AMERIKA SERIKAT TUDUH IRAN HENDAK BUNUH DUBES ARAB SAUDI

Ayo Langganan Gratis Berbagi Berita...

Pemerintahan Presiden Barack Obama menyalahkan agen pemerintah Iran yang dituduh hendak membunuh duta besar Arab Saudi di Amerika Serikat (AS). Demikian dilansir AP, Rabu (12/10/2011).

Dilansir AP, tuduhan ini makin membuat Teheran terisolasi dan plot pembunuhan ini menempatkan Iran pada posisi tersudut.

Dua pria, termasuk anggota pasukan khusus Iran yang dikenal dengan nama Quds Force, menjalani sidang di pengadilan federal New York karena berkonspirasi hendak membunuh dubes asal Saudi bernama Adel Al-Jubeir.

Pejabat dari Departemen Hukum AS mengatakan para pria ini menyewa anggota kartel obat bius Meksiko dan mencoba meledakkan bom ketika Al-Jubeir hendak makan malam di restoran favorit mereka.

"Ide bahwa mereka akan pergi meminta bantuan ke kartel obat bius Meksiko untuk melakukan pembunuhan duta besar Saudi, tak ada seorang pun yang bisa memiliki pemikiran seperti itu kan? demikian ujar Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton saat diwawancarai wartawan.

Hillary menegaskan bahwa AS bisa menggunakan kasus ini dengan mendorong negara-negara lain yang selama ini menolak memberikan sanksi keras ke Iran.

TRIBUN

Posting Komentar

0 Komentar