GEMPA ACEH AKIBATKAN SATU JEMBATAN ROBOH DAN TANAH LONGSOR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita..

Akibat gempa berkekuatan 8,9 skara richter yang mengguncang Aceh pada Rabu (11/4/2012) lalu, Kementerian Pekerjaan Umum mencatat kerusakan satu jembatan Cot Malaka di Kecamatan Bubon runtuh serta jalan longsor di Aceh Barat dengan kerugian mencapai Rp2 miliar.

"Sampai saat ini laporan ada kerusakan jalan longsor dan jembatan roboh di Aceh Barat, maksimum biaya Rp2 miliar. Jadi itu bukan jembatan yang cukup besar," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, menjawab pers di Jakarta, Jumat (13/4/2012).

Jembatan yang menghubungkan jalan Meulaboh ke Banda Aceh tersebut memang bukan jembatan besar karena dijadikan sebagai jembatan darurat bagi warga kecamatan Bubon saat terperangkap banjir.

Jembatan itu dibangun pasca Tsunami 2004 dengan pendanaan dari Japan International Cooperation (JICA).

Djoko menyebutkan untuk perbaikan infrastruktur akibat kerusakan bencana alam, instansinya telah membuat perjanjian dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pendanaan tersebut sudah dijamin untuk segera disiapkan oleh BNPB berapa pun jumlah kebutuhannya.

"Selama untuk bencana, dan mendesak kami segera memperbaiki. PU akan meminta BNPN menyiapkan dananya kepada kami (PU) untuk membangun kembali kerusakan tersebut," katanya.

Sementara bila terdapat keretakan kecil pada jalan-jalan nasional dan masih dapat dipergunakan, maka perbaikan dapat ditunda untuk kemudian dianggarkan pada APBN tahun berikutnya.

Akan tetapi hingga saat ini, kata Djoko, belum ditemukan kerusakan parah pada jalan nasional dari Banda Aceh hingga Meulaboh. Guna mengatasi kemungkinan adanya kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan nasional lainnya, tegasna, pihaknya telah menyiapkan berbagai kendaraan berat di beberapa lokasi baik di NAD maupun Sumatera Utara.

Selain jembatan, berdasarkan laporan dari BNPB terdapat kerugian infrastruktur non ke PU an lainnya antara lain untuk Aceh Barat satu unit asrama putri di Pesantren Arrazatun Nabawiyah, rusak.

Sedangkan di Aceh Besar, satu rumah tahanan rusak temboknya dan roboh, satu unit rumah rusak ringan, satu kantor rusak ringan dan satu rumah ambruk di Desa Lamlepung.

BERITA8

Posting Komentar

0 Komentar