KOMANDAN ISIS DI FALLUJAH, TEWAS DALAM PENGEPUNGAN

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Komandan kelompok Negara Islam atau ISIS untuk wilayah Fallujah, Irak, termasuk di antara 70 militan yang tewas dalam serangan udara yang dilancarkan koalisi, kata militer AS.

Kolonel Steve Warren mengatakan lebih dari 20 serangan telah dilancarkan dalam empat hari terakhir, menghancurkan posisi-posisi ISIS.

Penyerbuan-penyerbuan itu dilakukan untuk mendukung pasukan Irak yang berupaya untuk merebut kembali Fallujah dari ISIS.

Komandan ISIS di kota itu, Maher Al-Bilawi, tewas dalam pemboman yang menyasar posisi para petempur dan lokasi persenjataan ISIS, kata Kolonel Warren.

Namun, sang kolonel memperingatkan bahwa masih jelas berapa lama lagi pertempuran akan berlangsung untuk merebut kembali kota itu.

Sekitar 50.000 warga sipil masih terperangkap di kota itu dan telah diberitahu melalui leaflet yang dijatuhkan dari udara agar menghindari daerah ISIS dan menempatkan kertas putih di atap rumah mereka, kata Kol Warren.

PBB mengatakan telah mendapat laporan tentang orang yang mati kelaparan dan dibunuh karena menolak untuk bertempur di pihak ISIS.

"Kami mendapatkan laporan dramatis tentang peningkatan jumlah eksekusi terhadap pria dan anak laki-laki yang cukup besar, yang menolak bertempur atas nama ISIS," kata Melissa Fleming, juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.

"Laporan lainnya menyebut, sejumlah orang yang mencoba pergi dari kota itu dieksekusi, atau dicambuk. Seorang dilaporkan diamputasi kakinya."

PBB mengatakan ratusan keluarga berhasil meninggalkan kota pada hari Jumat dengan bantuan pasukan pemerintah.

Serangan dilakukan oleh pasukan gabungan yang terdiri dari ribuan tentara Irak, polisi dan miltan suku Sunni, kata Warren pula.

Pasukan milisi juga terlibat tetapi bersedia untuk tetap berada di luar kota, tambahnya.

Fallujah jatuh ke tangan ISIS tahun 2014, setelah mereka melancarkan ofensif sejak Juni 2014 merebut wilayah besar di utara dan barat Baghdad.

Belakangan, pasukan pemerintah Irak sudah mulai mengusir mereka, dengan bantuan serangan udara AS.

Militer Irak sudah merebut kembali kota Ramadi dari ISIS, Desember lalu.

BBC 


 Jual Nastar ngepros enak banget, Marmer Cake, Kue Bolu Cake Vanilla, Cake Moka, Pempek Dos, Cheese Stick, Pizza, Kastengel, dll. Cara beli mudah hub SMS/WA: 085721536262 - Twitter: @timsolshop -Facebook: Tim's Ol Shop - IG bandunghomebakemurah

Posting Komentar

0 Komentar