NUKLIR IRAN JADI ANCAMAN EROPA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Jerman sangat prihatin dengan program nuklir Iran yang bukan hanya mengancam Timur Tengah tapi juga bisa menimbulkan ancaman bagi Eropa. Hal itu dikatakan Presiden Jerman Joachim Gauck di Jerusalem, Selasa (29/5).

"Saya sangat prihatin dengan program nuklir Iran. Itu bukan hanya merupakan bahaya nyata bagi Israel tapi juga seluruh wilayah ini dan bahkan memiliki potensi bahayabagi kami di Eropa," kata Gauck dalam pertemuan dengan sejawatnya dari Israel Shimon Peres.

Namun ia menekankan Berlin terikat komitmen untuk menemukan penyelesaian diplomatik bagi kebuntuan mengenai program nuklir Iran, yang diduga Israel dan sebagian besar negara Barat sebagai upaya untuk membuat bom atom.

"Jerman berkomitmen bagi penyelesaian diplomatik yang dilandasi sanksi," kata Gauch yang merujuk kepada sanksi yang diberlakukan atas Teheran oleh Washington, PBB dan Uni Eropa.

Sementara itu, Peres mengatakan Iran mengancam Holocaust baru terhadap Israel. "Kebijakan (nuklir) Iran menimbulkan awan gelap bagi seluruh wilayah ini. Mereka sesungguhnya sedang membuat senjata nuklir. Senjata ini adalah ancaman bagi seluruh dunia," kata Presiden Israel itu.

MICOM

Posting Komentar

0 Komentar