MENANG ADU PENALTI, SPANYOL KE FINAL PIALA KONFEDERASI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Spanyol melenggang ke final Piala Konfederasi setelah meraih kemenangan melalui drama adu penalti 7-6 (0-0) atas Italia dalam laga semifinal di Estadio Castelao, Fortaleza, Jumat (28/6). Jesus Navas menjadi penentu kemenangan La Furia Roja di babak tos-tosan setelah tembakan bek Gli Azzurri Leonardo Bonucci melenceng.

Dalam laga ini, Spanyol langsung mengambil inisiatif serangan dan menebar ancaman pertama melalui kaki Pedro Rodriguez di menit kedua lewat tendangan mendatar dari luar kotak penalti melebar tipis dari gawang Italia. Italia membalas di menit kedelapan setelah tendangan penjuru Andrea Pirlo tiba di kotak, disambut oleh sundulan Christian Maggio. Bola melambung tipis di atas mistar gawang Iker Casillas.

Serangan balik Italia, beberapa kali merepotkan Spanyol, seperti akselerasi Antonio Candreva diakhiri dengan umpan silang mendatar, diteruskan Alberto Gilardino namun sepakannya masih melebar. Demikian pula dengan sundulan Maggio, hasil umpan matang Daniele de Rossi memaksa Casillas melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-17.

Italia mendapatkan sebuah peluang emas di menit ke-36. Bola umpan Giaccherini diterima oleh Maggio yang berada dalam posisi bebas. Sayang sekali, sundulannya terhalang Casillas. Serangan balik Spanyol juga menciptakan peluang emas. Mendapat bola dari Xavi, Torres dengan sekali kontrol mengakhiri dengan sepakan kaki kiri ke tiang jauh, namun melebar. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Jesus Navas, yang menggantikan David Silva langsung menebar ancaman. Menerima operan Torres, Navas dari sudut sempit melepaskan tendangan tapi bisa diselamatkan Gianluigi Buffon. Di menit ke-64, giliran Iniesta membuat peluang, namun sepakan gelandang Barcelona itu masih jauh dari sasaran.

Lima menit sebelum waktu normal laga berakhir, Pique melewatkan peluang mencetak gol karena tendangannya dari tengan kotak melambung tinggi. Sampai 2x45 menit skor masih 0-0 dan berlanjut ke perpanjangan waktu. Di babak tambahan, peluang emas didapat Italia, andai tembakan Giaccherini membentur tiang gawang Spanyol setelah meneruskan bola rebound.

Spanyol merespons lewat sundulan Pique namun De Rossi dengan sigap menyapu bola di depan gawang. Peluang lain datang dari Alba yang menyambut umpan lambung Iniesta. Tidak ada gol yang tercipta sampai babak tambahan waktu. Pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Di adu tos-tosan, lima penendang masing-masing tim sukses melakukan tugasnya. Penendang keenam Italia Leonardo Bonucci gagal dan Navas yang tampil sebagai penendang terakhir Spanyol sukses melakukan tugasnya untuk memastikan lolos ke final.

Laga final antara Brasil kontra Spanyol akan digelar di Estadio do Maracana pada Minggu (30/6) mendatang. Sementara Italia akan menghadapi Uruguay dalam perebutan tempat ketiga di hari yang sama.

SUARAMERDEKA

Posting Komentar

0 Komentar