PALESTINA-ISRAEL BERUPAYA HENTIKAN VIRUS MRSA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Sejumlah ilmuwan asal Palestina dan Israel melanjutkan upaya gabungan untuk menghentikan bakteri berpotensi mematikan yang menyebar di Kota Gaza di tengah pertikaian baru di sepanjang perbatasan Israel dengan Jalur Gaza.

Kelompok peneliti baru-baru ini telah mengidentifikasi bakteri unik Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA), yang diketahui sebagai bakteri pelawan antibiotik sangat agresif yang sering ditemui di Gaza, tulis Harian Ha'aretz pada Senin.

Sejumlah komunitas medis internasional telah menyalurkan sumber dana yang besar bagi penelitian pencegahan MRSA sejak 1999 setelah empat anak tewas di Chicago akibat terkena bakteri tersebut di lingkungannya.

Sebelum kematian keempat anak itu, diperkirakan bahwa bakteri tersebut hanya menyerang wilayah yang berkondisi layaknya rumah sakit.

Kemudian bakteri mematikan asal Amerika tersebut dinamai USA300 atau "superbug".

Hingga saat ini belum jelas jumlah warga Palestina yang tewas akibat terpapar MRSA.

Namun fisikawan yang bergabung dalam program gabungan tersebut, Dr. Gili Regev- Yochay, sebagaimana dikutip Xinhua-OANA, mengatakan bakteri "berpindah secara cepat" di Gaza.

"Pertama kali kami mengira bakteri berasal dari relawan asal Eropa dan menyebar karena keramaian yang berlebihan. Namun penanda genetika bakteri Gaza dipercaya merupakan jenis bakteri yang berbeda," kata Regev- Yochay yang juga menjadi peneliti di Unit Penyakit Menular di Pusat Kesehatan Sheba dekat Tel Aviv.

GATRA

Posting Komentar

0 Komentar