BESOK, NANAN RESMI JADI WAKAPOLRI



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen (pol) Nanan Soekarna akan menanggalkan jabatannya Selasa (1/3) besok. Pasalnya jenderal bintang tiga itu akan dilantik menjadi wakapolri menggantikanKomjen (pol) Jusuf Manggabarani yang memasuki masa pensiun.

"Besok pada pukul 09.00 (pagi) akan diadakan serah terima jabatan Wakapolri, direncanakan diserah terimakan dari Komjen (Pol) Jusuf Manggabarani ke Komjen (pol) Nanan Soekarna," ujar Kabid Penum Div Humas Polri Kombespol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Senin (28/2).


Seperti diketahui Polri telah mengeluarkan surat pergantian berdasar Telegram Kapolri nomor STR/159/II/2011, Tanggal 28 Pebruari 2011 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.


Namun demikian mengenai perwira yang bakal menggantikan Nanan di kursi Irwasum Mabes Polri belum menentukan. "Sementara pengganti bapak Komjen (pol) Nanan Soekarna belum ditentukan," tambahnya.


Terpisah, Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane menilai dipilihnya Nanan merupakan komporomi politik untuk menyolidkan di tubuh karena sebelumnya Kapolri Jenderal Timur Pradopo menempatkan Komjen Susno Duadji sebagai Koordinator Penasehat Staf Ahli Kapolri.


"Agak aneh karena Kapolri dan Wakapolri satu angkatan. Akan ada kendala lain kasus Protap yang jadi catatan hitam Nanan dalam kasus protap. Publik akan mengungkit-ungkit termasuk Parpol yang kadernya jadi korban dalam tragedi itu," katanya.


Sebagaimana diketahui, Nanan dianggap bertanggung jawab terhadap tewasnya Ketua DPRD Sumatera Utara, Aziz Angkat pada saat demonstrasi pemekaran di Medan. Saat itu, Nanan menjabat sebagai Kapolda Sumut dan dianggap menyalahi Prosedur Tetap (Protap) pengamanan demonstrasi. Nanan akhirnya dicopot sebagai Kapolda Sumut.


JPNN

Posting Komentar

0 Komentar