BELANDA TERSINGKIR, VAN DER SAR TERPUKUL

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Mantan kiper timnas Belanda, Edwin van der Sar, mengatakan dirinya sangat terguncang karena negaranya gagal lolos ke perempat final Euro 2012. Belanda dipastikan tersingkir setelah kalah 1-2 dari Portugal dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup B di Stadion Metalist, Senin dini hari, 18 Juni 2012.

“Saya sangat terpukul,” kata Van der Sar kepada RCTI. “Kami datang ke turnamen. Kami terlihat membangun tim hingga turnamen bergulir. Kami kehilangan satu atau dua pemain, hanya beberapa yang kembali dari cedera. Lalu, selama turnamen, beberapa bagian dari tim tidak berfungsi bersama-sama.”

Tergabung di Grup B bersama Jerman, Portugal, dan Denmark, Belanda gagal menunjukkan kualitas mereka. Tim asuhan Bert van Marwijk itu tak pernah menelan kekalahan selama kualifikasi Euro 2012 yang sudah berlangsung sejak 2010 lalu. Namun, ketika tampil di putaran final mereka justru gagal meraih satu kemenangan pun.

“Ini adalah hasil yang mengecewakan bagi kami setelah apa yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir,” kata mantan pemain Ajax Amsterdam, Juventus, dan Fulham ini. “Saya kira Maarten Stekelenburg melakukan tugas dengan baik. Tapi kinerja kami secara keseluruhan pada paruh kedua tak sesuai dengan harapan.”

Van der Sar telah 14 tahun berkarier di timnas. Dia sudah 130 kali tampil berada di bawah mistar De Oranje. Mantan pemain Manchester United itu juga menilai bahwa kapten Belanda, Mark van Bommel, sudah seharusnya pensiun dari laga internasional.

“Saya pikir karier van Bommel di tim nasional sudah berakhir,” ujar van der Sar. “Akan ada satu atau dua perubahan di tim ini.”

TEMPO

Posting Komentar

0 Komentar