MESKI BUTA TETAP BISA NYETIR



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Mustahil bagi kaum tuna netra untuk bisa mengemudikan mobil karena mereka memiliki keterbatasan, atau bahkan kehilangan indera penglihatan, yang menjadi syarat utama seorang sopir.

Untuk seminggu atau setahun atau malah lebih seabad lalu saat mobil mulai ditemukan, fakta itu benar adanya. Tapi sekarang, kondisi ini bakal terbantahkan. Ketiadaan indera penglihatan bukan halangan. Tuna netra bisa nyetir!


Ini akan dibuktikan Mark Riccobono, sukarelawan dari Federasi Tuna Netra Ameriksa Serikat (National Federation of the Blind/NFB). Riccobono bakal mengemudikan mobil khusus Ford Escape Hybrid yang telah dimodifikasi.


Mobil rancangan Virginia Tech Robotics and Mechanism Laboratory terpilih sebagai pemenang tantangan mengemudi bagi tuna netra yang diadakan NFB. Virginia Tech berhasil membuat teknologi yang disebut "mengemudi tanpa visual".


Lewat teknologi ini, orang yang tak punya indera penglihatan bisa nyetir layaknya orang normal. Dan Riccobono diembani tugas oleh NFB melakukan "test drive" pada ajang prabalapan bergengsi Daytona International Speedway, Jumat waktu setempat atau Sabtu.


"Saya buta sejak umur lima tahun, jadi aku tak pernah mencoba dapat SIM atau nyetir mobil tanpa ada orang di sebelah yang memberitahu stir harus dibelokan ke mana," kata Riccobono seperti diberitakan laman i4u, yang dikutip Minggu (30/1),


Bagi Riccobono dan kaum tuna netra Amerika bahkan dunia, ini bakal menjadi sejarah baru. Berkat penemuan ilmuwan Virginia Tech, impian tuna netra yang sangat sulit terwujud kini jadi kenyataan.


Virginia Tech tak menjelaskan alat apa yang digunakan dan apa tugas Riccobono saat mengemudi. Yang pasti, tak lama lagi giliran orang normal mendapat sensasi baru karena disopiri orang buta. Atau mungkin kelak tuna netra diperbolehkan menjadi sopir taksi. Siapa tahu?


JPNN

Posting Komentar

0 Komentar