Halaman

Sabtu, 30 Juni 2012

SURAT NIKAH DIPALSUKAN? DEWI MINTA IYAN TANGGUNG JAWAB

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Bagai sudah jatuh, tertimpa tangga. Inilah yang dirasakan oleh Dewi Vistiatin, mantan istri Iyan Sambiran, calon suami Nunung, komedian yang sekarang aktif di tayangan OVJ. Setelah gagal mempertahankan mahligai rumah tangganya dengan Iyan, kini ia mendapati ternyata pernikahannya kemungkinan pun dipalsukan. Bahkan Dewi sampai harus melakukan kroscek dokumen pernikahannya hingga ke Surabaya.

"Saya nikah sama Iyan dan keluarganya Iyan datang semua. Saya pendatang di Surabaya. Kami tidak menikah di KUA, tapi orang KUA datang ke rumah, ada buku nikah. Kami menikah secara sederhana. Saya sama Iyan tidak pernah mengalami ribut dengan Iyan, sampe layaknya orang ribut. Demi Allah. Iyan pun juga gitu, kita saling ngimbangi," ungkapnya kepada media menceritakan proses pernikahannya di MNC Kebon Sirih, Jumat (29/6).

Lalu apa yang diinginkan Dewi? "Mau dibawa ke ranah hukum, ini kan nipu saya dan keluarga saya. Jangan bilang saya nggak tau, itu saudara saya yang buat. Terus saudaranya bilang temennya dan lain-lain. Gue nggak mau tau, pokoknya dia yang ngawinin saya, yah tanggung jawab dong. Sekarang berarti masalah keluarga. Mama pas tau ini palsu, mama langsung nangis. Mungkin nanti pihak keluarga yang menuntut Iyan. Tolong lah jangan mentang-mentang dia sudah jadi apa-apa." ujar Dewi.

Dewi pun menambahkan jika istri-istri sebelumnya juga ditinggal oleh Iyan. "Iya, Iyan Matre. Sekarang 3 istrinya itu semuanya ditinggal. Mungkin yang 2 diam, tapi saya nggak bisa diam. Saya mau ketemu Iyan. Silahkan. Dia mulutnya kayak banci, bener."

"Iyan itu kalau tidak digoda, dia tidak akan (nggoda). Buat Mba Nunung mudah-mudahan jangan ada penyesalan, selamat bahagia. Maaf kalau aku harus kayak gini. Dan tolong buat keluarga Mba Nunung jangan asal ngomong kalau nggak tau apa-apa," ujarnya mengakhiri pembicaraannya dengan media.

KAPANLAGI

TIBA DI JAKARTA, PEP GUARDIOLA KAGET DISAMBUT FANS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Mantan pelatih Barcelona Josep Guardiola menyambangi Jakarta. Pep, sapaan Guardiola, tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, sekitar pukul 12.00, Sabtu, 30 Juni 2012.

Pelatih yang sukses mempersembahkan 14 gelar bagi Barcelona ini mengunjungi Indonesia atas undangan salah satu stasiun televisi swasta Tanah Air berkenaaan dengan Piala Eropa 2012.

Mengenakan kaus berwarna hijau, Guardiola tak mengeluarkan sepatah kata pun saat tiba di bandara. Ia hanya tersenyum beberapa kali dan terlihat kaget atas sambutan yang diberikan sekitar 50 fans Barcelona.

Sekitar 50 fans Barcelona memang sengaja hadir di bandara untuk menjemput Pep. Mengenakan seragam Barcelona dan membawa spanduk besar, mereka menyambut sang legenda Barcelona dengan nyanyian, Chant de Barca, atau lagu mars Barcelona.

Sebelum keluar dari pintu gerbang kedatangan 2E Bandara Soekarno-Hatta, Pep, sempat terlihat bingung dan mengernyitkan keningnya, hal yang sering ia lakukan saat melihat anak asuhnya bertanding.

Pep dijadwalkan akan menjadi komentator jelang laga final Piala Eropa 2012 antara Spanyol dan Italia di salah satu stasiun televisi swasta.

Setelah berhenti menjadi pelatih Barcelona, kini mantan gelandang tim nasional Spanyol ini masih belum menangani satu klub pun. Ia sempat diisukan melatih Chelsea dan Bayern Muenchen, tapi hingga kini Pep masih belum menerima pinangan dua klub raksasa tersebut.

TEMPO

SURIAH KERAHKAN 170 TANK DI DEKAT PERBATASAN SURIAH

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Seorang perwira tinggi militer Suriah yang membelot ke pasukan pemberontak Tentara Pembebasan Suriah (FSA) menyatakan, pemerintah Suriah menggerakkan tak kurang dari 170 tank ke dekat perbatasan Suriah di sebelah utara kota Aleppo.

Jenderal Mustafa al-Sheikh, yang menjabat sebagai ketua Dewan Tinggi Militer—asosiasi perwira tinggi yang membelot, mengatakan, Jumat (29/6/2012), tank-tank Suriah itu dikumpulkan di sebuah Sekolah Infanteri dekat desa Musalmieh di sebelah timur laut kota Aleppo. Sekolah tersebut terletak sekitar 30 kilometer dari perbatasan dengan Turki.

Menurut al-Sheikh, tank-tank, yang sebagian besar berasal dari Divisi Mekanis ke-17 itu diduga akan dikerahkan untuk mengimbangi gerakan militer Turki di perbatasan, atau akan dipakai untuk menyerang kota-kota pusat gerakan perlawanan terhadap rezim Bashar al-Assad.

Turki dikabarkan telah menggelar berbagai persenjataan, seperti peluncur roket dan meriam antipesawat di beberapa titik di perbatasan dengan Suriah, menyusul insiden penembakan pesawat F-4 Phantom miliknya oleh tentara Suriah, pekan lalu.

KOMPAS

Jumat, 29 Juni 2012

REAKSI FPI SOAL DUGAAN KORUPSI QUR'AN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Dugaan korupsi pengadaan Kitab Suci Al Qur'an oleh Kementerian Agama (Kemenag) memasuki babak baru. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Zulkarnaen Djabar Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar sebagai tersangka dalam kasus ini.

Penyidik KPK bergerak cepat menggeledah ruang kerja Zulkarnaen di DPR serta kediamannya di Bekasi.

Kasus ini mendapat sorotan luas dari publik apalagi yang dikorupsi adalah pengadaan kitab suci Al Qur'an.

Nah, bagaimana tanggapan Front Pembela Islam (FPI) yang selama ini mengklaim dirinya Ormas penegak syariat Islam.

Sekjen FPI, Sobri Lubis, ketika dikonfirmasi soal itu mengatakan mendukung pernyataan Menteri Agama Suryadharma Ali yang mensilakan KPK mengusut kasus ini dengan berlandaskan azas praduga tak bersalah.

"Dan jika terbukti secara hukum maka FPI mendukung proses hukum dilakukan atas siapapun," kata Sobri ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Jumat (29/6/2012).

Memang Menag sebelumnya telah menyebut KPK agar memproses hukum dugaan korupsi itu kendati dibantah pihaknya melakukan korupsi pengadaan Qur'an.

TRIBUN

BUNGKAM JERMAN, ITALIA LOLOS KE PARTAI PUNCAK PIALA EROPA 2012

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Italia di luar dugaan membungkam tim favorit Jerman 2-1 sekaligus maju ke babak final Piala Eropa 2012, dalam pertandingan semifinal di Warsawa, Polandia.

Italia di luar dugaan membungkam tim favorit Jerman 2-1 sekaligus maju ke babak final Piala Eropa 2012.

Dalam pertandingan di Stadion Nasional di Warsawa, Polandia, Kamis malam (28/6) atau Jumat dini hari WIB, Tim Panser dibuat tak berkutik, meski sempat menekan Italia di awal babak pertama.

Sebaliknya Italia menampilkan permainan yang efektif, kokoh di belakang, dan tidak memberi kesempatan para pemain Jerman menguasai lapangan tengah.

Dua gol Italia dicetak oleh Mario Balotelli masing-masing di menit ke-20 dan 36.

Satu-satunya gol Jerman dicetak oleh Mesut Oezil melalui titik penalti di injury time.

Pelatih Italia, Cesare Prandelli mengatakan timnya memang layak menang. "Saya selalu mengatakan hati-hati ketika melawan Italia. Malam ini kami menunjukkan bahwa para pemain Italia bermain luar biasa," katanya.

Ditanya tentang penampilan Balotelli, Prandelli mengatakan, "Ia bermain cemerlang, tapi ingat itu juga hasil dari kerja sama tim.
Menyakitkan

Suasana berbeda terasa di kubu Jerman. Kapten Philipp Lahm mengatakan kekalahan dari Italia ini menyakitkan.

"Sangat, sangat menyakitkan. Kami membuat kesalahan yang akhirnya kami kebobolan dua gol. Kami bekerja keras tapi gagal memanfaatkan peluang," kata Lahm.

Mantan pemain timnas Inggris, Martin Keown, yang sekarang menjadi analis sepak bola BBC mengatakan arogansi membuat Jerman harus membayar mahal.

"Bisa dikatakan mereka meremehkan Italia. Jerman bahkan tidak memberi perhatian khusus kepada pemain kunci Italia, Andrea Pirlo," kata Keown.

Bagi Jerman kekalahan ini membuat mereka tidak bisa mengalahkan Italia di turnamen besar sejauh ini.

Di babak final Piala Eropa 2012 di Kiev, Ukraina, pada hari Minggu (1/7) Italia akan menghadapi juara bertahan Spanyol, yang sebelumnya menyingkirkan Portugal 4-2 melalui adu penalti.

VIVANEWS

ISRAEL GELAR KONTES KORBAN HOLOKOS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Para korban selamat holokos mengikuti kontes kecantikan di Israel untuk pertama kalinya dalam sejarah di tengah kontroversi.

Kontes kecantikan yang diadakan di kota Haifa tersebut diikuti oleh sekitar 14 finalis perempuan yang berusia antara 74 hingga 97 tahun. Jumlah tersebut disaring dari ratusan orang yang mendaftarkan diri.
 

Mereka adalah korban selamat dari kekejaman pembantaian dalam perang Dunia II. Pada Kamis malam waktu setempat (28/06), mereka beraksi di atas panggung untuk memperebutkan penghargaan pertama di Israel "Miss Holocaust Survivor."

Mereka juga menceritakan penderitaan masing-masing atas tindakan Nazi dalam Perang Dunia II.

Mereka tampak menikmati acara yang dihadiri sekitar 600 orang tersebut, antara lain dua menteri kabinet Israel Moshe Kahlon dan Yossi Peled.

Panel juri terdiri dari empat orang, tiga mantan ratu kecantikan dan seorang ahli jiwa yang khusus menangangi korban holokos.

David Parsons


Mereka menetapkan Hava Hershkovitz, 79, sebagai pemenang. Dia melarikan diri dari negaranya Rumania pada 1941 dan dikirim ke kamp tahanan di Uni Soviet selama tiga tahun.

Hava Hershkovitz mengaku tidak mudah mengikuti kontes kecantikan di usianya yang sudah senja.

"Tetapi kami semua melakukan hal ini untuk menunjukkan bahwa kita masih hidup," tuturnya.

Panitia penyelenggara mengatakan kontes kecantikan ini merupakan perayaan akan kehidupan. Kontes kecantikan diadakan oleh badan amal Yad Ezer L'Haver yang membantu para korban selamat dari program pembantaian terhadap orang Yahudi.

David Parsons, Direktur Media International Christian Embassy, Jerusalem, menyampaikan penghargaan kepada panitia yang memberikan kesempatan kepada para perempuan tua untuk kembali menampilkan sisi masa muda mereka.

"Kesempatan mereka untuk mengikuti pramuka atau acara perpisahan sekolah dan acara-acara seperti ini dirampas. Jadi kalau para perempuan itu ingin menangkap kembali sesuatu dari masa mudanya, sesuatu yang tidak mereka alami karena kekejaman Nazi, maka saya mendukung penuh," kata Parsons seperti dikutip kantor berita AP.

Namun sebagian kalangan menentang kontes kecantikan para korban selamat holokos. Seorang penulis blog Israel menyebut kontes kecantikan 'bertujuan baik tetapi pada akhirnya salah jalan'.

"Para korban selamat holokos harus lebih tinggi dari sekedar acara seperti ini," kata blogger Israel itu.

Sekitar enam juta orang Yahudi dibunuh oleh tentara Nazi pada Perang Dunia II. Hampir 200.000 korban selamat holokos sekarang tinggal di Israel.

BBC

Kamis, 28 Juni 2012

FAKTA MENARIK JERMAN VS ITALIA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Meski lebih diunggulkan saat menghadapi Italia di semifinal Kejuaraan Eropa 2012, Jerman ternyata punya rekor buruk menghadapi Gli Azzurri. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik jelang pertemuan kedua tim di Stadion Nasional Warsawa, Kamis 28 Juni 2012 waktu setempat (Jumat dini hari WIB.

Italia

Italia sudah bertemu dengan Jerman 30 kali sepanjang sejarah. Italia unggul dengan 14 kemenangan, sembilan kalah dan tujuh kali imbang.

Italia tidak pernah kalah dari Jerman dalam tujuh pertandingan kompetitif di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa. Gli Azzurri meraih tiga kemenangan dan empat kali imbang, termasuk dua di laga Kejuaraan Eropa 1988 (1-1) dan 1996 (0-0).

Dari lima pertemuan terakhir melawan Jerman, Italia tidak pernah kalah: Tiga kali menang dan dua imbang. Terakhir kedua tim bertemu pada laga persahabatan di Signal-Iduna Park Dortmund yang berakhir imbang 1-1, 9 Februari 2011.

Dari sepuluh semifinal di turnamen bergengsi, Italia hanya gagal ke final sebanyak dua kali: Kalah 0-2 dari Uni Soviet pada Kejuaran Eropa 1988 dan kalah adu penalti dari Argentina di Piala Dunia 1990.

Italia baru mencetak empat gol di Kejuaraan Eropa 2012. Sejak Kejuaraan Eropa 1996, tidak ada tim yang mampu melangkah ke semifinal dengan hanya mengoleksi empat gol.

Enam dari tujuh gol terakhir Italia di Kejuaraan Eropa tercipta melalui bola mati. Sedangkan 11 dari 12 gol terakhir Jerman berasal dari permainan terbuka.

Italia hanya mampu meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir di waktu normal. Kemenangan 2-0 atas Republik Irlandia di babak grup, mengakhiri rekor enam pertandingan tanpa kemenangan beruntun Italia di turnamen bergengsi.

Italy tidak pernah mampu mencetak gol di babak tambahan dari tujuh pertandingan Kejuaraan Eropa.

Gelandang Italia Andrea Pirlo melakukan 146 umpan saat melawan Inggris dan menyelesaikan 117 kali, termasuk di babak tambahan. Terbanyak di Kejuaraan Eropa 2012.

Bek Christian Maggio akan absen melawan Jerman karena akumulasi kartu kuning.

Jerman

Jerman telah tampil di 17 semifinal kejuaraan bergengsi, lolos ke final 11 di antaranya. Dari enam semifinal di Kejuaraan Eropa, Jerman menang lima di antaranya, namun tidak pernah bertemu dengan Italia.

Jerman menjadi satu-satunya tim di Kejuaraan Eropa 2012 yang selalu meraih kemenangan di empat laga. Der Panzer kini telah memenangi 15 laga kompetitif terakhir, rekor sepanjang sejarah Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB)

Dari 20 pertandingan terakhir mereka, Jerman selalu mencetak gol dengan torehan 51 gol.

Tiga gol yang dicetak Miroslav Klose di Kejuaraan Eropa tercipta melalui sundulan. Sedangkan 17 gol dari semua gol Klose di turnamen bergengsi, sepuluh di antaranya tercipta lewat sundulan.

Semifinal melawan Italia akan menjadi pertandingan ke-84 bagi pelatih Joachim Loew bersama Jerman. Loew memiliki rekor 52 kemenangan dan 12 kali kalah. Loew hanya kalah dari Berti Vogts (102 pertandingan), Helmut Schon (139 pertandingan) dan Sepp Herberger (167 pertandingan).

VIVANEWS

BANJIR BANGLADESH, 250 RIBU TERDAMPAS, DAN 100 ORANG TEWAS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Hujan lebat selama lima hari di Bangladesh mengakibatkan 250 ribu orang hanyut dan 100 orang diduga tewas. Hujan tersebut mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah daerah di Bangladesh.

"Setidaknya 100 orang tewas dan 250 ribu orang terdampar akibat banjir bandang dan tanah longsor di Bangladesh yang dipicu oleh hujan paling lebat tahun ini," kata polisi dan pejabat setempat, seperti dilansir Reuters.

Pemerintah setempat mencatat 23 orang tewas di kota pelabuhan Chittagong, 36 orang tewas di Bandarban, dan 38 orang tewas di distrik pantai Coz Bazar, Bangladesh. Selain itu 150 ribu orang terdampar di tenggara Bangladesh, 50 ribu orang terdampar di Sylhet, dan 50 ribu orang lainnya terdampar di utara Gaibandha dan Kurigram, Bangladesh.

"Beberapa korban dikhawatirkan terperangkap di rumah-rumah, terkubur di bawah timbunan lumpur. Operasi penyelamatan terus dilaksanakan," kata Wakil Komisaris Chittagong, Faiz Ahmed, seperti dikutip Reuters.

Stasiun televisi setempat menunjukkan gambaran penduduk desa yang berjalan melalui banjir setinggi pinggang, menandakan surutnya air setalh hujan berhenti. Para penduduk tersebut memanfaatkan surutnya air untuk menuju posko bantuan dan menyelamatkan ternak mereka.

"Dalam banjir bandang, air surut segera setelah hujan berhenti, jadi kami tidak mengantisipasi kerusakan besar pada padi dan tanaman lain," kata seorang pejabat setempat.

Pihak berwenang setempat telah mulai mendistribusikan makanan, air minum, dan obat-obatan untuk para korban. "Pemerintah telah mengalokasikan sekitar 750 ton beras dan USD 80.500 untuk masyarakat yang terkena dampak," kata pejabat penanggulangan bencana setempat, Atiqur Rahman.

STARBERITA

LOLOS KE FINAL LAGI, SPANYOL SAMAI REKOR JERMAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Kelolosan Spanyol ke final Piala Eropa 2012 membuat mereka lolos ke partai puncak di tiga turnamen besar terakhir. Catatan ini sama persis dengan milik Jerman beberapa dekade silam.

Spanyol lolos ke final usai mengalahkan Portugal di Donbass Arena, Donetsk, Kamis (28/6/2012) dinihari WIB. Setelah selama 120 menit laga tak menghasilkan gol, La Furia Roja akhirnya mengalahkan lawannya lewat adu penalti dengan skor 4-2.

Berikut review pertandingan tersebut seperti dilansir Infostrada Live:

- Spanyol mencapai final ketiganya secara berturut-turut di Piala Eropa dan Piala Dunia. Sebelumnya, mereka juga lolos ke final Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, di mana mereka akhirnya tampil sebagai juara.

- Iker Casillas adalah kiper pertama yang tiga kali memenangi adu penalti di Piala Eropa dan Piala Dunia.

- Casillas gagal meraih kemenangan ke-100-nya dalam pertandingan internasional. Pasalnya, pertandingan yang tetap berakhir seri hingga 120 menit akan dicatat sebagai sebuah hasil imbang.

- Rekor sempurna Portugal dalam adu penalti kini berakhir. Mereka memenangi dua adu penalti sebelumnya, yakni melawan Inggris di Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006.

- Spanyol menyamai rekor Jerman sebagai tim yang bisa lolos ke tiga final secara beruntun di ajang Piala Eropa dan Piala Dunia. Jerman, saat masih bernama Jerman Barat, melakukannya di Piala Eropa 1972, Piala Dunia 1974, dan Piala Eropa 1976.

- Spanyol tak kebobolan di sembilan pertandingan terakhirnya di babak knockout Piala Eropa atau Piala Dunia. Terakhir kali mereka kebobolan adalah saat melawan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2006.

- Spanyol tak kebobolan di empat pertandingan Piala Eropa secara berturut-turut, menyamai rekor Italia (1968-1980).

- Cristiano Ronaldo menyamai Luis Figo dan Nuno Gomes atas pertandingan ke-14-nya di ajang Piala Eropa. Ini yang terbanyak dicapai oleh pemain Portugal.

- Ronaldo membukukan penampilan ke-95 bersama timnas. Rekornya tidak pernah mencetak gol di tiga laga secara berturut-turut belum bisa dia patahkan.

DETIK

Rabu, 27 Juni 2012

ANAS DICECAR KPK SOAL JEROAN DEMOKRAT

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Anas Urbaningrum diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama 7 jam lebih terkait proyek sport center Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Dia mengaku ditanya penyelidik soal struktur kepartaian di Demokrat.

"Pemeriksaan agak lama, karena yang ditanya soal struktur kepartaian di Demokrat," ujar Anas yang melayani pertanyaan wartawan sembari duduk di tangga gedung KPK, sekitar pukul 17.35 Wib, Rabu (27/6).


Struktur kepartaian itu menurut Anas meliputi Dewan Pembina, DPP yang di dalamnya ada Ketua Umum, Sekjen, Bendahara, Bidang-bidang Departemen dan struktur lainnya.


"Kedua bagaimana struktur fraksi. Bagaimana fraksi bekerja, mekanismenya dan tata laksana kerja fraksi. Apa tugas ketua umum, sekjen, pengurus-pengurus yang lain. Dan juga ditanyakan apa fungsi ketua fraksi," beber suami Attya Laila itu.


Anas juga mengaku ditanyai soal tugas dirinya ketika memimpin fraksi dan apa tugasnya saat menjadi anggota komisi X DPR RI. "Dana saya jelaskan soal pengelolaan keuangan partai atau manajemen partai secara keseluruhan," tuturnya.


Bahkan Anas juga menjelaskan bagaimana pengelolaan keuangan partai, masukan keuangan partai, sampai pada pertanggungjawaban dan audit keuangan serta kewajiban partai kepada KPU.


Dalam menjelaskan semua itu, Anas terlihat santai dan tanpa beban. Dalam memberikan keterangan kepada wartawan, Anas juga didampingi sejumlah pengurus partai Demokrat yang sejak pagi sudah ada di gedung KPK.


JPNN

HADAPI SPANYOL, PORTUGAL JANJI TAMPIL MATI-MATIAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Portugal menjadi salah satu kontestan di babak semifinal Euro 2012 yang belum pernah mencicipi gelar juara. Lawan Portugal di semifinal, Spanyol, sudah dua kali merasakannya. Sedangkan Jerman menjadi "raja" karena sudah tiga kali menjadi jawara Eropa. Adapun Italia sudah mencicipinya sekali.

Portugal bukan tidak pernah mencapai babak ini, tetapi prestasinya memang bisa terbilang selalu nyaris. Ketika bermain di negerinya sendiri pada 2004 silam, A Seleccao sudah mencapai partai puncak, tapi mereka dikalahkan tim kejutan, Yunani. Empat tahun sebelumnya mereka juga sampai ke semifinal, tapi mereka dijegal oleh Prancis yang akhirnya menjadi juara.

Kini kesempatan berada di empat besar tak mau disia-siakan oleh anak asuh Paulo Bento. “Saya tidak memiliki kemampuan untuk menebak apakah itu akan menjadi tahun Portugal atau tidak, tapi kami akan bertarung sampai mati untuk menjadikan ini tahunnya Portugal,” kata gelandang Portugal, Custodio.

Lawan mereka di semifinal, Spanyol, bukan tim sembarangan. Meskipun tidak tampil seimpresif seperti tahun-tahun sebelumnya, La Furia Roja melaju sampai ke empat besar tanpa terkalahkan. Belum lagi faktanya bahwa mereka merupakan juara bertahan.

Pertemuan terakhir keduanya di turnamen terjadi di babak 16 besar Piala Dunia 2010. Kala itu Portugal takluk 0-1 dari Spanyol yang akhirnya menjadi juara dunia. Meskipun demikian Portugal bisa optimistis lantaran mereka pernah mengalahkan Spanyol dengan skor telak 4-0 di laga persahabatan.

Kepercayaan diri Portugal bakal makin bertambah dengan ketajaman Cristiano Ronaldo yang mulai muncul dalam dua laga terakhir. Ditambah CR7 bakal bisa mengenali gaya permainan tim asuhan Vicente Del Bosque karena dia bermain di Liga Spanyol bersama Real Madrid. “Kami akan mencoba untuk memainkan permainan agresif kami, apa yang kami miliki di lini depan,” ujar Custodio.

TEMPO

ANGKATAN UDARA AS DIGUNCANG SKANDAL SEKS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Ada suasana lain dalam penerimaan siswa baru di pangkalan Angkatan Udara Lackland di San Antonio, Texas Amerika Serikat. Hari itu, 600 orang calon penerbangan berkumpul di sebuah ruangan untuk mendengarkan Kolonel Glenn Palmer menyampaikan kata sambutannya.

“Kalau kalian mengalami pelecehan seksual, laporkan! Tugas saya adalah memberikan perlindungan kepada kalian dan menjamin lingkungan pelatihan yang efektif,” kata Palmer sebagaimana diberitakan Huffington Post, Senin (25/6/2012).

Buka tanpa alasan, Palmer menyatakan hal itu di depan siswa baru. Sebab, sebelumnya pangkalan Angkatan Udara terbesar di AS itu diguncang skandal seks. Banyak kasus yang terjadi. Misalnya, instruktur berhubungan seks dengan siswanya dan bahkan ada pula yang diperkosa.

Belum lama ini, sebanyak empat orang diajukan ke pengadilan karena terlibat skandal seks. Salah satu yang didakwa serius adalah seorang sersan staf AU yang akan menghadapi mahkamah militer Juli mendatang. Tuduhannya, melakukan pemerkosaan dan kekerasan seksual secara berulang. Sedangkan tiga orang lainnya, diajukan dengan dakwaan ringan menyangkut perilaku seksual hingga hubungan seks.

Kini, seorang jenderal bintang dua diterjunkan ke pangkalan itu untuk menginvestigasi tindakan kriminal lainnya. Diduga, bakal banyak orang yang terseret. “Ini benar-benar skandal besar yang dihadapi Angkatan Udara,” ujar Greg Jacob, mantan perwira infanteri Marinir dan direktur kebijakan Service Women's Action Network.

INILAH

Selasa, 26 Juni 2012

MIKROSATELIT AMPUH PREDIKSI GEMPA 4 HARI SEBELUM TERJADI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Munculnya bencana geologis seperti gempa, tsunami, dan gunung meletus memang tak bisa diperkirakan dengan pasti. Namun, ilmuwan terus berupaya agar bencana tersebut bisa diprediksi seakurat mungkin guna mencegah jatuhnya korban.

Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, ilmuwan Indonesia yang berkarya di Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory (JMRSL), Center for Environmental Remote Sensing, Chiba University, Jepang, mengembangkan dua mikrosatelit bernama GAIA-I dan GAIA-II.

"Kedua mikrosatelit ini saya rancang untuk monitoring pergerakan kerak bumi di bawah program Center of Excellent Chiba University," ungkap Josaphat dalam e-mail beberapa waktu lalu.

GAIA-I akan mendukung pengamatan dengan cakupan luas, dengan resolusi ratusan bahkan ribuan kilometer. Sementara itu, GAIA-II akan mendukung pengamatan dengan cakupan terbatas, dengan resolusi 30-50 meter.

Informasi TEC untuk prediksi gempa

GAIA-I dilengkapi beberapa perangkat, salah satunya GPS-RO. Perangkat ini berguna mengetahui total electron contents (TEC) di sepanjang posisi gelombang mikro dari satelit navigasi lain, seperti GPS dan Glonnas.

"Informasi TEC ini akan digunakan untuk memprediksi terjadinya gempa bumi berkekuatan lebih dari M5 selama 3 atau 4 hari sebelum terjadinya gempa," papar Josaphat yang juga baru saja sukses mengembangkan pesawat tanpa awak terbesar di Asia.

Josaphat mengatakan, dalam 3-4 hari sebelum gempa besar, terjadi pergeseran kerak bumi yang memancarkan gelombang ULF dan radiasi radon. Pancaran tersebut memengaruhi aktivitas elektron di ionosfer, baik berupa pelepasan elektron maupun kenaikan suhu ionosfer.

Pada gilirannya, aktivitas elektron akan memengaruhi gelombang mikro yang dipancarkan satelit navigasi, seperti GPS, Galileo, dan Quasi Zenith Satellite. Gelombang inilah yang akan ditangkap oleh GAIA-I.

"GAIA-I akan mengestimasi letak satelit pengirim sehingga informasi refraksi hantaran gelombang dapat diturunkan. Informasi refraksi gelombang dapat dihubungkan langsung dengan aktivitas kerak bumi sehingga kita bisa prediksikan gempa," urai Josaphat.

Setelah GAIA-I memprediksi gempa dalam skala luas, GAIA-II akan membantu mengetahui lebih spesifik di mana gempa akan terjadi. Dengan demikian, upaya mengungsikan warga demi meminimalkan jatuhnya korban bisa dilakukan.

Untuk mendukung prediksi gempa dengan lebih akurat, Josaphat pun mengembangkan teknik pengolahan data sensor Differential SAR Interferometry (DInSAR). Teknik ini memiliki akurasi dalam skala milimeter hingga sentimeter.

Jawaban masalah prediksi gempa bumi

Saat ini, pengamatan aktivitas tektonik hanya mengandalkan perangkat GPS. Akibatnya, fenomena-fenomena inonosfer hanya dapat diamati di wilayah tepat di atas kontinental. Prediksi gempa pun hanya meliputi gempa daratan.

"GAIA-I mengelilingi bumi dan dapat menangkap gelombang ULF dan radiasi radon yang dipancarkan di lautan lepas. Dengan demikian, pengamatan pergerakan lapisan kerak bumi di laut lepas pun dapat dilakukan," papar Josaphat.

GAIA-I juga bisa berfungsi sebagai altimeter untuk mengukur ketinggian permukaan laut dan kecepatan gerak gelombang laut. Dengan demikian, GAIA-I juga bisa mengamati kejadian tsunami.

Josaphat menuturkan, "GAIA-I merupakan jawaban atas permasalahan selama ini untuk memprediksi gempa bumi dan aktivitas tektonik lapisan bumi." Baik gempa daratan maupun lautan, termasuk tsunami, bisa diprediksikan."

KOMPAS

STATISTIK SPANYOL VS PORTUGAL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Duel semifinal pertama Piala Eropa 2012, Kamis (28/6) dini hari WIB, akan mempertemukan juara bertahan Spanyol dengan Portugal di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina.

La Furia Roja belum terkalahkan dalam empat penampilannya dari fase penyisihan Grup C hingga perempat final. Mereka hanya sekali ditahan imbang Italia. Adapun Seleccao das Quinas menderita sekali kekalahan ketika menghadapi Jerman di partai pembuka penyisihan Grup B.


Berikut ini merupakan statistik pertemuan antara Spanyol dan Portugal. Tim 'Matador' lebih unggul dengan memenangi 16 laga, adapun sang rival hanya memenangi enam pertandingan.


Namun, Portugal punya keuntungan psikologis karena memenangi partai persahabatan terakhir atas Spanyol dengan skor mengejutkan 4-0 di Lisbon, November 2010, hanya beberapa bulan setelah Spanyol menjadi juara dunia.


Pertandingan semifinal ini merupakan kali keempat kedua tim bertemu pada turnamen utama. Pada Piala Eropa 1984, Spanyol dan Portugal bermain imbang 1-1.


Pada Piala Eropa 2004, Seleccao menekuk La Furia Roja 1-0. Namun, pada perdelapan final Piala Dunia 2010, giliran Spanyol memaksa Portugal angkat koper setelah menang 1-0.


Portugal pernah mencapai tiga kali semifinal pada Piala Eropa setelah kalah 1-2 dari Prancis pada perempat final Piala Eropa 2000.


Portugal berhasil lolos ke final Piala Eropa 2004 yang berlangsung di negerinya dengan mengalahkan Belanda 2-1. Namun, pada pertandingan final melawan Yunani, mereka gagal. Dan pada Piala Eropa 2008, Portugal angkat koper setelah menyerah 2-3 atas Jerman.


Saat ini, striker Portugal Cristiano Ronaldo telah mencetak enam gol di putaran final Piala Eropa, tiga di antaranya dicetak pada dua pertandingan Portugal di Piala Eropa 2012.


Saat ini, rekor golnya sama dengan Nuno Gomes, mantan pemain Portugal. Jika mampu mencetak gol pada laga semifinal melawan Spanyol, bintang Real Madrid itu akan menjadi pemain Portugal dengan gol terbanyak.


Setelah mengalahkan Prancis, Spanyol menambah rekor tak terkalahkan mereka pada laga kompetitif internasional menjadi 18 pertandingan. Spanyol pun tak pernah kebobolan pada tiga pertandingan terakhir mereka dan hanya kebobolan delapan gol dari 18 pertandingan.


Pada laga kompetitif internasional terakhir mereka, tim 'Matador' memiliki sembilan pencetak gol yang berbeda, yakni David Villa, Xavi, Alvaro Negredo, Juan Mata, David Silva, Cesc Fabregas, Fernando Torres, Jesus Navas, dan Xabi Alonso.


MICOM

DUKUNGAN PEMBANGUNAN GEDUNG BARU KPK ADALAH HAL WAJAR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Psikolog Sosial Universitas Airlangga, Ahmad Chusairi, dukungan bagi KPK agar memiliki gedung baru bukan suatu hal yang mengherankan. Meski yakin akan mendapat dukungan dari masyarakat, dirinya agak kurang yakin apakah dana yang digalang masyarakat akan cukup untuk membangun gedung baru.

Seperti diketahui, keinginan KPK bisa membangun gedung baru masih terkendala anggaran, sampai sekarang. "Saya kira, langkah yang diambil KPK akan didukung oleh masyarakat mengingat apresiasi terhadap kinerja KPK sudah tinggi. Namun, tidak semua masyarakat mampu membantu KPK untuk mengumpulkan uang membangun sebuah gedung baru mengingat biayanya pasti besar," katanya, Selasa (26/6).

Diakuinya dirinya tidak memungkiri jika suatu saat ada masyarakat yang mampu secara ekonomi akan memberikan bantuannya kepada KPK untuk membangun gedung baru. Namun dampaknya, ada pertaruhan besar di dalam tubuh KPK lantaran mereka membangun gedung baru atas bantuan masyarakat.

"Kalau sampai itu terjadi, maka sebuah harga mahal yang harus dikeluarkan KPK jika citranya selama ini hanya ditukarkan dengan sebuah gedung baru," tegasnya.

Ditambahkan, alasan DPR yang masih menunda permintaan anggaran tersebut, seperti mekanisme DPR dalam memutuskan penganggaran atau anggaran tersebut terlalu tinggi atau tidak, seharusnya segera dikritisi KPK. Pasalnya, jika KPK memaksakan membuat gedung baru dengan meminta dana dari masyarakat, dianggap bukan hal yang tepat.

"KPK merupakan lembaga negara, jadi sebaiknya menggunakan APBN. Kalau galang dana kurang tepat," lanjutnya.

Fenomena pengumpulan koin untuk KPK, diakui Chusairi, juga sulit terjadi. Pasalnya, masyarakat biasanya mengumpulkan koin itu untuk per orang bukan lembaga. "Saya kira sulit untuk kumpulkan koin untuk KPK, tapi yang jelas mungkin rakyat mendukung apa yang diambil oleh KPK," tandasnya.

SUARAMERDEKA

Senin, 25 Juni 2012

MERASA DIKHIANATI SAMMY, NATA BUKA SUARA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Nata Naritha, perempuan yang mengaku kekasih mantan vokalis Kerispatih, Sammy Simorangkir, tak menampik bila dirinya telah hidup serumah tanpa ikatan pernikahan selama tiga tahun dengan pelantun "Kesedihanku" itu. Untuk menguatkan pengakuannya itu, Nata bahkan tak malu-malu memperlihatkan foto-foto mesranya sebagai bukti.

"Kami bertemu tahun 2009. Bahkan ketika dia direhab, saya menunggunya. Berharap cinta kami terjalin kembali. Tapi, beberapa hari lalu dia (Sammy) berjalan bersama perempuan lain di Kemang (Jakarta Selatan), dan seolah-olah tidak mengenali diri saya. Saya hanya minta tanggung jawab, jangan habis manis sepah dibuang," beber Nata kepada wartawan di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (21/6/2012).

Merasa sakit hati, Nata pun memilih ngember ke media. Tanpa malu-malu, Nata mengaku mempunyai sejumlah foto mesra layaknya sepasang suami istri. "Kami tinggal satu atap, satu tempat tidur, selebihnya enggak bisa dijelaskan lagi," terang perempuan berkulit kuning langsat itu dengan enteng.

"Jadi kumpul kebo, dong?" pancing wartawan. "Ya silakan saja nilai sendiri," jawabnya.

Selepas menyampaikan pengakuannya, Nata pun memperlihatkan sejumlah foto mesranya. Salah satunya, duduk dipeluk Sammy. "Sebenarnya ada yang lain, tapi lagi buka-bukaan," katanya.

KOMPAS

ITALIA LOLOS KE SEMIFINAL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Kiev: Dramatis. Laga perempat final Piala Eropa 2012 antara Inggris kontra Italia di Olympic Stadium, Kiev, Ukraina, Senin (25/6) dini hari, berakhir dengan adu penalti. Italia menang tipis 4-2.

Mario Balotelli menjadi pembuka drama. Tendangannya berhasil mengoyak sisi kiri jala Joe Hart.1-0 untuk Italia. Kapten Inggris Steven Gerrard menyamakan kedudukan lewat tendangan keras ke sudut jauh gawang. Ricardo Montelivo gagal menambah angka di kesempatan kedua, saat tendangannya melebar tipis.


Wayne Rooney membayar kepercayaan sebagai eksekutor kedua, dengan melesakkan bola melewati Gianluigi Buffon. Walau tertinggal dari segi advantage, Andrea Pirlo tetap tampil percaya diri. Ia menipu Hart dengan "mendorong" pelan bola ke tengah gawang, sementara sang kiper ke arah kiri. Skor sementara 2-2.


Ashley Young gagal mencetak gol karena tendangannya membentur mistar gawang. Momen ini dimanfaatkan Antonio Nocerino dengan tendangan terarah ke pojok kiri. 3-2 untuk Italia.


Malapetaka terjadi. Ashley Cole, salah satu pemain andalan Inggris, kecewa berat setelah tendangannya berhasil ditangkap Buffon. Alessandro Diamanti pun akhirnya memastikan kemenangan Italia dengan skor 4-2. Italia akan bertemu Jerman di babak semifinal.


METROTV

DUGAAN KORUPSI ALQURAN MENCAPAI 56,4 MILIAR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Dugaan korupsi proyek pengadaan Alquran di Kementerian Agama ternyata tak cuma terjadi di 2011. Tahun ini pun rasuah merebak, bahkan angkanya lebih mencengangkan ketimbang tahun kemarin.

Tahun kemarin, berdasarkan penelusuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), korupsi di Kemenag merugikan negara Rp5 miliar. Celakanya, bukannya hilang, tahun ini nilai korupsi di Kemenag--seperti dirilis Indonesia Budget Center--bisa dibilang gila-gilaan: Rp56,4 miliar.


Tak cuma KPK, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pun kini dibuat sibuk. BPK didesak mengaudit anggaran proyek di Kemenag. Hasil audit BPK nantinya dijadikan data pembanding terhadap temuan KPK. Celah korupsi dinilai terbuka lebar, sebab tidak ada transparansi dan penunjukan langsung tender.


METROTV

Sabtu, 23 Juni 2012

PERANCIS SIAP BIKIN SPANYOL FRUSTASI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pelatih Perancis, Laurent Blanc, mengisyaratkan akan bermain lebih bertahan pada babak perempat final lawan Perancis di Donbass-Arena, Donetsk, Ukraina, Sabtu atau Minggu (24/6/2012) dini hari WIB. Menurutnya, itu salah satu cara untuk menaklukkan "La Furia Roja".

"Kami tahu Spanyol telah mendominasi sepak bola dalam empat tahun terakhir. Tapi, ada petunjuk bahwa beberapa tim bisa membuat masalah buat mereka. Jika Anda bertahan saat melawan Spanyol, tetap kompak, tetap ngotot dalam 20 sampai 30 menit pertama, maka Anda punya peluang mengalahkan Spanyol," kata Blanc.

"Pertama-tama, Anda harus memiliki kriteria-kriteria seperti itu. kalau tidak, Anda akan dihukum Spanyol," tegasnya.

Menurutnya, dengan cara itu, ia berharap Spanyol akan frustrasi. Di saat seperti itu, mudah bagi lawan untuk membongkar pertahanan mereka. Meladeni Spanyol dengan berjuang mendominasi permainan justru akan menyulitkan diri sendiri.

"Saya akan mencoba beradaptasi sesedikit mungkin dengan gaya permainan lawan dan mengandalkan kekuatan permainan kami sendiri. Tapi, kami melawan Spanyol yang memiliki gaya permainan sangat spesifik," kata Blanc.

"Anda akan dipaksa harus beradaptasi. Masalahnya, Spanyol akan menguasai bola sebanyak 65 sampai 70 persen dan tak akan memberi kesempatan lawan mengembangkan permainan," tuntasnya.

KOMPAS

ACEH DIGUNCANG GEMPA 6,6 SR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Sabtu (23/6) sekitar pukul 11.34 WIB, gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang Aceh. Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada 24 kilometer Barat Laut Kota Subulussalam, Nangroe Aceh Darussalam. Tak ada peringatan tsunami dirilis menyertai gempa ini.

Getaran gempa terasa di pusat Kota Banda Aceh, meski tak begitu kuat. Ada dua kali getaran, dengan durasi pendek, masing-masing dua detik.

Warga yang merasakan lantai yang dipijak bergetar, atau kursi yang diduduki bergoyang berlarian ke luar rumah. Namun, tak terlihat ada kepanikan berlebihan di kalangan warga.

Paska bencana dahsyat pada 2004 lalu, Aceh kerap diguncang gempa. Belum diketahui kondisi gempa di wilayah Aceh yang lain. Juga, apakah ada korban dalam peristiwa ini.

Sebelumnya, pada Selasa 5 Juni 2012 petang, lindu 5.8 Skala Richter juga menguncang wilayah Aceh. Meski tak seberapa besar, goyangan gempa itu terasa cukup kuat. Beberapa warga Banda Aceh yang berada di bangunan tinggi turun karena khawatir terjadi gempa susulan berkekuatan lebih besar.

SUARAMERDEKA

JERMAN SIAP HADAPI TIM MANA PUN DI SEMIFINAL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Timnas Jerman melaju ke babak semifinal Piala Eropa 2012 setelah menang 4-2 atas Yunani. Mesut Oezil menyatakan Der Panzer siap meladeni tim mana pun yang menjadi pemenang laga Inggris versus Italia.

Jerman lolos ke semifinal setelah mengalahkan Yunani 4-2 di babak perempatfinal, Sabtu (23/6/2012) dinihari WIB. Philipp Lahm, Sami Khedira, Miroslav Klose, dan Marco Reus masing-masing menyumbangkan sebiji gol.

Berkat hasil kemenangan ini, Die Mannschaft tinggal menunggu calon lawan yang akan dihadapi di babak empat besar. Tim yang akan mereka hadapi adalah Inggris atau Italia.

"Bagi kami tidaklah masalah apakah tim itu Inggris atau Italia," sebut Oezil seperti dikutip dari The Sun.

"Kami ingin melaju ke babak final dan kami akan melakukan apapun supaya kami bisa mencapainya," tegas pemain Real Madrid itu.

DETIK

Kamis, 21 Juni 2012

UMAR PATEK DIVONIS HARI INI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Terdakwa kasus bom Natal dan bom Bali I, Umar Patek akan menghadapi sidang vonis hari ini. Umar Patek didakwa dengan pasal tindakan terorisme.

Umar Patek didakwa dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, pasal 266 ayat 1 dan pasal 266 ayat 2 KUHP tentang pemalsuan dokumen, dan pasal 1 ayat 1 UU 12 tahun 1951 tentang penggunaan dan kepemilikan senjata api tanpa izin.

Tidak hanya itu, pemilik nama lengkap Hisyam bin Alizein ini dituntut hukuman penjara seumur hidup, dengan dakwaan pasal 15 jo pasal 9, pasal 13 huruf C UU No 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Pada persidangan sebelumnya, Umar Patek mengaku terpaksa ikut dalam aksi pengeboman yang menewaskan 198 orang di Bali pada tahun 2002 lalu. Ia pun meminta tidak dihukum berat.

"Saya melakukannya tidak dengan kerelaan hati, tidak dengan sengaja. Yang diajukan jaksa penuntut umum bertentangan dengan sila kemanusiaan yang adil dan beradab. Sehingga tuntutan jaksa sangat tidak adil dan zalim," kata Patek dalam sidang tersebut.

"Yang mulia mohon mempertimbangkan faktor kemanusiaan dan sisi jihad saya di luar negeri, dan saya tidak menyukai terorisme," imbuh Patek.

DETIK

POBORSKY YAKIN CEKO MAMPU KALAHKAN PORTUGAL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Mantan pemain Ceko dengan rekor pertandingan internasional terbanyak Karel Poborsky mengungkapkan ia yakin Ceko mampu melaju hingga laga final, sama seperti Piala Eropa 1996.

Poborsky melihat banyak persamaan antara Piala Eropa 1996 dengan Piala Eropa 2012.

Ceko memang bermain tak cukup bagus pada babak penyisihan grup, namun berhasil melaju ke perempat final dan mengalahkan Portugal.

Pada perempat final Piala Eropa 1996, mantan pemain Manchester United dan Lazio ini pun teringat akan lob menakjubkan yang ia lakukan hingga mampu mengecoh kiper Portugal Vitor Baia.

Ceko pun terus melaju. Di babak semi final, Ceko berhasil mengalahkan tim ayam jantan, Prancis melalui drama adu penalti.

Sayang, Ceko tak berhasil memboyong Piala Eropa 1996 akibat kalah dari Jerman melalui gol emas Oliver Bierhoff.

"Saya pikir Ceko kali ini akan mengulang sejarah. Mereka mampu dan berpengalaman untuk mengalahkan Portugal," ungkap mantan pemain berusia 40 tahun ini.

Menurut Poborsky trio Ceko Petr Ceh, Thomas Rosicky dan Milan Baros mampu mengatasi The Seleccao.

"Sama seperti 1996. Tim kami pun tak bermain baik di awal, tapi kami menemukan kekuatan untuk kembali bangkit. Sangat krusial bagi tim untuk mengulang performa mereka saat melawan Polandia di babak kedua," pungkas Poborsky.

ANTARA

INI KRONOLOGI PESAWAT FOKKER JATUH DI HALIM

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pesawat terbang jenis Fokker terjatuh di Jalan Branjangan, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Salah satu saksi mata Rama, mengatakan kejadian sekitar pukul 14.40 WIB. Saat itu pesawat terlihat terbang oleng dan kemudian jatuh.

"Saya lihat sudah ada kepulan asap hitam," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (21/6/2012).

Rama yang berada satu kilometer dari lokasi kembali mengatakan saat kejadian itu petugas yang terdiri dari AURI, Angkasa Pura II langsung melakukan evakuasi.

Sebuah pesawat terbang jenis Fokker terjatuh di Jalan Branjangan, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (21/6/2012).

"Iya benar ada pesawat jenis fokker, infonya terjatuh di Jalan Branjangan, Halim," kata Kapten Michiko, Kasie Penerangan Pangkalan udara Halim Perdana Kusuma, kepada wartawan.

Namun, Michiko enggan menjelaskan secara rinci peristiwa jatuhnya pesawat tersebut. “Saya sedang menuju ke sana, kami belum tahu ada korban atau tidak, kita akan ke lokasi dahulu," pungkasnya.

 
OKEZONE

Rabu, 20 Juni 2012

KASUS @LITASTEPHANIE: POLISI BANTAH JEBAK NARKOBA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Polda Metro Jaya membantah telah menjebak salah satu pengendara mobil dengan menaruh narkoba dalam suatu razia di kawasan Jl Bangka, Jakarta Selatan.

Instansi tersebut mengklaim bahwa aparat yang bertugas telah melakukan tugas sesuai prosedur.

Berikut kronologis razia yang dilakukan oleh Polsekta Mampang, Jakarta Selatan, seperti diterangkan Ipda Johan Hanafi, yang melakukan operasi kepolisian terhadap Lita Stephanie (31) di kawasan Jl Bangka, Jaksel.

Operasi kepolisian yang dilakukan adalah operasi resmi bernama 'Operasi Cipta Kondisi 2012' yang diikuti oleh 15 orang anggota lainnya yang dilakukan di depan Apotek K-24 Jl. Bangka Raya, Kelurahan Pela Mampang Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

- Pukul 01.30 WIB
Briptu Feri Guntara, anggota Patko dengan nomor mobil 4043 menghentikan sebuah mobil Kijang Innova warna silver dengan nomor polisi tidak diingat yang dikemudikan oleh seorang perempuan bersama perempuan yang lainnya yang melintas dari arah Kemang menuju arah Jl. Bangka.

Kemudian mobil tersebut menepi dan saat itu terlihat pengemudi dan temannya berganti posisi duduk dalam keadaan panik.

Selanjutnya Briptu Gatot Hariyadi menghampiri mobil tersebut dan didahului dengan ucapan salam. Briptu Gatot Hariyadi meminta pengemudi dan penumpang untuk turun dari mobil guna menyaksikan isi dalam mobil tersebut.

Gatot menemukan 1 plastik klip bening yang berisi 1 strip obat. Lalu Gatot bertanya siapa pemiliki obat tersebut. Namun perempuan itu berteriak: "Saya dijebak nih, jangan jebak saya ya!"

Aipda Teguh Widodo mengatakan "Mbak, kami melakukan tugas resmi kepolisian dan kami melakukan operasi ini ada surat perintahnya. Apakah Mbak dalam pengaruh minuman keras?"

Perempuan tersebut kembali berbicara dengan nada keras, "Kalian tahu tidak, saya ini kenal dengan banyak pejabat Polri dan saya akan menelepon adik saya yang juga kenal banyak pejabat Polri, kalian tunggu di sini. Saya juga kenal Pak Wisnu Polda Metro."

Saat perempuan tersebut diminta untuk mengambil obat dalam plastik yang terletak di karpet jok tengah sebelah kiri, dan karena perempuan tersebut tak juga mengambil, maka Gatot mengambilnya dengan disaksikan Briptu Ferry Guntara dan Aipda Teguh Widodo.

- Pukul 02.00 WIB
Kemudian datang seorang lelaki yang disebut adik dari perempuan tersebut dan langsung menghampiri saya (Ipda Johan Hafani). Sebelum menemui saya, lelaki itu meminta kedua perempuan itu untuk masuk ke mobilnya karena kakaknya masih berbicara dengan nada keras.

Kemudian orang tersebut bertanya kepada saya (Johan) apakah barang atau obat itu ditemukan di karpet sebelah kiri jok penumpang yang ada di tengah mobil. Aipda Teguh Widodo ikut menjelaskan kepada orang tersebut bahwa setelah dilakukan pengecekan awal di Apotek K-24 yang berada di dekat lokasi tersebut bukanlah obat terlarang melainkan obat alergi.

Setelah mendapat penjelasan dari saya selaku Perwira Pengawas yang bertanggung jawab dalam operasi dan Aipda Teguh Widodo selaku Provost, adik dari perempuan itu meminta maaf kepada saya dan Aipda Teguh Widodo sambil berkata: "Maafkan kakak saya, dia memang di pihak yang salah".

- Pukul 02.30 WIB
Setelah dipastikan itu obat anti alergi, saya serahkan kepada adik dari perempuan tersebut dan selanjutnya kami bersalaman serta meninggalkan tempat tersebut.

"Dalam pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi tersebut tidak ada orang maupun barang yang diamankan di Polsek Mampang Prapatan, termasuk identitas perempuan tersebut belum sempat didata karena yang bersangkutan masih dalam keadaan emosi.

Laporan tertulis itu ditandatangani Johan dan dia juga bersumpah sudah membuat laporan dengan benar. Kapolsek Mampang Kompol Siswono juga turut membubuhkan tanda tangan.

BISNIS

UNESCO TAK BAHAS KLAIM MALAYSIA SOAL TORTOR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi kebudayaan, pendidikan, pemuda dan olahraga, Agus Hermanto, mengatakan klaim Malaysia terhadap tari tortor dan alat musik Gordang Sambilan tidak akan dibahas dalam rapat pleno UNESCO.

Rapat pleno UNESCO yang akan digelar 29 Juni mendatang hanya membahas usulan warisan kebudayaan dari 24 negara, termasuk usulan sistem perairan Subak yang diusulkan Indonesia.

"Namun dari 24 usulan itu tidak ada usulan dari Malaysia. Jadi tari tortor dan Gordang Sambilan itu nggak mungkin dibawa di sidang UNESCO untuk diklaim sebagai warisan budaya mereka," ujar Agus di gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin 18 Juni 2012.

Kendati demikian, politikus dari Fraksi Partai Demokrat ini menyatakan Komisi X DPR RI akan mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif segera melakukan inventarisasi terhadap kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia yang selama ini belum dikenal luas oleh publik.

"Nanti akan kita tentukan bersama dengan pemerintah termasuk kriteria dan model seperti apa yang menjadi warisan budaya Nusantara, dan kita publikasikan," ujar dia.

Sebelumnya Kantor Berita Malaysia Bernama melansir berita bahwa Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Seri Rais Yatim, berencana mendaftarkan tari tortor dan alat musik Gordang Sambilan yang merupakan budaya masyarakat Sumatera Utara menjadi warisan budaya Malaysia dalam Akta Warisan Kebangsaan Malaysia.

TEMPO

KASUS @LITASTEPHANIE: AWAS JEBAKAN NARKOBA BERMODUS RAZIA POLISI!



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Adanya rumor jebakan dalam razia di jalan raya oleh oknum kepolisian bukan isapan jempol. Kali ini dirasakan oleh Lita Stephanie yang diungkapkan dalam akun Twitternya. Kontan saja membuat heboh jagad dunia maya itu.

Akun Twitter berisial @litastephanie ini menuliskan ceritanya yang hampir dijebak oknum polisi karena kepemilikan benda yang disebut sebagai narkoba. Padahal dia bukan pengguna narkoba.

Lita menuturkan bahwa dirinya baru pulang dari Kemang, Jakarta Selatan, dan melintas di kawasan Jalan Bangka. Sebenarnya dari Kemang, dia ingin pulang ke rumahnya di kawasan Tebet. Saat itu jam menunjukkan pukul 01.30 WIB dini hari tadi. "Di sana sudah ada razia dari pihak kepolisian," tulisnya.

Saat diberhentikan, dia mengikuti perintah petugas dengan menepikan mobil Kijang Innova yang ditumpangi bersama temannya, Yasmin. "Polisinya langsung mengarahkan senter ke wajah saya. Dia meminta kita membuka pintu mobil dan turun dari kendaraan," tuturnya.

Tiba-tiba seorang polisi berteriak. Dia mengaku menemukan obat-obatan yang dituding sebagai milik Lita dan Yasmin. Setelah itu, polisi meminta agar bagasi kendaraan dibuka. Di sana, ada kotak P3K, sejumlah obat pusing dan obat alergi yang kemudian diklaim sebagai narkoba.

Selanjutnya perdebatan dengan polisi terjadi. Lita dan Yasmin membantah memakai narkoba. Bahkan mereka meminta polisi melakukan cek darah dan urine. Namun, polisi tetap ngotot bahwa obat-obatan itu miliknya.

Mereka sempat diintimidasi oleh sejumlah petugas dan seorang provos. "Ada sekitar 10 petugas yang mengelilingi saya. Hampir 1 jam mereka diminta berdiri merapat ke tembok dan tidak kemana-mana," jelasnya.

Akhirnya, Lita menelepon adiknya meskipun sempat dilarang oleh petugas. Adiknya pun datang dan berbicara baik-baik kepada petugas tersebut, tetapi polisi masih ngotot dengan penemuan narkoba tersebut.

Adiknya Lita, kemudian menyebutkan kenalan seorang perwira tinggi di Polda Metro Jaya. Polisi yang semula ngotot menjadi ramah. Mereka pun menyebut obat-obatan itu sebagai obat alergi. Tak lama kemudian Lita diperbolehkan pulang.

Anehnya, polisi malah memberi 4 butir obat yang sebelumnya disebut sebagai narkoba. Padahal, obat-obatan itu bukan miliknya, melainkan hanya obat alergi.

Simpati pun berdatangan dari sejumlah pemilik akun Twitter. Mereka mengaku sahabatnya pernah dijebak dalam suatu razia dan dijebloskan ke penjara.

"@litastephanie untung kamu berani & tegas, Kak. Syukurlah gak sampe kenapa-kenapa. Temenku dulu sampe ada yang dipenjara 2 bulan," tulis pemilik akun @inestjokro.

Saat Bisnis meminta klarifikasi kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto akan meminta konfirmasi terlebih dulu. "Saya cek dulu ya," ujarnya.

BISNIS

Selasa, 19 Juni 2012

PALESTINA-ISRAEL BERUPAYA HENTIKAN VIRUS MRSA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Sejumlah ilmuwan asal Palestina dan Israel melanjutkan upaya gabungan untuk menghentikan bakteri berpotensi mematikan yang menyebar di Kota Gaza di tengah pertikaian baru di sepanjang perbatasan Israel dengan Jalur Gaza.

Kelompok peneliti baru-baru ini telah mengidentifikasi bakteri unik Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA), yang diketahui sebagai bakteri pelawan antibiotik sangat agresif yang sering ditemui di Gaza, tulis Harian Ha'aretz pada Senin.

Sejumlah komunitas medis internasional telah menyalurkan sumber dana yang besar bagi penelitian pencegahan MRSA sejak 1999 setelah empat anak tewas di Chicago akibat terkena bakteri tersebut di lingkungannya.

Sebelum kematian keempat anak itu, diperkirakan bahwa bakteri tersebut hanya menyerang wilayah yang berkondisi layaknya rumah sakit.

Kemudian bakteri mematikan asal Amerika tersebut dinamai USA300 atau "superbug".

Hingga saat ini belum jelas jumlah warga Palestina yang tewas akibat terpapar MRSA.

Namun fisikawan yang bergabung dalam program gabungan tersebut, Dr. Gili Regev- Yochay, sebagaimana dikutip Xinhua-OANA, mengatakan bakteri "berpindah secara cepat" di Gaza.

"Pertama kali kami mengira bakteri berasal dari relawan asal Eropa dan menyebar karena keramaian yang berlebihan. Namun penanda genetika bakteri Gaza dipercaya merupakan jenis bakteri yang berbeda," kata Regev- Yochay yang juga menjadi peneliti di Unit Penyakit Menular di Pusat Kesehatan Sheba dekat Tel Aviv.

GATRA

SPANYOL DAN ITALIA KE PEREMPAT FINAL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Spanyol dan Italia akhirnya memastikan diri lolos ke perempat final. Tiket ke babak delapan besar didapat dua tim tersebut setelah meraih angka penuh dalam laga terakhir penyisihan Grup C, Selasa (19/6).

Spanyol yang menghadapi Kroasia di Stadion PGE Arena Gdansk, menang 1-0. Sedangkan Italia menang 2-0 saat dijajal Republik Irlandia di Stadion Miejski, Poznan.

Dengan hasil ini, Spanyol lolos sebagai juara grup dengan nilai tujuh. Sedangkan Italia lolos dengan posisirunner up setelah mendulang nilai lima. Sementara Kroasia tersingkir karena hanya meraih nilai empat dan berada di peringkat tiga.

Di babak selanjutnya, Spanyol akan bertemu dengan peringkat dua Grup D. Sedangkan Italia akan menghadapi juara Grup D.

Kemenangan Spanyol atas Rusia ditentukan melalui gol Jesus Navas. Dimainkan menit ke-61 menggantikan Fernando Torres, Navas menjebol gawang Kroasia yang dikawal Stipe Pletikosa menit ke-71.

Di laga lainnya, kemenangan 2-0 Italia atas Irlandia ditentukan pemain depan Antonio Cassano dan Mario Balotelli. Casano menjebol gawang Irlandia menit ke-35 sementara gol Balotelli terjadi di menit ke-90.

MICOM

TOKO BUKU GRAMEDIA DEPOK "DIGERUDUK" FPI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Front Pembela Islam (FPI) Depok yang diketuai Habib Idrus Al-Gadri mendatangi toko buku Gramedia di jalan Margonda Raya, KM 4, Depok, Jawa Barat, Rabu (13/6) siang. Sekitar pukul 14.00 WIB ia dan sepuluh anggotanya datang menggunakan sepeda motor.

Kedatangan mereka bermaksud untuk meminta penjelasan pihak Gramedia mengenai buku yang mereka pasarkan. Buku tersebut berjudul '5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia' yang ditulis Douglas James Wilson.

"Kami akan lakukan sweeping buku tersebut jika ditemukan dijual di toko buku Gramedia Depok," ujarnya pada Rabu (13/6) setibanya di gedung toko buku Gramedia.

Pasalnya ia berujar, tindakan tersebut akan dilakukan karena menindaklanjuti laporan dari anggotanya. Anggotanya beberapa waktu lalu sempat menemukan buku tersebut di salah satu toko Gramedia di kota Jakarta.

Habib mengatakan, buku tersebut pantas dipermasalahkan. Hal ini karena dalam beberapa halamannya ditemukan kalimat-kalimat yang sangat mengganggu. Kalimat-kalimat itu, lanjut dia, merujuk pada pelecehan dan penghinaan terhadap nabi Muhammad SAW dan agama Islam.

Ia menunjukan salinan buku tersebut yang ia bawa dan membuka halaman 24. "Terdapat kalimat yang mengatakan bahwa nabi Muhammad SAW adalah seorang perompak dan perampok," paparnya.

Kemudian ia menunjukan lagi buku tersebut, kali ini halaman 25. Ia menilai kalimat ini melecehkan agama Islam karena menganalogikan Islam kental dengan kekerasan. "Di kalimat ini Islam dikaitkan dengan pedang," ucapnya.

Selanjutnya, didampingi pihak Polres Beji yang sudah menunggu kedatangan FPI, Habib menyampaikan protesnya atas buku tersebut pada manajemen Gramedia. "Kami di sini untuk memediasi antara FPI dengan Gramedia, kami juga menyertakan beberapa personil ke sini untuk jaga-jaga mengantisipasi keadaan," ujar Kapolsek Beji, AKP Agus Widodo di Gramedia.

Setelah diskusi tertutup singkat tersebut selesai, Habib bersama anggota FPI lainnya keluar dari ruang manajemen Gramedia. "Mereka sudah minta maaf atas keteledorannya, saya juga sudah dapat jaminan bahwa buku tersebut tidak akan dipasarkan di toko buku Gramedia," ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, pihak Gramedia menyampaikan bahwa seluruh cabang Gramedia di Indonesia tidak akan menjual buku tersebut. Ia pun berpesan kepada umat Islam agar peka terhadap buku bertipe seperti ini.

"Saya harap seluruh Muslim agar melaporkan bilamana menemukan buku-buku seperti ini, karena isi-isinya yang sungguh mencoreng Islam," ujarnya.

Ditemui di tempat yang sama, komandan Regu Security toko buku Gramedia, Mulyadi mengatakan bahwa informasi yang ia terima buku tersebut hari ini akan dimusnahkan. "Laporan dari pusat juga mengatakan bahwa buku tersebut sudah ditarik dari peredaran sejak hari Jumat pekan kemarin," ujarnya.

REPUBLIKA

SATU ORANG TEWAS AKIBAT BENTROK DI BATAM

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Massa dari dua kubu berbeda yang saling bersengketa lahan bentrok di Area Hotel Planet Holiday, Batam, Senin (18/6) sekitar pukul 15.00. Akibatnya, 11 orang terkapar terkena sabetan parang dan pedang.

Dari korban yang terkapar itu satu di antaranya tewas. Sedangkan Hotel Planet Holiday yang menjadi lokasi kerusuhan, kaca-kacanya hancur berantakan.

Mereka yang luka parah langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Empat korban dibawa ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK), empat ke Harapan Bunda (RSHB) dan tiga orang yang kritis dilarikan ke Rumah Sakit Elizabeth, Baloi.

Bentrokan berdarah ini dipicu perebutan lahan PT Hyundai Metal Indonesia (PT HMI) di Batuampar oleh kubu Tony Fernando (Manager Operasional dan Pemasaran PT HMI) dengan kubu PT Lord Way Accommodation Engineering (PT LWAE) yang didukung Basri. Pada 14 Juni lalu sengketa lahan seluas 4.300 meter persegi antara PT LWAE dengan PT HMI diputus di Pengadilan Negeri (PN) Kota Batam.

Dalam putusannya, PN Batam memenangkan sebagian gugatan PT LAE. Namun pihak PT HMI langsung menyatakan banding atas putusan tersebut, mengingat banyak fakta persidangan yang diabaikan pengadilan.

Merasa memenangkan gugatan, kelompok PT LAE yang dikomandoi Basri langsung mengamankan dan menjaga lahan yang disengketakan tersebut. Namun hal tersebut membuat kubu Toni yang mendukung PT HMI tak terima. Alasannya belum ada putusan final tentang banding yang diajukan PT HMI atas putusan PN Batam itu.

Senin (18/6) sekitar pukul 14.00 WIB, puluhan orang dari kelompok Basri yang menjaga lahan sengketa didatangi puluhan orang dari kubu Toni. Kelompok Toni ingin membubarkan kelompok Basri yang menduduki lahan sengketa. Bentrok pun terjadi di lahan yang disengketan.



Karena kalah jumlah massa, kubu Toni memilih mundur dan melarikan diri ke Jodoh tepat disamping Hotel Planet Holiday menyusuri jalan bukit Senyum. Di kawasan Hotel Planet Holiday, sebanyak 50 orang dari kubu Toni mendadak merangsek masuk ke dalam area Hotel. Mereka dengan membawa pentungan dan parang langsung mendekati dan masuk Hotel dan terlebih dahulu mengancam pihak sekuriti hotel.

Saat mendekat itulah, puluhan massa pimpinan Toni langsung merusak sejumlah kaca depan dan pintu masuk Hotel. Tak itu saja, massa pimpinan Toni juga merangsek kesamping hotel dan merusak kaca samping, kaca kantor perbankan yang berada di kawasan hotel Planet Holiday, serta mobil pengunjung hotel yang terparkir didepan maupun samping hotel.

Sementara puluhan massa pimpinan Basri yang mendengar massa Toni telah menyerang Hotel Planet Holiday langsung marah dan berbalik menuju untuk menghentikan perusakan.

"Memang betul, Basri sendiri kembali dan berniat menghentikan aksi brutal massa Toni, karena Basri merupakan orang kepercayaan pemilik hotel Planet Holiday untuk mengamankan kondisi hotel Planet Holiday," ujar Kapolda Kepri, Brigejen Yotje Mende yang langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Info yang dihimpun Batam Pos, kelompok massa Toni menyerang hotel Planet Holiday karena PT Letwei Engineering yang memenangkan gugatan tersebut pemiliknya adalah pemilik Hotel Planet Holiday bernama Karto.

Sampai di area Hotel Planet Holiday, massa pimpinan Basri yang melihat pengrusakan oleh massa Toni langsung meluapkan emosinya. Sama-sama membawa parang, tombak dan busur panah, massa pimpinan Basri langsung menyerbu massa pimpinan Toni. Perang parang, hujan anak panah serta terjangan tombak antara dua kubu pun tak terhindarkan.

Erangan suara kesakitan dan teriakan minta tolong dari massa yang terkena sabetan dan tikaman tombak pun terdengar nyaring dan keras oleh pengendara yang kebetulan lewat dan menyaksikan jalannya perang. "Tolooong, ampuun, jangan bunuh, saya hanya ikut-ikutan saja, aaaarrh," teriak salah seorang yang terkena tebasan parang.

Mengetahui kebrutalan dua kubu massa, polisi yang sebelumnya sudah berjaga-jaga di lokasi pun tak berdaya dan hanya bisa menyaksikan bentrok berdarah. Sebab, saat awal terjadinya bentrok berdarah, personel polisi yang turun di TKP hanya sedikit dan tak membawa persenjataan lengkap. Sehingga bentrok pun tak terhindarkan.

Selang beberapa menit setelah bentrok, ratusan polisi dari Brimob dan Polda Kepri langsung berdatangan dengan persenjataan laras panjang beserta tameng. Massa yang bentrok pun berhasil dipukul mundur dan ditangkap. Namun, ada beberapa dari massa kedua kubu yang lolos dari kejaran polisi.

Kepolisian juga langsung menutup akses jalan raya di depan Hotel Planet Holiday baik dari arah Nagoya Hill maupun sebaliknya dari arah Jodoh sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pasca-bentrok mereda, yang nampak hanya pemandangan yang memiriskan. 11 orang yang terkena sabetan parang dan tikaman tombak dengan berlumuran darah tergeletak semua. Polisi langsung mengevakuasi korban dan melarikannya ke beberapa RS dengan bantuan tujuh ambulan.

Kaca Hotel yang sebelumnya nampak tertata rapi dan indah berubah seperti lautan beling tajam yang berserakan kemana-mana memenuhi halaman parkir hotel. Polisi langsung menutup akses masuk hotel dan membentangkan pita kuning garis polisi.

JPNN

GILIRAN TARI TOR-TOR BATAK DIKLAIM MALAYSIA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Malaysia kembali mengklaim hasil kebudayaan asli Indonesia menjadi miliknya. Kali ini, negeri jiran itu akan memasukkan tari Tor-tor dan Gordang Sambilan sebagai peninggalan nasional mereka.

Di Indonesia, dua kesenian itu dikenal sebagai kebudayaan masyarakat Batak, Sumatera Utara. Bahkan, tari Tor-tor selalu ditarikan dalam upacara adat masyarakat Batak.

Namun kini, Malaysia dengan berani akan meregistrasi kebudayaan itu berdasarkan Bab 67 Undang-undang Peninggalan Nasional 2005.

"Pertunjukan periodik harus diadakan. Artinya, tarian harus disajikan sementara irama gendang harus dimainkan di depan publik," kata Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Seri Rais Yatim sebagaimana dikutip laman Bernama.

Menurut Rais, mempromosikan kebudayaan dan seni Mandailing sangat penting, sebab bisa mengungkap asal-usulnya. Selain itu bisa mempererat persatuan dan kesatuan dengan masyarakat lainnya.

Sejalan dengan konsep Malaysia, upaya masyarakat Mandailing untuk mengangkat seni dan budaya mereka telah didukung oleh kementerian untuk diakui dan dikenalkan ke publik Malaysia.

Sebelumnya, Malaysia pernah mengklaim sejumlah kesenian asal Indonesia sebagai milik mereka. Malaysia pernah menampilkan tari Pendet asal Bali dalam video iklan 'Enigmatic Malaysia' di Discovery Channel.

Aksi ini memancing reaksi keras dari masyarakat Indonesia. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu sempat marah atas klaim itu. Budayawan Malaysia juga menyesalkan klaim ini. Namun, Malaysia berkilah iklan pariwisata itu yang membuat bukan negaranya, melainkan pihak Discovery Channel.

Selain tari Pendet, Malaysia juga pernah mengklaim tari Reog asal Ponorogo, Jawa Timur dan sejumlah kebudayaan Indonesia lainnya.

VIVANEWS