DUA KORIDOR BARU BUSWAY MAMPU ANGKUT 50 RIBU PENUMPANG



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Gubernur DKI Jakarta berharap peresmian dua koridor busway baru IX dan X hari ini, Jumat (31/12/2010) mampu mengangkut 20 ribu sampai 50 ribu penumpang.

"Dua koridor baru ini diharapkan mampu mengangkut 20 ribu sampai 50 ribu penumpang per hari," ungkapnya di Central Park Office Lobby Tower, Jakarta Barat.

Jumlah bus yang melayani Koridor 9 dan 10 sebanyak 69 single bus dan 25 articulated bus. Hari ini, bus transjakarta yang melayani di koridor 9 dan 10 dimulai pukul 14.00 WIB sampai 19.00 WIB.

"Armada bus telah tersedia dan beroperasi pada hari ini juga mulai pukul dua siang," ujarnya.

Esok harinya, baru busway untuk koridor ini akan beroperasi normal dari pukuyl 05.00-22.00 WIB.

Pelayanan bus di koridor 9 akan dibagi dua rute yaitu rute panjang yakni Pinang Ranti-Pluit yang direncanakan dengan waktu tempuh normal 1 jam 15 menit pada waktu tidak sibuk dan dua jam pada waktu sibuk serta selang waktu kedatangan antar bus pada waktu sibuk sekita 10-15 menit dan 15-20 menit pada waktu sibuk.

Sedangkan rute Cililitan-Grogol adalah rute pendek yang disediakan untuk mempercepat perputaran bus. Waktu tempuh satu arah perjalanan pada waktu tidak sibuk dirancang 50 menit dan pada waktu sibuk 1 jam 30 menit dengan selang waktu kedatangan antar bus pada waktu tidak sibuk sekitar 5-10 menit dan pada waktu sibuk 10-15 menit.

Sementara pelayanan bus di koridor 10 rute Cililitan-Tanjung Priok diperkirakan dapat ditempuh dalam waktu satu jam per satu arah perjalanan pada waktu tidak sibuk atau 1 jam 30 menit pada waktu sibuk. selang waktu kedatangan antar bus sekitar 10-15 menit dan pada waktu tidak sibuk 10 menit.

Untuk efektivitas jalur busway Fauzi Bowo menghimbau para pengendara kendaraan pribadi tidak menerobos jalur busway.

"Demi kelancaran, ketepatan waktu bus transjakarta serta keselamatan semua pihak, maka masyarakat dihimbau untuk tidak lagi menerobos jalur Busway," himbaunya

TRIBUN

Posting Komentar

0 Komentar