STATISTIK SPANYOL VS PORTUGAL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Duel semifinal pertama Piala Eropa 2012, Kamis (28/6) dini hari WIB, akan mempertemukan juara bertahan Spanyol dengan Portugal di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina.

La Furia Roja belum terkalahkan dalam empat penampilannya dari fase penyisihan Grup C hingga perempat final. Mereka hanya sekali ditahan imbang Italia. Adapun Seleccao das Quinas menderita sekali kekalahan ketika menghadapi Jerman di partai pembuka penyisihan Grup B.


Berikut ini merupakan statistik pertemuan antara Spanyol dan Portugal. Tim 'Matador' lebih unggul dengan memenangi 16 laga, adapun sang rival hanya memenangi enam pertandingan.


Namun, Portugal punya keuntungan psikologis karena memenangi partai persahabatan terakhir atas Spanyol dengan skor mengejutkan 4-0 di Lisbon, November 2010, hanya beberapa bulan setelah Spanyol menjadi juara dunia.


Pertandingan semifinal ini merupakan kali keempat kedua tim bertemu pada turnamen utama. Pada Piala Eropa 1984, Spanyol dan Portugal bermain imbang 1-1.


Pada Piala Eropa 2004, Seleccao menekuk La Furia Roja 1-0. Namun, pada perdelapan final Piala Dunia 2010, giliran Spanyol memaksa Portugal angkat koper setelah menang 1-0.


Portugal pernah mencapai tiga kali semifinal pada Piala Eropa setelah kalah 1-2 dari Prancis pada perempat final Piala Eropa 2000.


Portugal berhasil lolos ke final Piala Eropa 2004 yang berlangsung di negerinya dengan mengalahkan Belanda 2-1. Namun, pada pertandingan final melawan Yunani, mereka gagal. Dan pada Piala Eropa 2008, Portugal angkat koper setelah menyerah 2-3 atas Jerman.


Saat ini, striker Portugal Cristiano Ronaldo telah mencetak enam gol di putaran final Piala Eropa, tiga di antaranya dicetak pada dua pertandingan Portugal di Piala Eropa 2012.


Saat ini, rekor golnya sama dengan Nuno Gomes, mantan pemain Portugal. Jika mampu mencetak gol pada laga semifinal melawan Spanyol, bintang Real Madrid itu akan menjadi pemain Portugal dengan gol terbanyak.


Setelah mengalahkan Prancis, Spanyol menambah rekor tak terkalahkan mereka pada laga kompetitif internasional menjadi 18 pertandingan. Spanyol pun tak pernah kebobolan pada tiga pertandingan terakhir mereka dan hanya kebobolan delapan gol dari 18 pertandingan.


Pada laga kompetitif internasional terakhir mereka, tim 'Matador' memiliki sembilan pencetak gol yang berbeda, yakni David Villa, Xavi, Alvaro Negredo, Juan Mata, David Silva, Cesc Fabregas, Fernando Torres, Jesus Navas, dan Xabi Alonso.


MICOM

Posting Komentar

0 Komentar