RUSUH SUMBAWA, PULUHAN RUMAH WARGA, KIOS, DAN HOTEL DIBAKAR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

Aksi pembakaran meluas di Kota Sumbawa Besar, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Hingga Selasa (22/1) malam, aksi pembakaran masih terjadi. Sebuah hotel dan puluhan rumah warga serta kios menjadi sasaran pembakaran.

Warga Sumbawa Besar, Ida Ansharyani mengatakan aksi penjarahan dan pembakaran rumah warga paling banyak terjadi di Jalan Baru dan Jalan Kebayan. Hotel terbesar di kota tersebut, Hotel Tambora di Jalan Kebayan ikut menjadi sasaran pembakaran massa.

"Rumah-rumah yang dijarah dan dibakar paling parah di sepanjang Jalan Baru dan Jalan Kebayan," kata Ida kepada Republika Online, Rabu (23/1).

Aksi pembakaran dan penjarahan dilakukan di Kampung Jalan Baru dan Kampung Gang Tambora. Pembakaran rumah terjadi hingga masuk gang di sekitar hotel. Disampaikan Ida di kampungnya terdapat tiga rumah yang apinya menyala besar.

Pembakaran tersebut juga meluas ke kampung-kampung lainnya. Menurut Ida, api tidak hanya membakar rumah yang jadi sasaran pembakaran massa. Rumah warga Sumbawa pun ikut terbakar.

"Di kampungku banyak orang Bali. Rumah dan kios mereka dibakar, apinya merembet ke rumah-rumah lain yang orang Sumbawa," ungkap dia.

Rusuh Sumbawa dipicu isu perkosaan di wilayah setempat. Kasus itu membesar menjadi isu SARA yang memicu bentrokan antara warga Bali dan Sumbawa. Kejadian kriminal jadi isu SARA terus jadi penjarahan dan pembakaran, ujar Ida.

Hingga Rabu dini hari, warga Sumbawa masih berjaga-jaga di depan rumah mereka. Aksi pembakaran telah terjadi dari Selasa siang hingga malam.

REPUBLIKA

Posting Komentar

0 Komentar