TURKI GELAR RUDAL PATRIOT, IRAN BILANG...

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...Jangan lupa Share dan Komen ya :)

 Republik Islam Iran mengatakan rencana Turki untuk menggelar rudal-rudal Patriot di dekat perbatasannya dengan Suriah akan menambah masalah di kawasan.

"Penyebaran sistem seperti itu akan memiliki efek negatif dan akan meningkatkan krisis di wilayah tersebut," kata ketua parlemen Iran Ali Larijani setelah kembali dari perjalanan ke Suriah, Lebanon dan Turki, seperti dilansir kantor berita IRNA.


Sebelumnya, Ramin Mehmanparast, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, mengatakan kepada Kantor Berita Mahasiswa Iran (ISNA) bahwa penggelaran sistem Patriot selain tidak membantu memecahkan situasi di Suriah, tapi malah akan membuat situasi lebih sulit dan rumit.

Suriah sendiri menyebut permintaan Turki untuk memasang rudal Patriot sebagai aksi provokatif, dan Rusia mengatakan langkah tersebut dapat meningkatkan risiko konflik.

Keputusan Turki dinilai sebagai langkah awal untuk menegakkan zona larangan terbang di wilayah udara Suriah. Pemberontak Suriah telah meminta zona larangan terbang untuk membantu mereka menyerang pasukan pemerintah, namun sejauh ini belum ada jawaban dari sekutu-sekutu mereka di Barat.

REPUBLIKA

Posting Komentar

0 Komentar