LAPAS DENPASAR DIREBUT DARI PARA NAPI



Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Upaya aparat gabungan dari Polda Bali dan Kodam Udayana untuk menerobos Lapas Kelas IIA Kerobokan Denpasar, Bali yang dikuasai para tahanan dan narapidana berhasil dilakukan Rabu (22/2) pagi. Namun demikian dalam upaya tersebut tiga orang napi mengalami luka-luka dalam upaya mempertahankan lapas dari serbuan aparat.

‘’Kita bisa kendalikan situasi pagi ini. Jam 08.30 pagi sudah terkendali, dimana ada tiga orang korban napi luka-luka,’’ ujar Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Saud Usman Nasution di Mabes Polri Jakarta, Rabu.

Tiga napi yang mengalami luka-luka tersebut berinisial RE, 21 tahun asal Banyuwangi mengalami luka tembak pada kaki kanan. Kedua berinisial S, 34 tahun, asal Jember, mengalami luka tusuk pada tangan kanan. Terakhir berinisial NT, 33 tahun, asal Badung, mengalami luka lecet.

‘’Ini akan kita proses, nanti kita juga akan cooling down dulu, kan ada rekamannya,’’ tambah Saud.

Seperti diketahui sejak Selasa (21/2) petang kerusuhan terjadi di dalam Lapas. Ini diduga dipicu oleh konflik internal sesama warga binaan lapas tersebut. Petugas pengamanan lapas tak mampu mengendalikan penghuni lapas yang berjumlah lebih dari seribu orang. Para sipir yang kewalahan melarikan diri. Pembakaran pun terjadi. Sejumlah ruang administrasi lapas ludes dilalap si jago merah.

Saat itu praktis para lapas yang ditinggalkan penjaganya itu dikuasai para napi. Sementara upaya dari sipir dan polisi untuk menduduki kembali Lapas tersebut terus mendapatkan perlawanan. Para napi melempar polisi dengan batu dan benda keras lainnya. Upaya merebut kembali lapas berhasil dilakukan setelah tim gabungan TNI-Polri setempat menerobos paksa lapas yang terkunci dari dalam.

JPNN

Posting Komentar

0 Komentar