SANDI-SANDI KHUSUS DALAM KASUS SUAP IMPOR DAGING SAPI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Berbagai istilah unik diungkap dalam persidangan terdakwa kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan pencucian uang, Ahmad Fathanah. Beberapa di antaranya merupakan sandi digunakan buat menyamarkan pembicaraan antarpelaku.

Semua istilah itu muncul dalam rekaman percakapan telepon hasil sadapan antara Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman, dengan saksi Elda Devianne Adiningrat alias Dati alias Bunda. Istilah pertama terlontar adalah M1.

Menurut Elizabeth, M1 dipakai buat menyebut Menteri Pertanian, saat ini dijabat Suswono. Dalam beberapa kali percakapan, Elizabeth kerap menyebut M1 terkait pengurusan kuota impor daging.

"M1 itu maksudnya Menteri (Pertanian)," kata Elizabeth saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (29/7).

Lantas, Jaksa Muhibbudin mencecar Elizabeth soal istilah Ustaz Besar dan Ustaz Kecil. Perempuan berusia kepala enam itu lantas membeberkan apa maksud istilah itu.

"Ustaz Besar itu maksudnya pak Luthfi Hasan Ishaaq. Sementara Ustaz Kecil itu pak Fathanah," ujar Elizabeth.

Dalam percakapannya dengan Elda, Elizabeth sempat mengatakan, 'Kasihan dengan Ustaz Kecil karena belum mendapat apa-apa.'

"Ya karena saya kasihan pak Fathanah sudah pontang-panting ke sana kemari membantu, tapi belum mendapat hasil," lanjut Elizabeth.

Lantas muncul juga istilah Engkong dan Lembang. Tetapi, Elizabeth nampak menutupi soal arti sandi itu.

"Engkong itu yang bilang Elda, bukan saya. Elda yang mengaitkan Engkong dengan Lembang," ucap Elizabeth.

Dari informasi didapat, diduga yang dimaksud Engkong adalah Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera, Hilmi Aminudin. Sementara Lembang merupakan daerah di Bandung, Jawa Barat, tempat Hilmi menetap.

Ada juga istilah Uban dan The White Hair man dalam percakapan antara Elda dan Elizabeth. Dari pengakuan Elizabeth, Uban dan The White Hair Man adalah Menteri Koordinator Perekonomian dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa.

Sementara itu, istilah Putih disematkan Elizabeth buat menyebut Partai Keadilan Sejahtera.

MERDEKA


Posting Komentar

0 Komentar