BAND ROCK AC/DC BIKIN HEBOH REAKTOR NUKLIR IRAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Para teknisi di fasilitas reaktor nuklir Iran kembali dipusingkan dengan serangan virus pada sistem komputer mereka.

Tidak hanya merusak konfigurasi jaringan komputer, virus ini juga secara otomatis memainkan lagu Thunderstruck milik band rock lawas AC/DC.

Diwartakan UPI, F-Secure Security Labs melaporkan bahwa sebuah virus atau worm baru telah mematikan 'automation network' pada fasilitas nuklir Iran di wilayah Natanz dan Fordo.

Laporan ini dirilis perusahaan pembuat antivirus asal Finlandia tersebut setelah menerima e-mail yang dikirim oleh teknisi di Badan Energi Atom Iran.

"Sistem komputer tiba-tiba memutar lagu cadas saat tengah malam dengan volume paling keras dan tidak bisa diubah. Saya yakin itu lagu Thunderstruck milik AC/DC," tulis teknisi yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Akibat serangan itu, sistem otomatis jaringan komputer di fasilitas nuklir Natanz dan Fordo di dekat Kota Qom lumpuh.

Bukan kali ini saja fasilitas reaktor nuklir Iran diserang virus pada sistem komputer mereka. Pada 2010, sebuah virus bernama Stuxnet juga melumpuhkan sistem komputer di beberapa reaktor nuklir dan kilang minyak di Iran.

Selain mematikan jaringan, virus itu pun mengunduh data tentang kemajuan proses pengayaan uranium dari negara tersebut.

Iran menuding AS dan Israel sebagai dalang dari sabotase di beberapa fasilitas nuklir mereka. Tetapi pihak Washington dan Tel Aviv membantah tuduhan itu.

Kedua negara tersebut, malah balik menuduh bahwa negara pimpinan Mahmoud Ahmadinejad itu sedang mengembangkan senjata nuklir.

INILAH

Posting Komentar

0 Komentar