ISRAEL BANGUN TEMBOK DI PERBATASAN DENGAN LEBANON

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Militer Israel, Senin (30/4/2012), mulai membangun tembok sepanjang beberapa kilometer di wilayah perbatasannya dengan Lebanon, kata juru bicara militer negara itu kepada AFP.

"Konstruksi ini, yang dimulai Senin, dilakukan dengan berkoordinasi dengan UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) dan tentara Lebanon. Tembok ini dimaksudkan untuk mencegah friksi di perbatasan itu," kata juru bicara tersebut.

Radio publik Israel mengatakan, tinggi tembok itu akan mencapai beberapa meter dan dimaksudkan untuk melindungi kota perbatasan Israel, Metulla, dari tembakan yang datang dari wilayah Lebanon. Pembangunan tembok itu diperkirakan akan berlangsung beberapa minggu.

Militer Israel telah mengumumkan proyek Januari lalu. Militer mengatakan bahwa tembok itu akan melindungi blok apartemen yang baru dibangun di Metulla dari penembak gelap yang datang dari kota perbatasan Lebanon, Kfar Kila.

Israel dan Lebanon secara teknis masih berperang tetapi para pejabat militer dari kedua belah pihak bertemu secara teratur dengan perantarai UNIFIL untuk mengoordinasikan keamanan di sepanjang perbatasan bersama mereka. Israel terlibat perang yang menghancurkan dengan kelompok Hezbullah Lebanon pada 2006. Peran itu menelan korban tewas 1.200 orang di Lebanon, terutama warga sipil. Sebanyak 160 warga Israel, kebanyakan tentara, juga tewas.

KOMPAS

Posting Komentar

0 Komentar