ALFRED RIEDL LAYAK DIPERTAHANKAN



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pelatih timnas Alfred Riedl dinilai masih layak dipertahankan meski gagal membawa Indonesia menjuarai Piala AFF 2010.

Pengamat Sepak bola Sulsel Yopie Lumoindong di Makassar, Kamis, mengatakan Alfred memiliki kemampuan dalam meracik strategi yang sangat baik. Mantan pelatih Vietnam itu juga merupakan sosok pelatih yang punya karakter dalam membentuk tim yang lebih padu.

"Selain kemampuannya dalam memotivasi pemain, Alfred juga memiliki karakter dalam membentuk sebuah tim yang lebih terorganisir. Saya kira tidak salah jika memberikan kepercayaan lebih kepadanya," katanya.

Alasan lain sehingga Alfred layak dipertahankan menurut Yopie, tak lepas dari kejeniusannya dalam menentukan pemain. Maklum, dari seluruh pemain timnas yang berlaga di turnamen yang sebelumnya bernama Piala Tiger itu, pada umumnya merupakan pemain baru.

Namun dengan kecerdasannya membuat penampilan pemain timnas yang sebagian besar pemain baru tetap menyakinkan. Kenyataan itu bisa menjadi kredit poin untuk kembali memberikan kepercayaan menangani Firman Utina dkk.

"Zulkifli misalnya, ia sebelumnya hanya pemain yang membela tim Arema, namun karena penampilannya yang baik membuatnya lebih dikenal. Itu tentu tak lepas dari sosok Alfred sebagai pelatih," jelasnya.

Mantan Direktur Teknik PSM itu bahkan mengaku jika Alfred bukan hanya layak mengarsiteki timnas senior, melainkan beberapa timnas junior seperti U-21 dan U-23.

"Ferguson (Alex) juga pernah menangani tim lebih dari satu hingga bukan hal aneh jika kemudian dipercaya juga menangani timnas junior. Saya kira upaya seperti itu akan mendatangkan prestasi bagi Indonesia ke depan," ujarnya.

Mengenai kegagalan timnas menjuarai Piala AFF juga dinilai bukan karena kualitas permainan yang buruk. Hasil itu tak lepas dari konsentrasi yang sempat hilang hingga kebobolan tiga gol ketika berlaga di leg pertama.

"Kegagalan timnas karena konsentrasi pemain di leg pertama yang sempat hilang. Artinya tidak ada yang salah dengan strategi pelatih," jelasnya.

ANTARA

Posting Komentar

0 Komentar