PEMERINTAH MINTA GOOGLE BANGUN DATA CENTER

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita..

Pemerintah meminta Google untuk membangun data center di Indonesia. Penyataan itu diungkapkan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi saat acara seremonial pembukaan kantor perwakilan Google di Indonesia.

Menurut Gita, dengan Google membangun data center di Indonesia, biaya koneksi Internet bisa menjadi jauh lebih murah. "Ini akan semakin memudahkan pelaku usaha di Indonesia," katanya, Jumat, 30 Maret 2012.

Infrastruktur di Indonesia dianggap sudah mampu untuk mendukung pembangunan data center. Kementerian Perdagangan juga sudah meminta secara langsung agar Google membangun data center di Indonesia.

Bachrul mengatakan Indonesia merupakan pasar yang menarik bagi pelaku usaha global, tidak terkecuali Google. Dengan jumlah penduduk 240 juta, pertumbuhan Internet 30 persen per tahun serta pertumbuhan ekonomi yang positif menjadi 'pesona' bagi pebisnis global.

Menanggapi permintaan Menteri Gita tersebut, Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy mengatakan Google sudah membangun data center di Singapura, Taiwan, dan Hong Kong. "Itu untuk melayani kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia," katanya.

Rudy mengatakan, dengan pembangunan data center di tiga negara itu, akan meningkatkan pengalaman ber-Internet pengguna di kawasan Asia Pasifik. "Menjadi lebih baik dan lebih cepat dalam menggunakan informasi yang disajikan Google," katanya.

TEMPO

Posting Komentar

0 Komentar