MUSIK SEHATKAN TUBUH DAN SEGARKAN JIWA



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Manfaat musik bagi kehidupan manusia sudah banyak diketahui orang terutama berkaitan dengan hiburan. Tapi musik tak hanya memberikan hiburan. Ada manfaat lain bagi pikiran dan tubuh yang pada akhirnya menyegarkan jiwa. Berikut manfaat musik bagi manusia;

1. Musik dan Olahraga

Musik bisa berpengaruh bagi mood kita saat berolahraga. Musik dengan tempo lambat akan mempengaruhi stamina dan kondisi tubuh saat menggerakkan anggota badan. Cari jenis musik yang tepat untuk kebutuhan gerakan tubuh. Musik dengan tempo cepat akan membawa suasana bersemangat dan akan menggerakkan seluruh bagian anggota badan. Kalori pun akan terbakar.

2. Musik Membantu Meredakan Stres

Asosiasi Terapi Musik di Amerika Serikat memiliki data bahwa musik bisa membantu orang menghilangkan stres dan kecemasan. Sementara itu hasil penelitian di Fakultas Kedokteran di Universitas Yale menemukan bahwa pasien yang mendengarkan musik favoritnya selama 30 menit sebelum menjalani operasi bisa mengurangi tingkat stres dan lebih rileks. Maka sangat baik bagi Anda untuk mendengarkan musik favorit sebelum menghadapi momen yang menegangkan dalam hidup.

3. Musik dan Kerja

Pegawai yang masih berusia muda memiliki konsentrasi lebih baik jika mereka mendengarkan musik tanpa lirik. Musik instrumental akan membantu orang lebih fokus pada pekerjaan di kantor. Sementara, lagu-lagu yang sangat emosional bagi pendengarnya, baik yang disukai atau tidak, akan menghilangkan kemampuan fokus kerja orang. Catatan ini merupakan hasil rangkuman sebuah jurnal dunia kerja yang dikutip dari media She Knows.

4. Musik dan Pengaturan Volume

Musik memang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Tapi jika pengaturan volumenya terlalu kencang, justru akan mengganggu sistem pendengaran. Studi yang dilakukan National Institute on Dafness and Other Communication Disorders menyebutkan bahwa suara keras hingga 85 desibel bisa merusak pendengaran secara permanen. Apabila Anda menggunakan iPod dan menyetel volumenya hingga maksimal 100 desibel dijamin akan merusak sistem pendengaran. Indikasinya, jika teman di sebelah Anda sampai bisa ikut mendengar apa yang sedang Anda dengarkan padahal Anda menggunakan earphone, nah segeralah kecilkan volumenya.

LIPUTAN6

Posting Komentar

0 Komentar