GUNUNG SANGEANG API DI NTB MELETUS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Gunung Sangeangapi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat meletus sekira pukul 15.55 Wita. Status gunung dinaikan menjadi siaga terhitung mulai pukul 16.00 WITA.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jumat (30/5/2014).

Menurut Dia, saat terjadi letusan penduduk yang sedang berada di kebun melakukan evakuasi dibantu oleh BPBD Bima bersama SAR, TNI, dan Polri dari Pulau Sangeang menggunakan kapal.

"Pulau Sangeang api tidak ada permukiman permanen. Penduduk Sangeang daratan memiliki kebun di pulau tersebut sehingga saat terjadi letusan penduduk yang sedang berada di kebun melakukan evakuasi dibantu oleh BPBD Bima bersama SAR, TNI, dan Polri dari Pulau Sangeang menggunakan kapal," ujarnya kembali.

Saat ini lanjut Sutopo, penduduk telah dievakuasi ke Sangeang darat. Bupati Bima dan BPBD Bima sudah berada di Desa Sangeang , Kecamatan Wera, Kabupaten Bima yang berjarak enam kilometer dari gunung api.

"BPBD telah mengirimkan logistik dan peralatan ke daerah tersebut. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa. Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah memerintahkan tim reaksi cepat BNPB segera ke lokasi untuk memberikan pendampingan BPBD Bima,"ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan letusan Gunung Sangeangapi masyarakat diinta tidak melakukan aktivitas di Pulau Sangeangapi. Gunung Sangeangapi adalah salah satu gunung yang cukup sering meletus seperti pada tahun 1911, 1953, 1964-1967, 1985-1987, dan 1997-1999.

OKEZONE




Posting Komentar

0 Komentar