GERAH SAAT CUACA PANAS? PILIH MINUMAN HANGAT

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Jika Anda termasuk jutaan orang yang memilih segelas air dingin dibandingkan teh hangat saat terik panas, sebaiknya Anda berpikir ulang.

Peneliti di Universitas Cambridge menemukan, minum minuman panas akan membuat Anda merasa lebih sejuk, dibandingkan konsumsi cairan dingin di kala cuaca panas.

Ahli ilmu saraf yang menjadi pemimpin peneliti Profesor Peter McNaughton mengatakan, konsumsi minuman panas seperti teh atau kopi akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga menyebabkan tubuh berkeringat.

Menurut McNaughton, saraf di mulut dan alat pencernaan bagian atas bereaksi saat minuman panas dikonsumsi. Otak distimulasi untuk menghasilkan lebih banyak keringat.

Saat evaporasi, keringat secara efektif dapat mendinginkan suhu tubuh. Air menguap secara cepat dari kulit. "Dan jika air menguap," McNaughton menjelaskan, "Anda akan merasa sejuk."

Sementara minuman dingin hanya mendinginkan tubuh secara sementara. "Karena volume minuman dingin lebih kecil dibandingkan tubuh manusia. Jadi efek rasa dingin akan hilang dengan cepat," kata McNaughton.

Senada, pakar pengaturan suhu manusia di Universitas Sydney, Dr Christopher Gordon mengatakan meniman hangat memiliki efek "mendinginkan."

"Keringat baru akan diproduksi atau mengalami peningkatan produksi jika orang tersebut sudah merasa kepanasan. Saat menenggak minuman panas, memang orang sering merasa panas. Tapi setelahnya mereka akan merasa lebih dingin saat mulai berkeringat, katanya seperti dikutip Deutsche Welle.

Kelenjar keringat didistribusi ke seluruh permukaan kulit. Gordon menjelaskan, "Distribusi kelenjar keringat lebih banyak di wilayah seperti kepala, tangan, dan kaki. Saat berkeringat, orang sering merasa lebih dingin saat menyadari perubahan suhu kulit di wajah."

Gordon menekankan pentingnya berkeringat saat cuaca panas.

"Karena jika tubuh tidak berkeringat di lingkungan yang panas, maka pusat suhu tubuh akan meningkat dan kenaikan beberapa derajat saja sudah bisa menyebabkan kerusakan pada otak dan berakhir pada kematian," ujar McNaughton.

Tidak hanya dengan minuman panas, makan makanan pedas juga membantu tubuh merasa sejuk.

"Makanan pedas, seperti cabai yang mengandung kapsaisin, memicu sistem saraf pusat. Ini menyebabkan rasa panas di dalam mulut bertambah dan suhu kulit akan mengalami vasolidasi, pelebaran pembuluh darah, dan berkeringat. Rasa panas dalam tubuh berpindah ke kulit lalu ke udara sekitar tubuh," kata Gordon.

SUARAKARYA 


JUAL ANEKA MINUMAN HANGAT HOT CHOCOLATE, HOT COFFEE, HOT TEA YANG BIASA DI RESTO2 TERKENAL. MINAT LANGSUNG SAJA WA 08882019835 - 085721536262 @timsolshop

Posting Komentar

0 Komentar