TIM PENYIDIK: RUDAL BUK RUSIA HANTAM MH17, 298 ORANG TEWAS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)
 
Tim penyidik gabungan lima negara yang bekerja lebih dari dua tahun untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah Ukraina akhirnya menyimpulkan bahwa penyebab kecelakaan MH17 berasal dari rudal yang ditembakkan pemberontak pro-Rusia.

Dalam konferensi pers di Nieuwegein, Belanda, pada Rabu, 28 September 2016, tim Investigasi Gabungan yang dipimpin Belanda (JIT) mengatakan rudal Buk 9M38 menghantam tubuh pesawat Malaysia Airlines Boeing 777 dan menewaskan seluruh penumpang dan awaknya yang berjumlah 298 orang. Sebagian besar korban yang tewas adalah warga Belanda.

"Berdasarkan data investigasi kami menyimpulkan penerbangan MH17 dijatuhkan oleh misil BUK 9M83 yang berasal dari wilayah Rusia," kata kepala investigasi kepolisian Belanda, Wilbert Pulissen, seperti yang dilansir Channel News Asia pada 28 September 2016.

Paulissen mengatakan rudal itu ditembakkan dari medan garapan 6 kilometer (3 mil) sebelah selatan dari Desa Snizhne. Saat peluncuran, wilayah tersebut berada di bawah kendali pejuang pro-Rusia.

Tim penyidik yang beranggotakan Belanda, Malaysia, Australia, Belgia, dan Ukraina juga mengungkapkan bahwa ada saksi yang melaporkan bahwa telah mendengar suara ledakan keras seperti sedang melepaskan tembakan, disusul oleh suara seperti rudal terbang sebelum terlihat asap yang mengepul di udara.

Paulissen mengatakan MH17 jatuh sekitar 25 kilometer dari tempat rudal dilepaskan, pada 17 Juli 2014 sekitar pukul 04.20 waktu setempat. Data satelit yang ditunjukkan oleh European Space Agency menegaskan tempat peluncuran tersebut.

TEMPO 



 Jual Baju Wanita Dress Blouse Kemeja Jaket Celana Baju Pria Baju Anak Baju Couple Baju Muslim Dll Harga Murah hubungi SMS/WA/LINE 085721536262 FOLLOW IG @tokotim Bisa kirim ke seluruh Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar