KENALI VITILIGO, BERCAK-BERCAK PUTIH PADA KULIT

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Vitiligo atau dikenal juga dengan sebutan leucoderma adalah kondisi yang menyebabkan munculnya bercak-bercak putih pada kulit. Jutaan orang dari segala jenis ras dan etnis di dunia telah menjadi korban penyakit kulit ini. Vitiligo bisa muncul di semua area kulit, terutama tangan dan wajah, seperti dilansir oleh Health Me Up (26/05).

Apa penyebabnya?
Vitiligo bisa muncul di semua area pada kulit termasuk kulit kepala, bibir, atau kulit di daerah genital. Bercak pada kepala bisa berubah menjadi putih. Hal ini terjadi karena sel yang bertugas memproduksi warna pada kulit, disebut melanocytes, mati.

Hingga saat ini peneliti belum benar-benar mengerti penyebab kematian sel tersebut. Ada banyak faktor seperti genetik, kegagalan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatnya radikal bebas yang menyebabkan kerusakan yang kemungkinan menyebabkan hal ini. Sementara beberapa faktor seperti luka pada kulit dan terbakar matahari bisa memperparah vitiligo yang sudah muncul.

Beberapa hal dianggap sebagai hal yang bisa meningkatkan risiko terkena vitiligo, meski belum ada bukti valid yang mendukungnya. Beberapa hal tersebut antara lain stres, kehamilan, dan rasa sakit. Kekurangan vitamin B12, folat, tembaga, dan zinc juga dianggap berkaitan dengan munculnya vitiligo. Selain itu, orang yang memiliki orang tua dengan riwayat vitiligo juga diketahui lebih berisiko terkena vitiligo.

Apakah penyakit ini menular?
Vitiligo tidak menular secara alami, karena itu tak bisa ditularkan melalui sentuhan, berbagi barang pribadi, air liur, atau melakukan hubungan seksual. Vitiligo juga diketahui tak berhubungan dengan kanker kulit, albino, atau kusta.

Bagaimana cara mengatasinya?
Sebelumnya Anda harus meyakinkan terlebih dahulu bahwa yang Anda alami adalah vitiligo. Temui ahli kulit untuk meyakinkan bahwa yang Anda alami adalah vitiligo. Beberapa penyakit kulit bisa terlihat sama dengan vitiligo, seperti eczema, alergi matahari, infeksi jamur, dan lainnya.

Meski tak bisa ditularkan, sayangnya penyakit ini belum bisa disembuhkan oleh berbagai macam obat. Meski begitu penyebaran penyakit ini bisa dicegah dan diperlambat dengan pengobatan yang membantu memunculkan kembali warna kulit yang hilang. Bicarakan dengan dokter perawatan terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui tentang vitiligo. Jika Anda menemukan munculnya bercak putih di kulit jangan panik dulu. Periksakan pada dokter apakah Anda benar-benar terkena vitiligo atau penyakit lain.

MERDEKA


Posting Komentar

0 Komentar