PEMIMPIN AL QAEDA DI SEMENANJUNG ARAB TEWAS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Said al-Shihri, yang digambarkan sebagai orang kedua di al-Qaeda Semenanjung Arab, AQAP, dilaporkan tewas dalam sebuah operasi di Yaman.

Al-Shihri dilaporkan tewas bersama enam orang lainnya di kawasan Hadramawt, selatan Yaman.

Al-Shihri, seorang warga Arab Saudi, dibebaskan AS dari penjara Guantanamo pada tahun 2007.Sejumlah laporan memberitakan bahwa pasukan Yaman terlibat dalam operasi ini, beberapa laporan lainnya menyebut operasi kemungkinan juga dilakukan oleh serangan pesawat tak berawak AS.

Pemerintah Yaman telah mengkonfirmasikan kematian al-Shihri tetapi tidak menyebut waktu pasti kematiannya.

Militer Yaman dalam beberapa bulan terakhir memang tengah gencar melakukan serangan terhadap sejumlah kantong militan di kawasan selatan negara itu.

Sumber resmi di Yaman kepada BBC mengatakan kematian al-Shihri disebabkan oleh sebuah serangan udara di Wadi Ain, Hadramawt.

Tetapi sumber militer tidak memberikan penjelasan detil mengenai kematiaanya meski mengakui bahwa ada serangan udara di kawasan tersebut.

Sumber lainnya mengatakan seorang warga Saudi dan Irak turut menjadi korban tewas dalam operasi yang berlangsung Rabu lalu.
Serangan AS ?

Pejabat di kementerian pertahanan Yaman kepada Associated Press mengatakan militan yang terbunuh tersebut tengah berada dalam perjalanan menggunakan mobil dan ditembak oleh pesawat tanpa awak AS, tetapi info ini juga belum dapat dikonfirmasikan.

Bocoran kawat diplomatik yang dirilis situs Wikileaks Desember tahun lalu menyebutkan bahwa Yaman memang mengijinkan serangan udara rahasia AS dengan target para militan al-Qaeda.

Lalu, Presiden Ali Abdullah Saleh mengklaim bahwa operasi dilakukan militer Yaman saat pada faktanya serangan dilakukan oleh AS, demikian isi bocoran kawat tersebut.

Seorang pejabat senior di kantor pemerintahan Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi mengatakan bahwa tes DNA belum mengkonfirmasikan identitas al-Shihri.

Al-Shihri disebut-sebut berhasil meloloskan diri dari serangan pesawat tanpa awak AS pada 20 September tahun lalu di desa al-Mahfad di provinsi Abyan.

Dia pernah ditangkap dan ditahan di Teluk Guantanamo dan dibebaskan tahun 2007 untuk dikirim rehabilitasi ke Arab Saudi.

Al-Qaeda Semenanjung Arab, AQAP dinyatakan AS sebagai cabang paling berbahaya al-Qaeda.

AQAP dibentuk Januari 2009 oleh dua jaringan militansi Islamis internasional di Yaman dan Arab Saudi.

Sekarang dipimpin oleh Nasser Abdul Karim al-Wuhayshi, mantan asisten pribadi Osama Bin Laden di Afghanistan.

Al-Wuhayshi mengambil alih kepemimpinan sebelumnya yang dipegang Khaled Ali Hajj dan Abdul Aziz al-Muqrin - keduanya tewas ditangan pasukan keamanan Saudi.

Kelompok ini mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian serangan diantaranya upaya meledakan pesawat penumpang AS yang terbang ke Detroit Desember 2009 silam.

Oktober 2010, kelompok ini dituduh mengirimkan bom dalam dua paket ke sebuah sinagog di Chicago yang ditemukan dalam pesawat di Dubai dan Inggris.

Kawasan selatan saat kini menjadi kawasan pertempuran antara militan dan pasukan pemerintah.

Para militan ini mengambil keuntungan dari aksi demo yang menggulingkan Presiden Saleh Februari lalu untuk mengambil kontrol sebagian besar kawasan selatan Yaman.

BBC

Posting Komentar

0 Komentar