GEMPA AUSTRALIA BARAT TERASA SEPERTI BOM ATOM

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Tiga gempa bumi mengguncang Australia bagian barat sepanjang Sabtu 28 Mei hingga Minggu 29 Mei 2016 dini hari waktu setempat. Peristiwa tersebut merupakan gempa dengan kekuatan terbesar yang pernah terjadi di Australia Barat.

Tiga gempa mengguncang Norseman sepanjang waktu tersebut. Namun, getaran gempa dapat dirasakan hingga Perth. Gempa pertama kali terjadi pada Sabtu pukul 23.30 waktu setempat dengan kekuatan 4,9 SR. Berselang satu jam kemudian, gempa kembali mengguncang dengan kekuatan 5,2 SR. Terakhir, gempa terjadi pada Minggu pukul 01.44 dengan kekuatan 3,2 SR.

Ahli seismologi senior Australia Dan Jaksa mengatakan gempa sepanjang tengah malam itu adalah yang terbesar di Australia Barat sejak gempa berkekuatan 5 SR mengguncang Kalgoorlie pada April 2010. Kala itu, sejumlah gedung rusak berat akibat guncangan gempa.

Jaksa menuturkan gempa terjadi karena tekanan tektonik akibat lempeng Benua Australia bergeser sejauh 7 sentimeter (cm) setiap tahunnya. Gempa semalam disebutnya setara dengan kekuatan bom atom. “Ketika kita bicara tes nuklir, biasanya getaran akibat bom mencapai 5 SR,” terang Jaksa, seperti dimuat The Guardian, Minggu (29/5/2016).

Gempa merupakan hal yang biasa terjadi di Australia Barat, terutama di wilayah Wheatbelt. Namun, menurut Jaksa, gempa sangat berbahaya karena lokasinya selalu berpindah-pindah. “Kita hanya tidak terbiasa dengan gempa karena mereka tiba-tiba datang dan terjadi di suatu tempat secara acak. Jadi, kita belum melakukan persiapan apa-apa,” tutupnya.

Menurut keterangan pemadam kebakaran dan layanan darurat setempat, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kerusakan gedung akibat gempa. Namun, mereka akan terus bersiaga menunggu laporan dari korban gempa.

OKEZONE 


 Jual Nastar ngepros enak banget, Marmer Cake, Kue Bolu Cake Vanilla, Cake Moka, Pempek Dos, Cheese Stick, Pizza, Kastengel, dll. Cara beli mudah hub SMS/WA: 085721536262 - Twitter: @timsolshop -Facebook: Tim's Ol Shop - IG bandunghomebakemurah

Posting Komentar

0 Komentar