RUPIAH MELEMAH, GELOMBANG PHK TERJADI DI SEMUA SEKTOR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)


Perlambatan ekonomi global yang berpengaruh pada lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, dan mengancam perusahaan gulung tikar. Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) buruh, atau pekerja pun terjadi di banyak perusahaan.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan, saat ini sudah banyak perusahaan yang memecat, atau mem-PHK para pekerjanya. PHK banyak terjadi di wilayah-wilayah Tangerang, Bekasi, dan Solo, Jawa Tengah.

"Sudah hampir semua sektor, (pekerja) sudah kena PHK," ujar Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani kepada Viva.co.id di Jakarta, Jumat 28 Agustus 2015

Hariyadi mengatakan, perusahaan perusahaan yang banyak melakukan PHK kepada para pekerjanya, rata-rata perusahaan yang mengandalkan barang impor dalam memproduksi bahan bakunya.

"Industri yang terpukul itu, yang komponen impornya banyak," katanya

Hariyadi mengatakan, PHK masih saja bisa dilakukan di kemudian hari, mengingat kondisi rupiah yang masih melemah, dan itu bisa terjadi bergilir di setiap sektor industri semenjak rupiah terkoreksi.

"(Industri) garmen saya dengar beberapa tidak kuat, ada beberapa tidak kuat untuk survive (bertahan). Ada juga pabrik komponenspareparts (suku cadang)," ujarnya.

Selain itu, Apindo juga mencatat, sejak awal 2015 sampai saat ini sudah ada sekitar 1.900 karyawan di tiap-tiap perusahaan terpaksa dirumahkan.

Bahkan, dalam waktu dekat, rencanya banyak perusahaan akan kembali melakukan PHK massal, diprediksikan 1.200 karyawan kembali kehilangan pekerjaannya.

VIVANEWS


 Jual Nestle Lemonade, Nescafe Latte, Nestea Ocha dan aneka minuman resto cafeCara beli mudah hub SMS: 085721536262 - Twitter: @timsolshop -Facebook: Tim's Ol Shop

Posting Komentar

0 Komentar