CIA AKAN RILIS DOKUMEN PENAWANAN DI CHINA



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Badan Intelijen AS (CIA) akan merilis sebuah dokumenter mengenai agen rahasia mereka yang ditawan China selama dua tahun.

Dokumenter penawanan agen-agen yang sedang berada dalam misi rahasia itu berhasil diperoleh kopinya oleh media Associated Press, atas dasar Undang-Undang Kebebasan Informasi.

Menurut AP, dokumenter tersebut bertajuk 'Extraordinary Fidelity' dan berdurasi sekitar satu jam. Isinya mengenai dua agen intelijen yang ditembak saat berusaha mengumpulkan hasil kerja spionase mereka di Manchuria.

Dua pilot pesawat mereka tewas. Namun dua agen, Richard G Facteau dan John T Downey, ditangkap. Pada akhirnya, mereka dibebaskan masing-masing pada 1971 dan 1973.

Film semacam ini merupakan satu-satunya dalam sejarah CIA dan mulanya dirilis untuk kepentingan internal saja. Namun, CIA akhirnya merilis setelah hampir setahun AP meminta kopi film tersebut.

CIA rencananya akan merilis film tersebut di akun YouTube resmi agensi itu. Film diproduksi oleh Centre for the Study of Intelligence CIA dan pernah diperlihatkan di markas CIA di Langley, Virginia, tahun lalu.

Film itu juga akan ditayangkan untuk masyarakat di National Museum of the United State Air Force, Wright-Patterson Airforce di Dayton, Ohio, pada Kamis (2/6) waktu setempat.

INILAH

Posting Komentar

0 Komentar