GEMPA 6,0 SR DI THAILAND TEWASKAN SEORANG NENEK DAN LUKAI 23 ORANG

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Gempa bumi berkekuatan 6 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Thailand bagian utara memakan satu korban tewas. Sedangkan 23 orang lainnya mengalami luka-luka akibat gempa ini.

Korban tewas merupakan seorang nenek berusia 83 tahun yang tertimpa tembok rumahnya yang roboh akibat gempa. Demikian seperti disampaikan seorang pejabat Departemen Mitigasi dan Penanggulangan Bencana di Bangkok dan dilansir AFP, Selasa (6/5/2014).

"Sebanyak 23 orang mengalami luka-luka dalam insiden terpisah yang dipicu oleh gempa," terang pejabat tersebut, tanpa memberikan penjelasan soal insiden yang dimaksud.

Gempa yang mengguncang wilayah terpencil Phan, Provinsi Chiang Rai pada Senin (5/5) sore berpusat di kedalaman 7,4 kilometer dari permukaan laut. Getaran gempa tersebut dirasakan hingga ratusan kilometer jauhnya, termasuk di ibukota Bangkok dan juga di Yangon, Myanmar.

"Sejak semalam, terjadi enam gempa susulan yang cukup besar dengan kekuatan antara 5,0 - 5,9 SR dan yang terakhir terjadi pagi ini (6/5)," jelas ahli gempa dari Departemen Meteorologi setempat, Burin Wechbunthung kepada AFP.

Warga setempat mengaku melihat sejumlah gedung retak-retak akibat gempa ini. Beberapa jendela toko setempat serta sejumlah ruas jalan raya rusak akibat gempa. Aliran listrik sempat terputus selama beberapa jam di wilayah Phan.

Wilayah Phan merupakan wilayah pegunungan terpencil yang terletak di dekat perbatasan dengan Myanmar dan juga Laos. Wilayah tersebut juga sangat dikenal oleh wisawatan mancanegara yang berkunjung ke Thailand.

Gempa bumi tersebut dilaporkan terasa hingga ke wilayah Chiang Mai yang berjarak 160 kilometer dari Chiang Rai dan juga terasa hingga ke Bangkok yang terletak sejauh 800 kilometer di sebelah selatan. Gedung-gedung bertingkat yang ada di Bangkok sempat bergetar akibat gempa tersebut.

DETIK




Posting Komentar

0 Komentar