin Riedl, timnas senior mencatatkan tujuh kali kemenangan dalam sembilan laga.

"Pergantian organisasi tidak harus berganti pelatih. Saya kira pelatih itu baru bisa dihentikan kontraknya jika dinilai gagal, namun yang kita lihatkan selama ini tidak demikian," jelasnya.

IGK juga menyayangkan alasan pemecatan Riedl yang dinilai terlalu memaksakan. Menurutnya apabila kontrak Riedl tidak beres maka seharusnya hal tersebut dapat diurus lagi oleh PSSI, agar peluang timnas di laga Pra-Piala Dunia tetap terjaga.

"Kalau yang mengerti bola tentu tahu jika pergantian itu akan berpengaruh. Namun saya sendiri menyayangkan dengan keputusan tersebut," kata Manila.

MICOM

Jumat, 15 Juli 2011

ORMAS DILARANG "SWEEPING" SELAMA RAMADAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Polda Metro Jaya melarang organisasi massa untuk melakukan razia ke sejumlah tempat hiburan selama bulan Ramadan. Polisi sudah siap berjaga-jaga selama bulan puasa degnan mengerahkan 20.000 personel.

"Kami ada 29.000, yang akan kami turunkan dua pertiganya, yakni sekitar 20.000, untuk amankan Ramadan. Untuk elemen masyarakat yang melaksanakan razia-razia atau sweeping ini, itu tidak boleh," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar, Jumat (15/7/2011) di Markas Polda Metro Jaya.

Ia mengatakan, apabila ada organisasi massa (ormas) yang membandel, polisi tidak akan segan-segan bertindak tegas sesuai dengan perbuatan yang dilakukan. Jika memang ada tempat-tempat hiburan yang buka saat bulan puasa, Baharudin meminta agar masyarakat melaporkan kepada polisi karena wewenang razia ada di pihak kepolisian.

"Mereka (ormas) sama sekali tidak boleh melakukan razia. Razia hanya boleh dilakukan oleh petugas, aparat keamanan. Kalau ada hal-hal yang ditemukan di lapangan, mereka sebaiknya lapor ke kita, kita yang akan tindak," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi tindak nekat para ormas ini, polisi akan menurunkan patroli di tempat-tempat yang rawan dilakukan razia oleh para ormas. Selain itu, polisi akan berkomunikasi dengan ormas-ormas itu agar tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

"Intelijen ada, bina mitra ada, bahkan kalau perlu nanti pimpinan-pimpinan bertemu, itu tidak salah. Tidak boleh ada tindakan apa pun dari elemen masyarakat. Intinya mereka (ormas) tidak boleh turun," tukas Baharudin.

Sesuai Peraturan daerah No 10 Tahun 2004 tentang Kepariwisataan dan Keputusan Gubernur DKI Jakarta terdapat enam jenis usaha pariwisata yang harus tutup selama bulan Ramadan hingga satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Keenam usaha itu adalah kelab malam, diskotik, mandi uap (sauna), griya pijat (spa), permainan mesin keping jenis bola ketangkasan, serta usaha bar, baik yang berdiri sendiri maupun yang terdapat dalam kelab malam.

KOMPAS

BEYONCE DAN IBU KOMPAK 'GILA' BELANJA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Beyonce dan sang ibu, Tina Knowles memang selalu kompak, termasuk dalam hal gila belanja. Keduanya dikabarkan menghabiskan uang US $14.000 atau Rp119 juta untuk berbelanja benda fashion hanya dalam waktu satu setengah jam.

Seperti dilansir dari The Sun, ibu dan anak ini terlihat sangat menikmati waktu belanjanya saat mengunjungi London, Inggris pada Kamis kemarin. Mereka terlihat menyusuri toko-toko busana bergengsi seperti Topshop dan Selfridges.

"Mereka berbelanja seperti dalam film Pretty Woman. Semua orang yang melihat tampak terpukau karena kecepatan mereka memilih pakaian," kata salah seorang pembeli yang berada dalam toko.

Beyonce memang dikenal dengan kebiasaannya berbelanja barang mewah. Uang yang dihabiskannya pun tak tanggung-tanggung. Menurut majalah Grazia, pada 2009 lalu, ia menghabiskan uang sebesar US $32.000 atau Rp273 juta saat berbelanja di Harvey Nichols.

Suaminya, Jay-Z juga sering memanjakan Beyonce dengan barang-barang mahal. Seperti saat Natal tahun lalu, ia memberikan hadiah tas Hermes seharga US $350.000 atau Rp2,9 miliar.

VIVANEWS

NAZARUDDIN DIPECAT SEBELUM RAKORNAS DEMOKRAT

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Partai Demokrat sedang mempersiapkan pemecatan mantan bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dari partai. Anggota Dewan Kehormatan Demokrat, EE Mangindaan mengatakan, pihak Dewan Pimpinan Pusat sedang melihat bukti-bukti berbagai kasus yang melibatkan Nazaruddin.

"Sekarang DPP sedang menyusun alasan-alasan untuk bisa (Nazaruddin) dipecat dan sebagainya," kata EE Mangindaan, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 15 Juli 2011.

Mangindaan mengatakan, mudah-mudahan dalam waktu dekat, DPP sudah memutuskan nasib Nazaruddin. Apakah itu dipecat 'permanen' atau ada kebijakan lain.

"Saya belum lihat konsepnya. Tapi saya sudah dengar memang ada rencana untuk itu," kata petinggi Demokrat yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dam Reformasi Birokrasi ini.

Meski demikian, Mangindaan belum dapat memastikan kapan pemecatan Nazaruddin diputuskan. Apakah sebelum atau bertepatan dengan Rapat Koordinasi Nasional Partai Demokrat, akhir Juli mendatang. Bagi Mangindaan, dirinya menyerahkan sepenuhnya keputusan pada DPP yang dipimpin Ketua Umum Anas Urbaningrum itu.

Tetapi, Mangindaan memberikan sinyal, ada kemungkinan pemecatan dilakukan sebelum Rakornas di Sentul, Bogor, akhir bulan ini. "Sebenarnya kalau itu sudah jelas, jadi kenapa harus di Rakornas," kata mantan Gubernur Sulawesi Utara ini.

Menurut Mangindaan, hal yang menjadi pertimbangan untuk memecat Nazaruddin adalah status tersangka Nazar di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sementara saat ini pemerintah melalui aparat penegak hukum masih berupaya memburu keberadaan Nazaruddin. Belum dapat dipastikan keberadaan Nazaruddin saat ini.

Menteri Koordinatoor Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto mengatakan urusan Nazaruddin, saat ini masih mengacu pada instruksi presiden beberapa waktu lalu untuk mecari, menangkap, dan membawa pulang Nazaruddin. "Tanya ke kepolisian," kata Djoko singkat.

VIVANEWS

Kamis, 14 Juli 2011

POLISI MASIH BURU SANTRI DAN PEMIMPIN PONPES UMAR BIN KATHAB

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Polda NTB terus mengusut peristiwa ledakan pada Senin (11/7/2011) di salah satu ruangan Ponpes Umar Bin Khatab, Desa Sonolo, Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Setelah berhasil masuk ke area ponpes, Rabu (13/7/2011) hingga hari ini polisi belum menemukan pengurus ponpes.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Sukarman Husein mengatakan belum ada penghuni ponpes yang ditemukan. Saat polisi masuk ke ponpes kemarin kondisi ponpes dalam keadaan kosong. padahal usai ledakan, polisi memperkirakan ada sekitar 49 penghuni ponpes yang bertahan.

"Tentu akan kami cari. Karena mereka semua akan dimintai keterangan lebih lanjut terkait eksistensi mereka dalam ponpes dan ledakan bom itu," kata Sukarman.

Sebelumnya diberitakan bahwa para penghuni ponpes kabur ke arah pegunungan saat 200 polisi masuk ke dalam ponpes. Hingga Kamis (14/7/2011) siang, petugas masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ledakan bom.

Polisi menemukan 9 bom molotov dirakit dalam botol, 30 anak panah, satu senapan angin rakitan, sebilah pedang dan sebilah golok. Selain itu ada juga temuan rompi seragam Jihad JAT dan puluhan VCD Jihad.

TRIBUN

WAH, 1400 BAKTERI BERSARANG DI PUSAR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Dari seluruh permukaan tubuh, bakteri ternyata sudah memiliki tempat persembunyian favorit yang kerap kita abaikan. Dimana itu? Pusarlah jawabannya. Kok bisa ya? Berbahaya, kah?

Hasil mengejutkan didapat ilmuwan Universitas North Carolina State Belly Button Biodiversity, Amerika Serikat. Peneliti menemukan 662 jenis bakteri di pusar. Anehnya, bakteri-bakteri itu termasuk spesies baru.

Itu bermula saat ahli mikrobiologi meneliti pusar 95 relawan. Setelah diteliti, peneliti menemukan 80 persen dari 1.400 bakteri di pusar termasuk spesies yang cukup aman dan tidak berbahaya.

Tetapi jumlah bakteri yang terdapat di setiap pusar sukarelawan bervariasi, bergantung pada seberapa rajin mereka membersihkan pusar mereka. Contohnya saja seorang sukarelawan, New Petrus Aldhous yang membersihkan pusarnya secara teratur sehingga tidak ditemukan adanya koloni bakteri di pusarnya.

Sementara itu, peneliti Carl Zimmer malah menemukan setidaknya 53 spesies berbeda yang beberapa di antaranya memiliki berasal dari tempat yang mengejutkan. "Beberapa spesies seperti Marimonas hanya ditemukan di laut dan Georgenia hanya hidup di Jepang. Saya sangat bingung," katanya.

Tim peneliti pun meminya relawan untuk menggunakan kapas guna menyeka pusar mereka sebanyak sekitar tiga kali. Kapas itu kemudian ditempatkan di dalam botol dan supaya bakterinya tumbuh.

Setelah tumbuh cukup besar, bakteri difoto dan DNA diekstraksi untuk dibandingkan dengan bakteri yang dikenal. Tim peneliti mengungkapkan mereka ingin menyelidiki bakteri pada pusar karena setiap orang pasti memiliki satu.

"Namun, kita memang hampir tidak melihatnya dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka itu, sebaiknya kita memang tidak mengabaikannya dengan rajin membersihkan pusar," ujarnya.

METROTV

PEMANDU KARAOKE MENGAMUK DI POLDA METRO

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Tidak jelas apa keinginannya, seorang wanita muda mengamuk di Markas Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis siang, 14 Juli 2011. Wanita yang menggenakan pakaian seksi itu mengamuk dan terus saja berteriak kalau dirinya cuma jadi kambing hitam dan dijebak.

Tidak jelas siapa namanya, wanita yang mengaku bekerja sebagai pemandu karaoke itu menolak ketika tasnya diperiksa petugas jaga di pintu I Polda Metro Jaya. Saat dikejar petugas jaga, wanita itu langsung lari dan duduk di depan teras gedung utama, tempat Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal S Radjab berkantor.

Seluruh isi tasnya dibongkar dan sambil marah-marah dia berteriak. "Ayo lihat saja, tidak ada apa-apanya," kata wanita yang mengaku datang dari Bandung itu, Kamis, 14 Juli 2011.

Barang-barang berupa kosmetik, handphone, celana pendek, pakaian dalam, dan dompet berserakan di teras. Sontak, keributan yang juga terlihat dari kamera pemantau itu menarik perhatian petugas provost.

Tapi, lagi-lagi wanita itu masih saja berteriak-teriak. "Periksa aja nih tas. Gue tahu pasti barangnya dimasukin ke tas kan," ucapnya.

Petugas provost langsung menegur wanita itu. "Mbak mau ke mana? Kenapa marah-marah?," tanya provost. Tapi dia tak menjawab. Mulutnya terus saja mengumam dan meracau. Kata-kata dijebak terus saja keluar dari mulutnya.

"Gue disuruh lapor ke sini, tapi ketemu langsung sama atasannya. Gue udah tahu dari hotel tadi. Gue bukan pengedar, gue bukan pemakai juga," katanya sambil berteriak.

Sejumlah petugas provost kemudian mencoba menenangkannya dan membujuknya untuk ke kantor pos penjagaan provost. Namun, wanita itu menolak dan berontak hingga akhirnya bersembunyi di belakang tubuh sekretaris pribadi (Sespri) Kapolda Metro Jaya, Komisaris Ade Ary Syam, yang kebetulan sedang melintas.

"Ada apa ini?," tanya Ade heran.

"Ini saya mau lapor pak, tapi sama mereka ini dihalangi," jawab wanita bertubuh ramping itu. "Siapa yang halangi?" Tanya Ade. "Ini, mereka-mereka ini," jawab wanita itu sambil menunjuk sejumlah provost.

Hingga akhirnya, Ade meminta kepada Provost untuk mengantarkan wanita itu ke SPK (Sentra Pelayanan Kepolisian). Lagi-lagi dia meradang dan menolaknya. "Saya tidak percaya sama mereka (provost), maunya sama Bapak saja," pinta wanita itu sambil memegang tangan Ade yang memiliki wajah tampan.

Permintaan itu pun ditolak Ade yang saat itu memang tengah terburu-buru untuk masuk ke dalam mobilnya. "Tidak bisa, saya mau pergi," jawabnya sambil masuk ke dalam mobil.

Tak puas dengan jawaban Ade, Wanita itu kemudian mencoba mengejar Ade. Namun, petugas provost menghalanginya. Karena tetap menolak, petugas provost kemudian meminta dua orang polwan untuk mengantarnya ke SPK. Petugas polwan kemudian menggiringnya ke SPK.

Tapi, Ia mencoba melepaskan diri dari cengkraman polwan dan berlari-lari. "Gue tahu, guepasti mau dimasukkin ke penjara kan. Udah gue ga pecaya," katanya.

Namun, dengan bujukan Polwan, wanita akhirnya mau dibawa ke SPK untuk membuat laporan. Namun, saat ditanya-tanya oleh petugas SPK, wanita yang mengaku berasal dari Bandung itu kembali meracau.

Mendengar ocehan wanita tersebut, petugas SPK kemudian memberinya minum. Setelah beberapa saat dia kemudian tenang. Karena dianggap tidak bisa memberikan keterangan selayaknya orang normal, petugas kemudian menyuruhnya untuk pulang.

Namun, ia menolak untuk pulang, sehingga sejumlah provost mengantarnya keluar Mapolda Metro Jaya. "Gue tau ini pasti jebakan, udahlah gue udah tau sejak tadi di hotel," tuturnya.

VIVANEWS

Rabu, 13 Juli 2011

POLISI GELEDAH PONPES UMAR, TERDENGAR LEDAKAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Tim Detasemen Khusus 88 Anti-teror Mabes Polri menggeledah Pondok Pesantren Umar bin Khattab di Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Penggeledahan dilakukan sekitar pukul 16.30 waktu setempat.

Namun, hingga saat ini belum didapatkan keterangan resmi dari hasil penggeledahan.

Belum diketahui informasi apakah ditemukan bahan peledak. Selain itu, belum didapatkan informasi apakah ada santri yang ditahan atau jadi tersangka usai penggeledahan.

Namun, sempat terdengar ledakan. Asal ledakan diperkirakan berasal dari belakang rumah salah satu pengajar Ponpes Umar bin Khattab, Ustadz Abrori.

Belum ada konfirmasi resmi, apakah ledakan itu berasal dari bom yang meledak atau dijinakkan oleh tim penjinak bom dari Satuan Gegana Mabes Polri.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Brigadir Jenderal Arif Wachyunadi tidak menyinggung mengenai penggeledahan. Kepolisian hanya menjelaskan soal rapat dengan masyarakat untuk mengatasi kerugian.

Sedangkan, Kabid Humas Polda NTN AKBP Sukarman Husain mengatakan dari 13 orang yang diamankan, ada 5 orang yang dipulangkan. "Karena tidak terbukti bersalah," ucapnya.

Hingga saat ini, masih ada 8 orang yang diamankan kepolisian. Ini termasuk 2 santri. Mereka akan dimintai keterangan terkait ledakan bom.



VIVANEWS

MISBAHKUN KABUR?

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Rekan dekat Mukhamad Misbakhun di Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fahri Hamzah tidak mau langsung mengiyakan bahwa orang yang tertangkap kamera seorang wartawan sedang berkeliaran di Ratu Plaza, siang tadi (Rabu, 13/7), benar-benar Misbakhun.

Fahri malah balik bertanya soal vonis hukuman rekannya tersebut saat dikonfirmasi.

"Vonisnya berapa tahun? dia sudah berapa tahun dia ditahan sejak angket Century kan, tahun 2009. April kan vonis tapi dia sudah ditahan lama," ujar Fahri saat dihubungi Rakyat Merdeka Online, sesaat lalu (Rabu, 13/7).

Disinggung status Misbakhun, Fahri pun mengatakan agar menanyakan hal itu langsung kepada pengacaranya.

"Tanya lawyer-nya," kilahnya.

Kapan terakhir bertemu Misbahkun?

"Di Cipinang lupa waktunya," tutupnya.

Sebelumnya diwartawakan, Misbahkun yang sejak November 2010 divonis satu tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tertangkap kamera seorang wartawan televisi tengah berkeliaran di kawasan Ratu Plaza, sekitar pukul 14.35 WIB tadi. Dari gambar tersebut tampak Misbahkun mengenakan baju batik. Dia divonis hukuman penjara oleh PN Jakpus karena terbukti membuat palsu dalam pencairan deposito dalam penerbitan fasilitas letter of credit (L/C) Bank Century.

RMOL

RIEDL DICOPOT DARI JABATAN PELATIH TIMNAS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pelatih Alfred Riedl dicopot dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional Indonesia, terhitung mulai Kamis, 14 Juli 2011. Sebagai gantinya, PSSI menunjuk pelatih baru asal Belanda, Wim Rijsbergn.

Pencopotan Riedl diumumkan langsung oleh Ketua PSSI terpilih, Djohar Arifin Husin di kantornya, Senayan, Jakarta, Rabu, 13 Juli 2011. "Riedl (Alfred) sudah tidak melatih timnas lagi mulai besok," katanya.

Dalam waktu dekat ini, Riedl sejatinya akan memimpin Indonesia melakoni laga Pra Piala Dunia 2014 lawan Turkmenistan. Menurut anggota exco PSSI, Bob Hippy, tugas ini untuk sementara diserahkan kepada Wim Rijsbergn.

"Selama ini kontrak Riedl adalah kontrak pribadi. Ini sulit untuk dilanjutkan lagi dan kami memutuskan untuk menggantinya. Jadi bukan karena kompetensi," kata Bob Hippy.

"Untuk sementara timnas senior akan ditangani oleh Wim Rijsbergn. Pelatih ini akan mendampingi Indonesia saat berhadapan dengan Turkmenistan pada Pra Piala Dunia 2014," pungkas Bob Hippy.

VIVANEWS

Selasa, 12 Juli 2011

POLISI AMANKAN 11 SANTRI TERKAIT BOM NTB

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Bunyi ledakan menggelegar di Pondok Pesantren Khilafiyah Umar Bin Khatab, Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin 11 Juli 2011 sore. Diduga asalnya dari bom rakitan. Satu santri tewas dalam insiden itu. Tim Densus 88 yang bermaksud melakukan rekonstruksi dihalang-halangi santri.

Buntut kejadian tersebut, polisi mengamankan 11 santri. "Ini memang semua santri dipersenjatai dengan senjata tajam. Lagi diperiksa dulu yang 11 orang ini nanti baru kita bisa tahu asal mula kejadian itu dan dari mana, dan sebagainya" kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri di Mabes Polri, Selasa 12 Juli 2011.

Polisi juga telah menyita barang bukti yaitu beberapa panah dan sejumlah parang. Anton menjelaskan, para santri itu tidak ingin polisi datang ke Pondok Pesantren. "Tadi malam itu kami tidak ingin menimbulkan kerusuhan, kami usahakan untuk bernegosiasi dengan mereka agar sama-sama bisa aman. Kemudian hari ini Kapolres masih ada di Bima dan sudah diturunkan anggota kita dari Dalmas (pengendalian masyarakat) 2 pleton (1 Brimob, 1 gabungan), dibantu TNI," kata Anton.

Sampai saat ini polisi masih melakukan penyelidikan. Ada dugaan bom rakitan yang meledak ini digunakan untuk menyerang polisi. Tapi, "polisi yang ke sana pun diusir. Kita imbau kepada warga di sana, polisi adalah saudara kita juga. Jangan takut dengan polisi" kata dia.

Pondok pesantren ini sebelumnya sempat jadi sorotan publik saat salah satu santrinya, Saban Abdurrahman, menjadi tersangka dugaan pembunuhan anggota Reserse Polsek Bolo, Rokhmad. Korban tewas dengan tiga tusukan pada 30 Juni lalu. Saban mendapatkan penjagaan ketat Densus 88 saat dipindah ke Mataram.

VIVANEWS

HACKER BOBOL 53 RIBU ALAMAT EMAIL TENTARA AMERIKA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Para peretas yang tergabung dalam Anonymous mengklaim telah mencuri 90 ribu alamat surat elektronik. Dari jumlah itu, sebanyak 53 ribu di antaranya memiliki domain.mil dan dipastikan milik militer Amerika Serikat. Data email itu bisa diretas dengan cara membobol sistem komputer Booz Allen Hamilton.

Booz Allen Hamilton adalah sebuah perusahaan penyedia layanan teknologi termasuk konsultasi pengamanan cyber. Beberapa lembaga yang menggunakan layanannya adalah badan-badan militer Amerika Serikat termasuk beberapa staf pemerintah, misalnya mantan direktur Badan Keamanan Nasional, Michael McConnell.

Di sistem Booz itu pula, para peretas menghapus kode atau sandi berkapasitas 4 gigabita dan menamakan serangan itu sebagai "Military Meltdown Monday". Setelah mendapatkan alamat email tadi, mereka kemudian membuka akun tersebut dan membeberkan isinya di Internet.

"Kami menyusup melalui server pada jaringan mereka yang tidak memiliki pengamanan yang baik," tulis Anonymous dalam pernyataannya.

Anup Ghosh, pendiri perusahaan keamanan Invincea mengatakan email yang telah dicuri ini biasanya digunakan untuk mengirim spam dan surat elektronik yang berisi software berbahaya atau malware. "Para hacker berharap pemilik email membuka email dan mengunduh perangkat lunak yang ada di dalamnya," ujarnya.

Biasanya, kata Ghosh, lima sampai 20 persen penerima email berisi program jahat itu akan membuka dan mengunduhnya. Asalnya, si peretas membungkus program tadi dengan kata-kata atau tawaran yang menarik.

Chris Palmer dari Electronic Frontier Foundation mengatakan mereka yang emailnya telah dicuri itu harus mengubah password secepatnya.

Kelompok peretas Anonymous mulai dikenal publik saat menyerang beberapa perusahaan ternama, seperti Amazon, Bank of America, Mastercard dan Visa pada tahun lalu. Hacker ini sengaja menyerang perusahaan tadi karena mereka telah memblokir layanannya untuk WikiLeaks dan pendirinya, Julian Assange.

Grup hacker lainnya yang juga dikenal luas adalah Lulz Security yang baru-baru ini menyerang Sony Playstation Network, masuk ke server Senat Amerika Serikat dan meruntuhkan situs CIA.

TEMPO