IRAN BERSUMPAH TERUSKAN PROGRAM NUKLIR

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah bersumpah negaranya tidak akan menghentikan program nuklirnya, Kamis (10/11). Ahmadinejad membuat sumpah tersebut setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA) merilis sebuah laporan terbaru pada Selasa lalu.

Dalam laporan itu, IAEA menyatakan keprihatinan mendalamnya atas pengembangan nuklir Iran. Laporan itu juga mengatakan Iran telah melakukan uji ledakan tinggi dan telah bekerja mengembangkan detonator untuk memicu muatan nuklir.

Dalam pidatonya Rabu kemarin, Ahmadinejad dengan keras mengkritik laporan tersebut. Ia mengatakan bahwa IAEA mendiskreditkan dirinya dengan berpihak terhadap tuduhan tak berdasar oleh pihak AS. Dia menegaskan, Iran akan terus melanjutkan program nuklirnya.

Iran juga mengirim seorang pejabat yang bertanggung jawab atas pengembangan nuklir ke Moskow untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Rabu kemarin. Setelah merilis laporan tersebut, AS kini sedang mempertimbangkan meningkatkan sanksi terhadap Iran. Namun, Rusia dengan tegas menolak sanksi baru itu.

LIPUTAN6

Posting Komentar

0 Komentar