IRAN PERINGATI HARI REVOLUSI KE-34

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Ratusan ribu rakyat Iran turun ke jalan-jalan di sejumlah Kota besar di Iran merayakan 34 tahun revolusi Iran, Minggu (10/2/2013).

Di alun-alun kemerdekaan Azadi, di Teheran, rakyat Iran mengusung sejumlah spanduk bergambar pendiri republik islam Imam Khomeini dan penggantinya Ayatollah Ali Khamenei. Mereka juga meneriakkan dukungan pada pemerintah Iran dan meneriakkan sikap anti Amerika Serikat dan Israel.

Di hadapan kerumunan masa itu, Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, Iran tidak akan mudur selangkah pun dalam menghadapi tekanan untuk membela hak-hak dasarnya.

Pernyataan tersebut disampaikan untuk menyinggung tindakan sejumlah negara barat yang telah menjatuhkan sanksi sebagai bentuk takanan untuk mencegah Iran mengembangkan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Peringatan HUT revolusi Iran tersebut diawali dengan peringatan 15 tahun kembalinya Ayatollah Khamenei yang telah diasingkan di Paris, dan perayaan sengaja diselenggarakan di kediamannya pada akhir Januari lalu.

Untuk informasi, revolusi Iran terjadi pada 1979 silam, dimana Ayatollah Seyyed Ruhollah Musavi Khomeini memimpin gerakan untuk mengakhiri 2.500 tahun kekuasaan monarki di Iran.

Khomeini memimpin gerakan menggulingkan rezim pemerintahan Pahlevi yang telah 34 tahun mengusai Iran dan mendapat dukungan dari Amerika Serikat. Sejak saat itu, di bawah bimbingan Khomeini, sistem politik yang berlaku di Iran belandaskan nilai islami dan demokrasi.

SINDO

Posting Komentar

0 Komentar