TENTARA NIGERIA DAN BOKO HARAM BENTROK, 185 ORANG TEWAS

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Setidaknya 185 orang tewas di timur laut Nigeria dalam bentrokan antara pasukan militer negara itu dan militan Boko Haram, kata para pejabat.

Lawan Kole, seorang pejabat pemerintah setempat mengatakan kepada Gubernur Borno Kashim Shettima bahwa pertempuran dimulai di Baga, Borno pada hari Jumat lalu dan berlangsung selama berjam-jam, Associate Press melaporkan.

Tidak jelas berapa banyak korban tentara, warga sipil atau militan karena banyak mayat telah terbakar dan tak bisa dikenali dalam kebakaran yang melalap seluruh bagian kota.

Brigadir Jenderal Austin Edokpaye mengatakan banyak warga sipil digunakan sebagai perisai manusia oleh militan Boko Haram, yang menggunakan senapan mesin berat dan granat berpeluncur roket.

"Ketika kami memperkuat pasukan dan kembali ke tempat kejadian para teroris keluar dengan senjata berat, termasuk (granat roket), yang biasanya memiliki efek kebakaran," kata Jenderal.

Namun, beberapa penduduk setempat mengatakan bahwa militan sengaja membakar selama serangan itu.

Banyak warga takut dan berkemas untuk meninggalkan kota dengan anggota keluarga mereka yang masih tersisa, meskipun upaya Shettima yang memaksa mereka tetap tinggal.

"Semua orang telah di semak-semak sejak Jumat malam. Kami mulai kembali ke kota karena gubernur datang ke kota hari ini," kata salah seorang warga.

Dia menambahkan, "Untuk mendapatkan makanan di kota menjadi masalah karena sekarang bahkan pasar pun dibakar. Kami masih memilih mayat perempuan dan anak-anak di semak-semak dan sungai."

Boko Haram telah mengaku bertanggung jawab atas sejumlah serangan senjata dan bom mematikan di berbagai bagian Nigeria sejak 2009.

Kelompok hak asasi manusia melaporkan bahwa tindakan kekerasan oleh Boko Haram sejak pertengahan tahun 2009 telah menewaskan lebih dari 1.000 orang, termasuk lebih dari 300 pada tahun 2012.

WARTA

Posting Komentar

0 Komentar