FOTO PALSU TENTANG ROHINGYA BANYAK BEREDAR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Kesimpangsiuran situasi di Rakhine telah dimanfaatkan sejumlah provokator untuk memanaskan situasi di negara bagian Myanmar tersebut. Salah satunya dengan menyebarkan sejumlah foto palsu soal kondisi Rohingya.

Seperti dilaporkan BBC, salah satu foto palsu yang banyak beredar di media sosial adalah foto deretan mayat yang menghitam karena terbakar di sebuah lapangan terbuka. Faktanya, gambar itu bukan gambar warga Rohingya, melainkan foto yang menceritakan soal gempa hebat yang terjadi di Tiongkok pada 2010 lalu. Foto tersebut diambil oleh Ni Xuying dan dimuat pada laman EPA. Foto karya juru potret Tiongkok tersebut menggambarkan biksu Tibet yang melemparkan jenazah anak kecil ke dalam kuburan massal di kota Jiegu.

Sementara itu, situasi di Rakhine kembali memanas setelah militer melakukan operasi militer yang menyebabkan ribuan warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh. Seperti dilaporkan BBC, Kamis 24 November 2016, otoritas Kementerian Luar Negeri Bangladesh telah memanggil duta besar Myanmar untuk menyampaikan kekhawatiran pemerintah Bangladesh terhadap operasi militer Myanmar belakangan ini.

Operasi militer selama enam minggu terakhir di Rakhine tersebut telah memaksa setidaknya 30.000 etnik minoritas Rohingya, yang mayoritas beragama Islam, melarikan diri dari rumah mereka di negara bagian Rakhine, Myanmar, dan ribuan di antaranya menyeberang ke wilayah negara tetangga Bangladesh.

Bangladesh meminta Myanmar mengizinkan mereka pulang tanpa rasa takut dan menjamin keselamatan mereka. Dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Bangladesh mengatakan telah meminta Myanmar untuk 'memastikan integritas perbatasan' dan menghentikan membanjirnya warga dari negara bagian Rakhine.

"Di balik upaya sungguh-sungguh petugas penjaga perbatasan untuk mencegah membanjirnya orang, ribuan warga negara Myanmar yang mengalami kesulitan, termasuk perempuan, anak-anak dan orang tua terus menyeberang perbatasan masuk ke Bangladesh," demikian pernyataan Kemenlu Bangladesh seperti dilaporkan BBC.

Bagi Bangladesh, membanjirnya pengungsi Rohingya dari Rakhine ke negara mereka, jika tak dihentikan otoritas Myanmar, maka ini akan membebani negara miskin di Asia Selatan.

Laporan wartawan BBC urusan Asia Selatan, Charles Haviland menyebutkan, meskipun pemerintah Bangladesh melayangkan protes terhadap Myanmar, negara miskin di Asia Selatan ini berusaha keras untuk menghentikan warga Rohingya masuk ke wilayah mereka. Banyak di antara warga Rohingya ini yang sudah masuk ke perbatasan Bangladesh, dikirim balik ke Myanmar.

PR


Jual Baju Wanita Dress Blouse Kemeja Jaket Celana Baju Pria Baju Anak Baju Couple Baju Muslim Tas Wanita Sepatu Nike Adidas Dll Harga Murah hubungi SMS/WA/LINE 085721536262 FOLLOW IG @tokotim Bisa kirim ke seluruh Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar