"SELAT HORMUZ DITUTUP, IRAN AKAN SAYA SERANG"



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Bakal calon kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Mitt Romney mengatakan, dirinya akan melancarkan operasi militer bila Iran menutup Selat Hormuz.

"Penting bagi militer kita untuk menjaga keamanan di laut lepas. Penutupan Selat Hormuz akan menciptakan peperangan," ujar Romney, seperti dikutip AFP, Selasa (24/1/2012).

"Kita akan tunjukkan ke Iran bahwa menutup Selat Hormuz sama halnya dengan aksi teror yang akan menjustifikasi penggunaan sebuah kekuatan militer. AS akan selalu menjaga agar perairan itu tetap terbuka," tegasnya.

Pada saat berkampanye di Tampa, Florida, Romney juga menilai, Angkatan Laut AS tampak melemah dan jumlahnya tidak sebesar pada tahun 1917 silam.

Saat ini, mantan Gubernur Massachusetts itu pun masih bersaing untuk mengalahkan Newt Gingrich yang juga berasal dari kubu Partai Republik. Gingrich terbukti menang di South Carolina dan mendapatkan 40 persen suara. Di South Carolina, Romney yang selalu tampak unggul di beberapa Negara Bagian AS hanya berhasil meraih 28 persen suara.

Meski demikian, tim kampanye Romney menilai, kemenangan yang diraih oleh Gingrich bukanlah hal yang aneh, karena South Carolina adalah daerah yang dipenuhi oleh simpatisan kelompok konservatif.

Meski demikian, Romney tampaknya masih menjadi salah satu bakal calon kandidat presiden yang kuat. Miliuner itu pun didukung oleh mantan rivalnya di pemilihan Presiden AS 2008, John McCain.

OKEZONE

Posting Komentar

0 Komentar