WARIA INDONESIA MERAMBAH MALAYSIA

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Para waria di Taman Melaka Raya, Melaka, Malaysia, jengkel karena serbuan waria asing, terutama yang berasal dari Indonesia. Menurut seorang waria yang mengaku bernama Shasa, persaingan itu sangat berat.

"Waria asing, banyak yang dari Indonesia, tidak takut pada kami dan mereka memiliki pelindung. Kami juga punya pelindung, tetapi (waria) yang asing sangat kuat dan jumlahnya lebih banyak," ujar Shasa seperti dilansir The Star.

Sebagian besar waria asing masuk negara itu menggunakan visa kerja atau belajar.

Para waria asing menganggap Taman Melaka Raya sebagai ladang emas karena kawasan itu menjadi jujugan turis asing, ungkap Datuk Norpipah Abdol, kepala Komisi Pengembangan Kesejahteraan Perempuan dan Keluarga Malaysia.

"Kami mengetahui keberadaan mereka. Kami siap memberi konseling dan dukungan emosional," imbuh Norpipah.

Sebelumnya The Star melaporkan, Senin (3/10/2011), bahwa sejumlah waria memindahkan operasi mereka ke distrik bisnis di kota itu.

Di tengah persaingan yang ketat itu, para waria harus kreatif. Banyak dari mereka yang menambah layanan dengan menjadi pemandu wisata.

Norpipah mengatakan, pemerintah akan mencari bantuan dari lembaga-lembaga non-pemerintah dan Departemen Agama Islam negara bagian itu untuk membimbing para waria.

"Mereka memerlukan bantuan, namun mereka juga harus tahu bahwa yang mereka lakukan itu salah secara moral," ujar Norpipah.

Norpipah menambahkan, pemerintah negara bagian akan bekerja sama dengan departemen imigrasi, Dewan Kota Bersejarah Melaka, dan pihak kepolisian untuk mengecek status kewarganegaraan para waria itu.

KOMPAS

Posting Komentar

0 Komentar