SBY MINTA KISRUH GKI YASMIN SEGERA TUNTAS



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kisruh GKI Yasmin, Bogor, Jawa Barat, yang sudah terjadi sejak 2002 ini segera diselesaikan dengan cepat. "Saya ingin umat Kristiani bisa lakukan dan jalankan ibadahnya di negeri ini. Itu pandangan saya, saya sungguh ingin segera selesai dan tuntas membawa kebaikan bagi semua," kata SBY di Istana Negara, Senin malam, 13 Februari 2012.

SBY meminta solusi hukum berupa amar putusan Mahkamah Agung agar segera dilaksanakan. Begitu pula dengan solusi non-hukum. Dengan begitu, jemaat GKI Yasmin tidak lagi menggantung setelah bertahun-tahun. Apalagi, dalam laporan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi kepada dirinya, sudah ada beberapa opsi non-hukum yang ditawarkan. "Ditawarkan beberapa tempat katanya," kata SBY.

Namun, Yudhoyono mengatakan, kasus serupa halangan menjalankan ibadah tidak hanya terjadi di GKI Yasmin. Ada sejumlah kasus yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia. "Pemerintah daerah harus bisa menangani dan menjelaskan kepada masyarakat apa yang terjadi di daerah," katanya.

Sayangnya, Presiden tidak bisa melakukan langkah konkret langsung terkait GKI Yasmin. "Saya serahkan pada Wali Kota Bogor dan Gubernur Jabar, dan dibantu beberapa menteri untuk selesaikan masalah ini. Itu kalau sistem berjalan baik agar masalah ini bisa tuntas," katanya.

TEMPO

Posting Komentar

0 Komentar