KEKERASAN ULAMA DI CICALENGKA, ANSOR DAN BANSER SIAP SISIR PELAKU



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Tindakan penganiayayan terhadap ulama yang terjadi di Cicalengka tepatnya kepada KH Umar Basri Pondok Pesantren Al-Hidayah oleh pihak tidak dikenal membuat Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bandung, Jawa Barat merasa prihatin.

Hal itu diungkapkan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bandung, Hasan (38). Dalam pernyataannya, ia menilai bahwa tindakan menganiaya manusia, apalagi itu seorang ulama adalah perbuatan keji.

"Saya mengutuk aksi kekerasan tersebut, karena kami GP Ansor sangat menghargai ulama, bahkan Banser bertugas mengawal mereka," ujar Hasan setelah menjenguk korban.

Hasan mendorong pihak keamanan harus cepat melakukan pencarian pelaku. Ia menyatakan, jika kasus ini terlambat dicari, GP Ansor dan Banser akan bergerak menyisir.

"Kami menyerukan kepada aparat kepolisian untuk mengusut pelakunya sampai dapat dalam 1 x 24 jam. Kalau tidak tertangkap, kami akan bergerak mengintruksikan Ansor dan Banser se-Kabupaten Bandung," ucapnya.

Kronologi kejadian

Pada Sabtu, (27/1) pukul 05.30 WIB terjadi tindak pidana penganiayaan terhadap KH Umar Basri (Alias Ceng Emon/Mama Santiong). Pelaku diketahui seorang laki-laki yang identitasnya belum teridentifikasi dengan ciri-ciri berpakaian kemeja levis dan memakai sarung.

Pelaku awalnya mengikuti sholat berjamaah shubuh di Mesjid Al-Hidayah. Kemudian setelah sholat berjamaah selesai para jamaah keluar dari mesjid, korban (Pangersa Mama) dan pelaku masih berada di masjid. Lampu masjid dimatikan oleh santri seperti biasa.

Dalam kondisi gelap dan Kiai Umar Basri sedang membaca wirid khusus, tiba-tiba pelaku langsung menyerang, memukul bertubi-tubi, menggunakan tangan kosong.

Sebelumya pelaku menendang kotak penyimpanan amplifier sambil berkata-kata dalam bahasa Sunda, “ini pinarakaeun (ini alat menuju neraka)”. Sambil dikatakan berulang-ulang, dan tersangka berkata lagi, “nu didiyeu punarakaeun kabeh (yang di sini calon penghuni neraka semua)”.

NUONLINE

Posting Komentar

0 Komentar