MENYUSUI TERBUKTI MAMPU TINGKATKAN IQ BAYI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Ada banyak bukti bahwa menyusui mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan pada bayi. Mulai dari menurunkan risiko infeksi kandung kemih, infeksi telinga, obesitas, dan diabetes bagi ibu dan anak.

Selain itu, menyusui juga dipercaya membuat otak bayi lebih cerdas. Hal itu pun akhirnya dibuktikan dalam penelitian terbaru yang dilaporkan di jurnal JAMA Pediatrics.

"Menyusui memang mampu meningkatkan IQ bayi," terang Mandy Belfort dari Harvard Medical School, seperti yang dikutip oleh USA Today.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari 1.312 ibu dan bayinya, penelitian tersebut menemukan bahwa menyusui lebih lama mampu meningkatkan kemampuan verbal anak ketika berusia tiga tahun dan keterampilan non-verbal atau IQ saat mencapai usia tujuh tahun.

Sayangnya, konsumsi ikan oleh ibu yang menyusui tidak memengaruhi perkembangan kognitif anak. (Ikan kaya omega-3 selama ini dikaitkan dengan perkembangan otak.)

Anjuran menyusui sendiri sebenarnya diberlakukan agar ibu memberi ASI eksklusif pada bayi sampai usia empat bulan. Setelah itu, ibu tetap memberikan ASI disertai makanan pendamping ASI hingga bayi mencapai usia satu tahun.

Meskipun begitu, peneliti tidak menyebutkan berapa lama ibu sebaiknya menyusui bayinya. Mereka menegaskan bahwa penelitian ini merupakan salah satu bukti lain yang menunjukkan khasiat ASI bagi kecerdasan bayi.

MERDEKA


Posting Komentar

0 Komentar