AMERIKA LARANG KORUT UJI COBA NUKLIR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Utusan khusus Amerika Serikat untuk kebijakan Korea Utara, Glyn Davies hari ini memperingatkan Korea Utara (Korut) untuk tidak melakukan uji coba nuklir, karena Amerika akan memberikan sanksi lebih berat dan isolasi lebih lama jika Korut melakukannya.

"Saya rasa hal itu (uji coba nuklir) akan menjadi kesalahan perhitungan yang serius jika Korea Utara melakukannya," kata pejabat senior AS tersebut.

Glyn Davies mengatakan hal tersebut setelah melakukan pertemuan di Seoul bersama dengan rekannya dari Korea Selatan dan Jepang, Lim Sung-Nam dan Shinsuke Sugiyama, tentang tindakan pasca peluncuran jarak jauh roket korut pada 13 April dan mengenai masalah lain.

Sejumlah harapan terkait uji coba atom ketiga oleh Pyongyang semakin meningkat sejak Dewan Keamanan (DK) PBB mengutuk aksi peluncuran roket Korut yang gagal dan semakin memperketat sanksi terhadap Korut.

Korut menyatakan bahwa peluncuran roket tersebut bertujuan untuk meletakkan satelit ke orbit, namun PBB menegaskan bahwa hal itu melanggar peraturan mengenai uji coba teknologi rudal balistik.

Korut menanggapi larangan tersebut dengan melakukan uji coba nuklir setelah PBB menjatuhkan sanksi atas peluncuran roket pada 2006 dan 2009.

Foto satelit pada April menunjukkan kondisi di lokasi uji coba atom, namun foto tersebut tidak meberitahu lebih lanjut mengenai waktu uji coba nuklir tersebut dilakukan.

ANTARA

Posting Komentar

0 Komentar