MAKAN SIANG DI KANTOR BIKIN GEMUK



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Anda suka makan siang sambil browsing internet di ruang kerja? Siap-siaplah bertambah gemuk.
 

Ilmuwan dari Universitas Bristol Inggris menemukan hubungan antara konsentrasi dan selera makan. Penelitian ini dilakukan dengan membagi responden dalam dua grup: kelompok pertama makan sembari main kartu soliter di komputer dan grup kedua makan tanpa gangguan.
 

"Efeknya langsung terasa," kata Kepala Peneliti Dokter Jeff Brunstrom, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (17/12). Usai makan, kedua kelompok disuguhi biskuit coklat. Hasilnya, dalam setengah jam, kelompok yang makan di depan komputer mengudap biskuit dua kali lebih banyak ketimbang kelompok yang makan tanpa gangguan.
 

Penelitian ini menggunakan sembilan menu berbeda untuk memastikan efek berasal dari cara makan, bukan hidangan. Di akhir sesi penelitian, kelompok yang makan di depan komputer juga mengalami kesulitan mengingat apa yang barusan mereka makan.
 

Brunstrom menyimpulkan menyantap sembari melakukan aktivitas lain mendorong seseorang untuk ngemil atau makan lagi beberapa waktu kemudian. Sebab, mereka memiliki ingatan yang lebih rendah tentang makanan yang baru disantap. "Ujungnya berdampak signifikan untuk obesitas," katanya.
 

Hasil ini menguatkan penelitian sebelumnya, yang meneliti dampak menyantap sambil nonton televisi. "Memori dan perilaku makan mempengaruhi porsi makan kita," ujar Brunstrom.
 
TEMPO

Posting Komentar

0 Komentar