ALASAN EKONOMI MALAYSIA TERANCAM RONTOK

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Perekonomian Malaysia tergoncang. Negara ini pun terancam krisis. Buktinya, mata uangnya, ringgit sudah anjlok dan cadangan devisa negara ini kian terkikis.

Mata uang Malaysia, ringgit, sempat menyentuh level 4,2318 per USD. Artinya, ringgit melemah 31 persen dalam jangka waktu setahun atau terlemah dalam 17 tahun.

Staf Khusus Menteri Keuangan Arif Budimanta mengatakan, keadaan nilai tukar antara Indonesia dengan Malaysia itu relatif berbeda. Sebab, nilai tukar Malaysia tergolong mengambang terkendali.

Alhasil, bank sentral Malaysia melakukan intervensi yang agresif untuk mempertahankan nilai tukarnya. Akhirnya, cadangan devisa Malaysia terkikis tingga USD92,67 miliar pada akhir Juli 2015.

"Tapi ternyata pada akhirnya mengganggu cadangan devisa, kemudian mengganggu balance of payment Malaysia," ujarnya di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (29/8/2015).

Dia menjelaskan, Malaysia juga mendapat persoalan karena Bahan Bakar Minyak (BBM), sebab sebagiannya dilakukan subsidi yang menjadi salah satu tekanan terhadap suplai dolar.

"Salah satu sumber penghasilan dari Malaysia itu juga datang dari oil, dan (harga) minyaknya juga lagi anjlok, turun sekarang," jelasnya.

OKEZONE


 Jual Nestle Lemonade, Nescafe Latte, Nestea Ocha dan aneka minuman resto cafeCara beli mudah hub SMS: 085721536262 - Twitter: @timsolshop -Facebook: Tim's Ol Shop

Posting Komentar

0 Komentar